5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik

5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik

5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik – Pulau di atas pulau, menjadi sebutan Pulau Samosir. Pulau kecil ini punya keunikan pariwisata tersendiri. Cerita terbentuknya Danau Toba sudah menjadi urban legend. Hampir seluruh masyarakat Indonesia tahu tentang cerita ini. Singkatnya,
pulau ini muncul karena kemarahan seorang istri kepada suami yang melanggar janji.

5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik

5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik

Terlepas dari legenda itu, dari segi geografis, ‘pulau di atas pulau’ ini terbentuk karena aktivitas vulkanik. Pulau yang memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, jadi daya tarik tersendiri bagi, entah dari dalam maupun luar negeri.Wisatawan yang hendak menghabiskan liburan ke Pulau Samosir, bisa menyeberang lewat danau dengan kapal fery, atau lewat darat dari daerah Parapat.

Pulau Samosir kini sudah memiliki otonomi sendiri sebagai kabupaten, yang dulunya masih tergabung dalam Kabupaten Toba-Samosir. Jadi pengelolaan pariwisatanya lebih terpusat. Selain keunikan geografis dan legendanya, Samosir masih memiliki pesona wisata lainnya. Yuk langsung saja kita bahas 5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik.

1. Wisata Belanja di Pasar Tomok

5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik

Begitu sampai di Pulau Samosir, wisatawan wajib untuk mampir ke Pasar Tomok. Pasar tradisional yang terletak di sekitar Makam Raja Sidabutar Tomok ini menyediakan berbagai jenis souvenir khas Samosir. Seperti kain ulos, ikat pinggang tradisional Samosir, dan souvenir lain yang bermotif
gorga, lukisan khas Batak.

Untuk harga, masih terjangkau. Souvenir sederhana seperti baju biasanya dijual sekitar 35 ribu Rupiah. Cukup murah, kan Sahabat Dream? Tidak hanya menjual souvenir khas Samosir dan Batak saja, di pasar ini wisatawan juga bisa membeli keperluan harian, buah, sayur, lauk pauk hingga bunga. Karena kental dengan unsur tradisional, kawasan pasar ini sangat cocok jadi latar berfoto, lho. Kios-kios souvenir berjajar rapi dengan atap limas, atap khas Batak. Jangan lupa siapkan uang untuk belanja dan kamera untuk berfoto.

2. Wisata Kuliner Mie Gomak

5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik

Liburan ke Pulau Samosir akan terasa kurang kalau belum mencoba makanan khasnya, Mie Gomak. Makanan tradisional ini mirip dengan masakan suku Batak. Berasal dari mie dan kuah kari khas hidangan Batak. Nama Gomak sendiri berasal dari cara pengolahan mie yang dibuat langsung dengan tangan kosong, atau dalam Bahasa Bataknya, “digomak”. Setelah digomak, mie bisa disajikan dalam dua pilihan, berkuah atau digoreng.

Kalau soal rasa, jangan ditanya lagi. Campuran parutan kelapa kering dan sambal andaliman, khas Batak membuat cita rasa Mie Gomak jadi gurih dan sedap. Ditambah lagi isian mie yang beragam, mulai dari sayuran hingga kerupuk. Duh, bikin lidah bergoyang.

3. Wisata Fashion, Melihat Pembuatan Kain Ulos

Indonesia memiliki banyak kain tradisional yang beragam di setiap daerah. Dan, di setiap daerah memiliki keunikan kain tersendiri, mulai dari cara pembuatan hingga motif yang digunakan. Seperti halnya Kain Ulos khas Batak. Di Pulau Samosir, wisatawan bisamelihat langsung proses pembuatan
Kain Ulos. Ulos merupakan kain yang menyimbolkan hubungan antara orang tua dan anak, atau hubungan antara manusia satu dengan yang lain. Simbol ini sangat erat dengan kebudayaan Batak, penuh warna dan motif yang jelas.

Pembuatan Kain Ulos cukup rumit dan berbeda dengan pembuatan kain pada umumnya. Terlebih soal motif, pengerjaan kain besar bermotif rumit bisa dilakukan selama berhari-hari bahkan bisa berbulan-bulan. Dilansir dari laman Wonderful Indonesia, satu Kain Ulos bisa dihargai sekitar 25 ribu
hingga 5 juta Rupiah, tergantung pada ukuran, motif, dan warnanya.

4. Wisata Budaya, Belajar Tari Tor Tor

Selain Kain Ulos, Kebudayaan Batak yang terkenal ialah Tari Tor Tor. Tari tradisional ini berasal dari Batak dan bisa ditemui di Pulau Samosir. Bahkan, wisatawan bisa belajar langsung saat berkunjung ke festival kebudayaan atau upacara adat. Tari ini biasa dilakukan secara berkelompok. Gerakannya pun sangat mudah, tapi sarat akan makna dan emosi yang mendalam antara penari. Sampai saat ini Tari Tor Tor masih digunakan untuk mengisi upacara adat dan terkadang dipamerkan untuk menyambut tamu penting.

Untuk mengiringi Tari Tor Tor, umumnya penari akan didampingi pemain musik tradisional. Mereka memainkan alat musik tradisional yang disebut dengan Gondang. Para penari juga akan mengeluarkan suara dari hentakan kaki mereka.

5. Wisata Alam di Sekitar Danau Toba

Setelah berlelah-lelah ria mengelilingi Pulau Samosir dan melihat berbagai kebudayaan tradisionalnya, kini saatnya menenangkan diri. Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam Danau Toba dari pesisir Pulau Samosir. Dari kejauhan kita bisa melihat daratan Pulau Sumatra yang bergunung dengan jelas.

Wisatawan bisa bersepeda di sepanjang danau hingga menaiki kawasan perbukitan. Pemandangan yang disajikan tak main-main, warna hijau mendominasi. Dari dataran Samosir hingga Sumatra, semuanya hampir tertutup pegunungan. Bagi yang lupa membawa sepeda, pihak pengelola Wisata
Pulau Samosir menyediakan persewaan sepeda dengan harga 30 ribu Rupiah per hari.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 5 Destinasi Wisata Malaysia Yang Gratis
2. 5 Pantai Di Pasuruan Yang Menyejukan