10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung – Lampung punya banyak air terjun yang indah. Provinsi yang terletak di ujung paling selatan Pulau Sumatra ini menyimpan pemandangan alam yang luar biasa. Selain jadi habitat asli gajah Sumatra, Lampung punya banyak tampat wisata alam mempesona.

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Letak geografis yang dipenuhi gunung memberikan keuntungan tersendiri bagi Lampung. Provinsi ini punya lahan yang subur.

Banyak warga yang memanfaatkan lahan pegunungan untuk perkebunan. Tak hanya itu, wisata pantai di Lampung juga sangat menggoda untuk dikunjungi, karena punya keunikan tersendiri.

Lampung juga punya beberapa pulau kecil yang siap memanjakan wisatawan dengan pemandangan laut eksotis. Kabar baiknya, fasilitas di tempat-tempat wisata ini sudah cukup memadai. Yuk langsung saja kita bahas 10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung.

1. Teluk Kilauan

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Lampung memiliki banyak teluk yang cukup cekung. Salah satu teluk yang dibanggakan Kilauan.

Tempat wisata ini terkenal dengan lumba-lumba liarnya yang bisa dilihat langsung dengan menggunakan perahu. Tempat wisata ini cukup populer, fasilitas dan aksesnya juga sangat mudah. Jaraknya kurang lebih 80 kilometer dari pusat kota Bandar Lampung.

2. Laguna Dodo

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Di Laguna Dodo, wisatawan akan disajikan kubangan air laut di tepi pantai. Kubangan ini berbentuk seperti laguna dikelilingi dengan bebatuan karang.

Saat ombak tenang, wisatawan bisa berendam di kubangan air laut dan menikmati hembusan air laut dan deburan ombak kecil menerpa bebatuan.

Laguna Dodo ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kalimbayan, Tanggamus, Lampung. Akses menuju laguna ini cukup mudah dan fasilitasnya cukup lengkap. Bahkan, pengelola juga menyediakan jasa pemandu wisata bagi wisatawan yang membutuhkan.

3. Pantai Dewi Mandapa

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Pasangan muda pasti menyukai tempat wisata satu ini. Selain menyajikan pemandangan yang indah, Pantai Dewi Mandapa juga menyediakan titik-titik berfoto yang Instagramable dan romantis.

Ada dermaga kayu yang berbentuk hati, pondok kayu yang dihiasi hutan bakau di belakangnya, pas sekali untuk foto pre-wedding. Harga tiket masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau, Rp10 ribu untuk satu orang.

4. Pantai Gigi Hiu

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Dari namanya saja sudah menyeramkan. Tapi tenang, di pantai ini tidak ada hiu. Nama Gigi Hiu disematkan karena pantai ini dipenuhi dengan gugusan karang yang menjulang seperti gigi hiu.

Selain bebatuan karang tinggi, pantai ini punya ombak yang tenang dan pasir putih lembut, sangat cocok untuk bermain bersama teman. Tapi, wisatawan harus berhati-hati dengan tajamnya batu karang yang tersebar di bibir pantai, ya.

5. Pulau Tangkil

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Lampung punya banyak pulau kecil yang mempesona. Salah satunya Pulau Tangkil.

Pulau seluas 12 hektar ini berlokasi di Desa Sukajaya, Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran, tak begitu jauh dari pesisir. Keunikan pulau ini adalah pasir pantainya yang putih dan lembut.

Pulau ini juga sudah dilengkapi dengan resor dan fasilitas wisata yang memadai. Banyak wahana permainan air seperti banana boat, perahu karet, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Pulau Pisang

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Pulau ini tidak begitu luas dan bentuknya menyerupai bentuk pisang. Walau tak luas, fasilitas wisata di Pulau Pisang cukup lengkap, mulai dari penginapan, penyewaan alat selam, warung-warung kecil, dan satu lagi yang unik, yaitu bangunan di pulau ini menggunakan arsitektur tradisional khas Lampung.

Wisatawan yang ingin pergi ke Pulau Pisang dari Bandar Lampung, bisa menggunakan bis umum atau jasa travel. Jarak tempuh darat memakan waktu kurang lebih 5-6 jam untuk sampai ke Dermaga Tembakak, setelah itu baru menyeberang menggunakan perahu kurang lebih 15 menit.

7. Pulau Pahawang

10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung

Pulau ini disebut-sebut sebagai surga wisata yang tersembunyi di Lampung. Pemandangan di pulau ini sangat asri, tak kalah dengan pemandangan pantai-pantai di Bali dan Lombok.

Pulau Pahawang juga sangat cocok untuk snorkeling, karena ombaknya tidak terlalu besar dan pemandangan bawah lautnya begitu indah.

Selain bisa menikmati pemandangan bawah laut, di pulau ini ada banyak pantai yang indah dan masih sepi. Pasir pantainya putih dan lembut, ombaknya tenang dan airnya jernih. Sangat cocok untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

8. Pulau Mahitam

Sedikit berbeda dengan wisata pulau dan pantai sebelumnya, Pulau Mahitam punya keunikan tersendiri. Di beberapa pantai Pulau Mahitam, bebatuan karang akan lebih mendominasi dibandingkan pantai berpasir.

Walau begitu, tidak mengurangi keindahan dan keunikan pulau satu ini. Fasilitas di Pulau ini juga sangat indah dan dijamin bikin foto-foto liburan jadi lebih cantik.

9. Curup Gangsa

Selain wisata air laut yang indah seperti pantai dan pulau-pulau di atas, Lampung masih punya banyak wisata air yang tak kalah indah. Salah satunya air terjun Curup Gangsa yang berlokasi di Kabupaten Way Kanan.

Air terjun ini memang tak terlalu tinggi, sekitar 50 meter, tapi pemandangannya sangat indah. Di sekitar air terjun, banyak pepohonan dan bukit-bukit hijau yang masih asri.

Perjalanan panjang dari Bandar Lampung untuk sampai ke tempat wisata Lampung yang jauh ini akan terbayar lunas dengan pemandangannya.

10. Air Terjun Ciupang

Satu lagi wisata air terjun yang tak boleh terlewatkan. Air Terjun Ciupang terletak di Gunung Ratai, Kabupaten Pesawaran, tepatnya di Desa Pekon Sumberjaya.

Air terjun ini punya pemandangan yang unik, airnya jatuh melewati bebatuan menciptakan gemercik suara khas. Wisatawan bisa menaiki bebatuan di bawah air terjun, karena aliran airnya tidak begitu deras, tapi harus tetap hati-hati karena batunya licin.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 10 Destinasi Wisata Air Alami Di Lampung yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 6 Destinasi Wisata Pantai Jepara Yang Menyejukan
2. Menjelajah Goa Prasejarah Di Kawasan Rammang Maros