5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan

5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan

5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan

Halo guys kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , Kali ini mimin mau membagikan 5 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Cemburu dalam Hubungan saat pendemi corona seperti ini. Hubungan asmara tak melulu soal manisnya momen kebersamaan, tetapi bagaimana menjaganya untuk tetap kuat di tengah cobaan. Salah satu masalah yang kerap muncul antara pasangan adalah timbulnya rasa cemburu. Hubungan yang sehat harus didasari dengan kepercayaan. Sementara, kepercayaan adalah dasar dari setiap aspek keintiman dan komitmen. Hal ini penting untuk menciptakan dan merasakan keamanan emosional.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan ketika dilanda cemburu dalam hubungan? Yuk, simak rangkuman cara sederhananya untuk menepis kecemburuan seperti di bawah ini.

1. Jangan Biarkan Imajinasi Jadi Liar

Membiarkan pikiran Anda merencanakan skema tidak setia dari pasangan Anda akan membuat Anda jadi dramatis. Sebelum menyadarinya, Anda dan pasangan akan bertanya-tanya apa itu kebenaran dan apa itu fiksi.

Ketika Anda menemukan diri Anda merenung dan terobsesi pada skenario yang tidak memiliki bukti saat cemburu, coba hentikan diri Anda. Jika Anda akan memberikan imajinasi bebas berkuasa, biarkan ia memimpikan kemungkinan yang membuat Anda bahagia.

2. Hadapi Rasa Tidak Aman

Ilustrasi PasanganMengatasi kecemburuan dalam hubungan Anda sebenarnya adalah tentang bertatap muka dengan rasa tidak aman Anda sendiri yang mendasarinya.

Tanyakan pada diri sendiri, “Apa yang benar-benar saya takuti? Dia akan meninggalkan saya? Dia akan menghasilkan lebih banyak uang daripada saya? Saya benar-benar tidak cukup baik, cukup cantik, atau cukup sukses?”

Setelah Anda dapat menentukan dengan tepat apa yang sebenarnya terjadi pada Anda, tanyakan pada diri sendiri apakah kecemburuan yang Anda rasakan itu berdasarkan fakta.

3. Cari Akar Dari Rasa Tidak Aman

Ilustrasi PasanganAnda mungkin takut ditinggalkan atau tidak cukup baik. Tapi kapan dan dari mana ketakutan itu berasal? Apakah rasa tidak aman Anda yang cemburu berakar pada luka masa kecil yang tidak sembuh?

Apakah seseorang yang penting bagi Anda meninggalkan kehidupan Anda di beberapa titik? Apakah orang tua memberi tahu Anda bahwa Anda tidak diinginkan atau tidak secerdas, cantik, atau layak seperti saudara Anda?

Hal ini adalah saat yang tepat untuk mencari bantuan terapis yang dapat membimbing Anda dengan aman ke pertanyaan-pertanyaan yang mungkin menyakitkan untuk dihadapi.

Memahami asal rasa tidak aman Anda akan memberi Anda kepekaan untuk mengenali apa yang sebenarnya tentang pasangan dan diri Anda.

4. Percakapan Yang Jujur Dengan Pasangan

Ilustrasi PasanganSalah satu alasan imajinasi bisa menjadi liar adalah karena tidak ada yang bisa mengendalikannya. Tidak ada pencarian fakta. Tidak ada pendapat kedua. Tidak ada diskusi untuk menjaga keseimbangan emosi dan masalah.

Ada sesuatu yang sangat melumpuhkan tentang seseorang yang dapat berbagi hati dengan cara yang tenang, tidak menuduh, dan tidak konfrontatif. Dengan tetap berada memiliki peran Anda sendiri dalam hubungan, Anda membuka pintu untuk timbal balik.

Jika Anda tidak yakin bagaimana berkomunikasi dengan pasangan atau pasangan Anda, mulailah dari hati Anda. Bersikap jujur dan bertanggung jawab pada diri sendiri. Beri tahu pasangan Anda apa yang paling Anda inginkan dari hubungan Anda.

5. Menekankan Yang Positif

Ilustrasi PasanganMengatasi kecemburuan dalam hubungan Anda tidak mungkin terjadi jika Anda selalu terobsesi dengan perilaku dan kemungkinan negatif. Dengan hanya menggeser fokus Anda ke hal yang baik dan benar dalam hubungan Anda dapat menghentikan aliran hal negatif dalam pikiran Anda.

Yang paling penting, hal itu akan membuat Anda berpikir dan berbicara dari tempat apresiasi, bukan keraguan dan ketidakpercayaan. Kecemburuan mungkin berakar hanya pada satu pasangan dalam hubungan Anda, tetapi itu memengaruhi Anda dan hubungan Anda.