5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi – Gorontalo menawarkan pemandangan alam yang sungguh mempesona. Kawasan tengah dan timur Indonesia menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Tak mengherankan jika kawasan ini selalu jadi tujuan liburan setiap tahunnya.

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Salah satu pesona itu bisa kamu temukan di Gorontalo. Provinsi muda yang baru berdiri pada 5 Desember 2000 ini dikenal sebagai Serambi Madinah. Salah satu alasannya, 97 persen penduduk Gorontalo adalah Muslim taat. Ajaran Islam sangat melekat dalam kehidupan masyarakatnya.

Walau berusia sangat muda, Gorontalo mampu mengembangkan diri dengan baik. Sejumlah pembangunan berjalan terutama di sektor pariwisata. Pemerintah Provinsi Gorontalo sangat paham kawasannya memiliki potensi yang luar bisa bermanfaatnya jika dikembangkan. Alhasil, muncul banyak sekali destinasi wisata alam dengan pemandangan yang begitu indah.

Ada banyak destinasi alam Gorontalo yang masih tersembunyi. Mulai dari pantai, pulau hingga air terjun, semuanya ada. Pemandangan alam bawah lautnya juga sangat mempesona, ditambah dengan adanya Teluk Tomini, teluk terbesar di Indonesia. Yuk langsung saja kita bahas 5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi.

1. Teluk Tomini

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Teluk terbesar di Indonesia ini terletak di tiga provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Gorontalo. Luas teluk ini kurang lebih 6 juta hektar. Ada sekitara 90 pulau terhampar di kawasan Teluk Tomini. 56 pulau di antaranya termasuk dalam kawasan Gorontalo. Di tengah-tengahnya terdapat satu gunung api aktif, tepatnya di Pulau Una-una.

Karena letaknya di kawasan gunung api, Teluk Tomini memiliki pemandangan bawah laut yang mempesona. Topografi pantai di Teluk Tomini bergelombang, banyak yang berlumpur dan cocok jadi habitat pohon bakau, terumbu karang, dan biota laut lainnya. Ada banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di teluk ini. Dari menyelam, snorkeling, menaiki perahu hingga olahraga air lainnya. Beberapa titik di Teluk Tomini sangat cocok untuk menikmati pemandangan bawah laut, seperti di Pulau Togian, Pulau Buyat dan 30 titik lainnya di Gorontalo.

2. Pulau Bitila

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Masih di kawasan Teluk Tomini, ada satu pulau yang menarik untuk dikunjungi yaitu Pulau Bitila. Pulau ini berada di Kabupaten Pohuwatu, tepatnya di Desa Kramat. Ada banyak hal menarik bisa ditemukan di pulau ini. Seperti pantai-pantainya yang berpasir putih dan halus, air lautnya jernih dan ada hutan kecil di tengah pulau.

Selain bisa menyusuri pulau, kamu bisa menyelam dan snorkeling di pulau ini. Pemandangan alam bawah lautnya tak perlu diragukan lagi, sangat indah dan masih alami. Terumbu karangnya begitu lestari, ikan dan biota lautnya beragam. Dijamin bikin liburan jadi lebih berkesan. Menariknya, pulau kecil ini tidak berpenghuni dan hanya dikhususkan untuk objek wisata. Jadi jangan kaget kalau pulau ini tampak begitu sepi dan asri.

3. Pulo Cinta

5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi

Ada banyak pulau indah yang bisa dieksplorasi di Gorontalo. Salah satu pulau yang direkomendasikan untuk liburan adalah Pulo Cinta (Pulau Cinta). Dari namanya, pulau ini punya nilai romantis. Sangat cocok untuk liburan bersama pasangan.

Pulau ini sangat kecil. Yang membuatnya unik ialah keberadaan resor unik, penataan setiap kamar penginapan dihubungkan dengan jembatan kayu membentuk pola hati bila dilihat dari ketinggian.

Tak hanya itu, Pulau Cinta memiliki banyak kelebihan. Mulai dari pemandangan alam mempesona, pesona bawah laut yang tak ada duanya, fasilitas liburan yang komplit dan pelayanan yang ramah.

Wisata Gorontalo ini berada di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Botumoiyo, Boalemo. Berjarak kurang lebih 115 kilometer dari pusat kota Gorontalo. Perlu waktu 3 jam perjalanan darat dan laut untuk tiba di pulau menawan ini.

4. Laut Olele

Masih di kawasan Teluk Tomini, ada satu taman wisata Gorontalo yang cukup populer, Laut Olele. Lokasinya berada di Desa Olele, Kabila Bone, Bone Bolango. Tempat ini hanya berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke Laut Olele.

Taman laut ini punya banyak fasilitas wisata menggoda, seperti Traffic Circle, Haneycomb, Muck Dive, Jinn Cave dan masih banyak lagi. Fasilitas tersebut siap memanjakan wisatawan yang datang ke Taman Laut Olele.

Yang paling terkenal di Laut Olele ialah pemandangan bawah lautnya yang mempesona. Di kedalaman dua meter saja, wisatawan bisa langsung melihat terumbu karang menawan dan biota laut yang berenang bebas. Ditambah dengan pantainya yang tak kalah indah, dijamin bikin liburan semakin berkesan.

5. Air Terjun Hiyaliyo Daa

Di daratannya yang berbukit, Gorontalo memiliki banyak air terjun alami. Setiap air terjun memiliki keunikan tersendiri, sepeti Air Terjun Hiyaliyo Daa, berlokasi di Kabupaten Gorontalo Utara.

Air terjun ini menuruni bebatuan terjal berwarna hitam dari atas bukit. Di kedua sisi air terjun dan batu, pepohonan hijau yang rindang menghiasi. Perpaduan warna sempurna, hitam, putih dan hijau.

Akses menuju tempat wisata ini cukup mudah. Bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Wisatawan cukup membayar retribusi sebesar Rp5 ribu untuk bisa menikmati keindahan air terjun yang buka 24 jam ini.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 5 Destinasi Wisata Alam Indah Sulawesi Yang Tersembunyi yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. Katagori Kota Paling Indah DiIndonesia Dimalam Hari
2. 5 Destinasi Wisata Untuk Menikmati Malam Di Seoul