5 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Gaya dan Kebutuhan

5 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Kebutuhan

5 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Kebutuhan

Halo guys kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , Kali ini mimin punya 5 Jenis Jam Tangan Berdasarkan Kebutuhan yang sangat cocok nih buat kamu. Ketika membutuhkan penunjuk waktu, Toppers barangkali akan mencari-cari jam tangan. Ya, memang jam tangan memiliki fungsi tersebut, namun arloji tidak lagi hanya digunakan sebagai alat penunjuk waktu. Kini, jam tangan pun memiliki fungsi fashion. Apakah hanya itu? Tentu, tidak.

Perkembangan zaman telah membawa perkembangan yang sama juga pada jam tangan. Telah terjadi penyesuaian fungsi jam tangan sesuai dengan situasi masyarakat, gaya hidup, budaya, dan sebagainya. Sejak diperkenalkan pada abad ke-16, jam tangan sudah mendapatkan porsi perhatian di masyarakat. Apalagi, benda ini sangat dibutuhkan sejumlah orang pada masa itu.

BACA JUGA BERITA LAIN TENTANG

4 JENIS SEPATU COMPASS TERBAIK

6 WISATA KULINER MALAM BOGOR YANG MENGGOYANG LIDAH

Akan tetapi, jam tangan yang diperkenalkan kala itu masih menggunakan mesin penggerak mekanik manual (hand-winding). Jika dibandingkan dengan jam tangan kekinian, jelas berbeda, meski jam automatic masih jadi primadona hingga kini.

Sekarang, sudah ada jam tangan yang lebih beragam jenisnya. Mungkin, ada jenis jam tangan yang belum Toppers ketahui. Yuk, simak berbagai jenis jam tangan sebagai berikut ini!

1. Jam Tangan Quartz

jenis jam tanganIni adalah jenis jam tangan paling umum digunakan di masa sekarang. Ditenagai penggerak Quartz, jam jenis ini disebut yang paling akurat soal ketepatan waktu. Kekurangannya, jam tangan dengan movement Quartz masih membutuhkan baterai yang harus diganti secara berkali jika habis.

2. Jam Tangan Automatic

jenis jam tanganBerbeda dengan Quartz, jam tangan automatic atau yang menggunakan mesin mekanis tidak membutuhkan baterai. Mesin jam berjalan otomatis dengan mengandalkan tenaga dari penggerak itu sendiri. Ini biasanya digilai oleh para pecinta arloji.

“Tik-tok-tik-tok…” Itulah kekhasan jam tangan ini. Jam bermesin mekanis sangat mudah dikenal karena kamu dapat mendengar suara ticking. Umumnya berharga cukup mahal, namun kini harga yang ditawarkan lebih beragam.

3. Jam Tangan Chronograph

jenis jam tanganSalah satu jam tangan yang populer diperjual-belikan adalah jam tangan chronograpgh. Jenis jam tangan ini sebenarnya bukanlah inovasi terbaru, melainkan sudah ada sejak lama. Pada awal 1800-an, petinggi kerajaan Prancis meminta bawahannya untuk menciptakan petunjuk waktu yang lebih akurat dalam kegiatan balap kuda.

Hasilnya, tentu jam tangan chronograph yang bercirikan tiga lingkaran waktu berukuran kecil di permukaan utama jamnya.

4. Jam Tangan Digital

jenis jam tanganPada awal tahun 2000-an, jam tangan digital ramai beredar di pasaran. Jenis jam tangan digital memiliki bermacam fitur, termasuk alarm, varian waktu, stopwatch, dan lain-lain. Jam tangan digital membutuhkan baterai agar dapat beroperasi.

Seiring perkembangan teknologi, jam tangan digital telah berubah, bahkan berevolusi menjadi jam tangan yang lebih canggih lagi.

5. Smartwatch

jenis jam tanganBisa dikatakan bahwa jam tangan pintar atau smart watches merupakan hasil evolusi jam tangan digital. Jenis jam tangan ini sangat populer sejak 2010-an. Utilitas smartwatches telah direpresentasikan oleh namanya, seperti adanya fitur pintar berupa GPS, kamera, serta sensor-sensor untuk merekam aktivitas sehari-hari dan olahraga

Selain itu, jam tangan cerdas ini dapat disinkronisasikan dengan ponsel pintar untuk memunculkan notifikasi panggilan, pesan masuk hingga kalender.

Kira-kira jenis jam tangan apa yang lebih sesuai dengan gaya dan kebutuhanmu, Toppers?