5 Fakta Unik Tentang Bulan yang Harus Kamu Ketahui

5 Fakta Unik Tentang Bulan yang Harus Kamu Ketahui

5 Fakta Unik Tentang Bulan yang Harus Kamu Ketahui

5 Fakta Unik Tentang Bulan yang Harus Kamu Ketahui – Akhir-akhir ini perbincangan tentang bulan menjadi trending topic hampir di seluruh negara. Maklum, gerhana bulan yang akan jatuh besok, (28/7/2018) diprediksi akan menjadi gerhana bulan paling lama dalam abad ini. Sebab itu, agar dapat lebih mengenal bulan, berikut ini beberapa fakta uniknya, melansir dari www.cbc.ca Jumat (27/7/2018).

1. Bumi dan bulan berotasi bersama

Bumi dan bulan berada dalam lintasan rotasi yang sama di sistem tata surya kita. Hal ini yang menyebabkan kita melihat bulan selalu dari sisi yang sama. Bulan mendapatkan pantulan cahaya dari matahari sama seperti bumi. Jadi, bagian dari bulan yang kita lihat bersinar pada saat malam di bumi, merupakan sisi siang hari siang hari pada bulan.

2. Lebih kecil dibandingkan benua Asia

Luas permukaan bulan adalah 37,9 juta kilometer persegi, sedangkan luas permukaan Asia adalah 44,4 juta kilometer persegi. Dengan demikian, luas seluruh permukaan bulan sebenarnya lebih kecil dibandingkan benua Asia.

Bulan tidak memiliki atmosfer

6 Fakta Dampak Gerhana Bulan bagi Tubuh

Bulan tidak memiliki atmosfer seperti Bumi. Atmosfer pada bumi berfungsi untuk menjaga suhu tetap teratur, melindungi dari meteorit dan angin matahari, serta menyebabkan langit tampak biru di siang hari. Sedangkan bulan tidak memiliki atmosfer semacam ini dan lebih terlihat seperti ruang hampa. Di sana suhu berubah secara drastis dari sangat panas ke dingin dan kembali dengan sangat cepat, tidak ada suara, dan langit selalu terlihat hitam.

4. Tidak ada astronot yang berjalan di permukaan bulan sejak tahun 1972

Orang terakhir yang berjalan di bulan adalah American Gene Cernan pada tahun 1972 dalam misi Apollo 17 National Aeronautics and Space Administration (NASA). Sejak itu, misi-misi ke bulan hanya dilakukan dengan kendaraan robotik yang dikendalikan dari jarak jauh. Namun, pada tahun 2019, NASA berharap mengirim beberapa astronot kembali ke bulan untuk membangun stasiun luar angkasa permanen.

5. Bulan membutuhkan 27,3 hari untuk mengorbit di sekeliling bumi

Diperlukan 27,3 hari bagi bulan untuk menyelesaikan orbitnya di sekeliling Bumi dan dibutuhkan 29,9 hari untuk melewati siklus fase bulannya, yang dimulai dari bulan baru ke bulan purnama dan kembali ke bulan baru lagi