10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah – Liburan lebaran di Banyuwangi? jangan lupa mampir ke sini. Liburan Lebaran paling seru dihabiskan untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di kampung halaman. Setelah sekian lama tidak berkunjung, akan sangat menyenangkan jika bernostalgia sambil menikmati pemandangan. Apalagi di setiap daerah juga punya destinasi menarik yang bisa bikin pikiran kembali fresh.

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

Kamu yang mudiknya ke Banyuwangi, bisa mampir ke tempat wisata paling populer ini. Selain disuguhkan dengan pemandangan indah, ada banyak kegiatan yang bisa bikin liburanmu makin menyenangkan. Pasti seru jika datang ke tempat wisata ini bersama keluarga.

Rekomendasi liburan Lebaran di Banyuwangi di bawah ini sudah nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Deretan tempat wisata ini akan membuatmu menikmati liburan dengan bahagia. Apalagi jika dikunjungi bersama orang terkasih. Yuk langsung saja kita bahas 10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah.

1. Pantai Sukamade

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

Saat liburan Lebaran di Banyuwangi, wajib banget mampir ke Pantai Sukamede. Pantai yang berada di pesisir Banyuwangi ini adalah habitat penyu raksasa. Tempat ini biasanya dijadikan tempat bertelur oleh penyu liar. Pada musim tertentu, kamu bisa melihat anak penyu yang menetas dan mencari jalan ke laut.

Untuk tahu info mengenai musim menetas di pantai ini, kamu bisa bertanya ke petugas yang membantu perkembangbiakan penyu. Bisa juga mampir ke penangkaran penyu dan mengikuti kegiatan pelepasan tukik atau anak penyu ke laut. Seru banget?

2. Taman Nasional Alas Purwo

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

Meski terkenal angker, tapi Taman Nasional Alas Purwo bisa jadi salah satu rekomendasi liburan Lebaran di Banyuwangi. Tanah tertua di Pulau Jawa ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo. Di sini, kamu bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi oleh negara.

Saat berada di taman nasional ini, kamu akan disambut dengan pintu gerbang dan candi peninggalan Hindu di Situs Kawitan. Jika lebih jauh masuk ke dalam, akan ada kawasan Sadengan yang merupakan padang savana luas. Di sana terdapat banteng Jawa, rusa, burung merak dan hewan liar eksotis lainnya.

3. Kawah Ijen

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

Liburan lebaran di Banyuwangi tentu kurang lengkap jika belum mengunjungi Kawah Ijen. Tempat wisata yang sering dikunjungi turis internasional ini memang terkenal indah. Apalagi saat malam hari karena kamu bisa melihat api biru atau blue fire di sekitar kawah,

Kawah ini berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut dengan luas kurang lebih 20 km persegi. Api biru ini hanya bisa ditemukan di beberapa tempat di dunia dan salah satunya di Indonesia. Kamu bisa mendaki saat sore hari agar bisa melihat keindahan api biru dengan jelas.

4. Pantai Teluk Hijau

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

Pantai Teluk Hijau jadi pilihan liburan di Banyuwangi yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah. Pasir putih yang berpadu dengan birunya laut membuat hati menjadi tenang.

Apalagi di belakangnya terhampar pemandangan hutan tropis yang menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Meski jalannya agak sulit, tapi semua itu terbayarkan dengan pemandangan yang elok. Kamu bisa datang ke tempat ini sejak pagi hari agar tidak terlalu terik sinar mataharinya.

5. Pantai Watudodol

10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah

Berada di ujung timur Pulau Jawa membuat Banyuwangi jadi tempat penyeberangan ke pulau Bali. Tak heran di salah satu pilihan liburan di Banyuwangi ini banyak kapal ferry berlalu lalang mengangkut penumpang sepanjang hari. Kamu yang ingin melihat pemandangan ini bisa mampir ke Pantai Watu Dodol.

Lokasinya berada di poris Banyuwangi Situbondo dan hanya sekitar 2 km dari Pelabuhan Ketapang. Setiap pagi dan sore, kamu bisa melihat kapal ferry yang melintas dari Pelabuhan Banyuwangi ke Bali. Selain itu, ada juga bukit di sekitar pantai yang bikin betah berlama-lama di sana.

6. De’Djawatan Benculuk

Kalau mau dapat foto-foto bagus, liburan Lebaran ini kamu bisa mampir ke De Djawatan Benculuk. Bangunan tua ini dulunya digunakan untuk mengelola transportasi kereta api. Tapi, kini sudah beralih fungsi menjadi destinasi wisata menarik.

Selain bangunan tua, daya tarik utama di tempat pilihan liburan di Banyuwangi ini adalah pepohonan trembesi yang keren. Banyak orang menyempatkan datang ke tempat ini untuk mengambil foto kekinian. Kamu layaknya berada di negeri dongeng saat berada di De Djawatan.

7. Pantai Wedi Ireng

Pantai lainnya di Banyuwangi yang juga recommended untuk dikunjungi adalah Pantai Wedi Ireng. Dengan pasir putih yang terbentang luas nyaman dikunjungi bersama keluarga. Ombaknya juga tidak terlalu besar jadi aman untuk anak-anak.

Lokasinya berada di Dusun Pencer, Desa Sumberagung, Banyuwangi yang sudah cukup populer di kalangan warga sekitar. Letaknya memang agak tersembunyi, tapi kamu nggak akan kecewa saat sudah berada di sana. Suasana yang tenang bikin perasaan jadi tenang dan damai.

8. Pantai Pulau Merah

Selain pantai yang tenang, Rekomendasi liburan Lebaran di Banyuwangi juga punya pantai dengan ombak menantang. Tak heran kalau Pantai Pulau Merah jadi langganan para peselancar. Di Pantai Pulau Merah, kamu juga bisa melihat bukit yang tanahnya berwarna merah. Bukit ini bisa dikunjungi saat air sedang surut.

Ombaknya nggak terlalu ganas, cocok untuk para peselancar pemula. Kamu bisa belajar tanpa takut tergulung ombak. Pada momen tertentu umat Hindu datang ke sini karena ada Pura Tawang Alun di kawasan pantai.

9. Pantai Boom

Sebenarnya, dulu pantai ini adalah pelabuhan yang sering dijadikan tempat menambatkan kapal para nelayan dan pedagang. Namun, kini Pantai Boom beralih fungsi menjadi tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan dari luar daerah.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan adalah memancing, bermain air atau cuma berjalan-jalan di sekitar pantai. Selain itu, ada banyak event yang sering diadakan Pemerintah Kota Banyuwangi di pantai ini karena lokasinya yang cukup strategis.

10. Air Terjun Kalibendo

Kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Kalibendo yang terletak di Desa Kampung Anyar. Tempat wisata ini nggak terlalu jauh dari kaki Gunung Ijen dan masih masuk dalam Kawasan Agro Wisata Kalibendo. Air terjun ini dikelilingi perkebunan karet, cengkeh dan kopi.

Dengan ketinggian 10 meter, kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat indah. Airnya juga segar dan bikin pikiran jadi fresh.

Rekomendasi liburan Lebaran di Banyuwangi semakin seru jika berkunjung ke tempat wisata ini. Mumpung setahun sekali ada kesempatan, jangan lupa mampir untuk melihat keindahannya. Tiket masuknya juga nggak terlalu mahal jadi kamu bisa menghemat anggarannya.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 10 Destinasi Wisata Di Banyuwangi Yang Indah yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. Wisata Klaten Yang Sedang Hits di Sosmed
2. 9 Wisata Malam Di Kota Malang Saat Berlibur