5 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark yang Membandel

5 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark yang Membandel

5 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark yang Membandel

5 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark yang Membandel – Stretch mark atau kerutan pada kulit biasanya muncul seperti garis pararel. Garis tersebut pun terlihat berbeda warna dari kulit normal. Biasanya berwarna ungu ke merah mudah atau ke abu-abuan.

Tak hanya warna, tekstur stretch mark berbeda dengan kulit normal. Biasanya akan merasakan tonjolan atau lekukan. Bahkan untuk beberapa kasus, stretch mark terasa gatal atau sakit.

Garis-garis kerutan itu biasanya muncul selama atau setelah melahirkan, perubahan berat badan secara tiba- tiba, serta pada remaja yang tumbuh dengan cepat. Stretch mark tidak lah berbahaya. Bahkan bisa menghilang seiring waktu. Garis tersebut bisa ada di bagian kulit mana saja terutama bokong, paha, dan perut.

Berikut 5 cara yang dirangkum Liputan6.com untuk menghilangkan stretch mark yang dilansir dari Health Line, Sabtu, 20 April 2019.

5 Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark yang Membandel

1. Vitamin A

Vitamin A disebut sebagai retinoid yang membuat kulit tampak lebih halus dan lebih muda. Mengonsumsi vitamin A atau dari buah dan sayur yang mengandung vitamin A dapat membantu mengurangi stretch mark.

2. Gula

Tak disangka, ternyata gula yang biasa digunakan sebagai pemanis memiliki manfaat untuk memudarkan stretch mark. Cukup gosok area stretch mark dengan scrub dari gula. Anda bisa membuatnya dengan mencampur gula, minyak kelapa atau almond, dan perasan lemon. Gosok selama 8-10 menit dua sampai tiga kali seminggu agar stretch mark cepat memudar.

3. Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya

Selain bagus untuk rambut, lidah buaya ini bisa baik untuk kulit. Lidah buaya sebagai healing agent atau penyembuh ini juga bisa melembutkan kulit. Oleskan secara rutin setelah mandi agar stretch mark menghilang perlahan.

4. Minyak Kelapa

Stretch mark yang dapat merusak penampilan kulit ini ternyata dapat ditangani dengan minyak kelapa. Minyak kelapa terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Dengan mengoleskan minyak kelapa setiap hari pada bagian stretch mark, akan membantu memudarkannya.

5. Pengobatan Dokter Kecantikan

Cara lain yang tidak alami dan cenderung lebih cepat ialah dengan laser, tusuk jarum, maupun mikrodermabrasi. Misalnya dengan metode jarum, kolagen disuntikan ke bagian stretch mark agar kulit dapat normal kembali. Anda pun harus mengeluarkan kocek yang cukup dalam untuk perawatan ini. (Fairuz Fildzah)