5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan – Ada rencana ingin berlibur ke Dieng? Jika iya, yuk simak informasi tempat wisata Dieng yang menakjubkan berikut ini. Jawa Tengah punya banyak sekali pesona alam yang eksotis. Salah satu dari sekian tempat yang terkenal provinsi ini adalah Puncak Dieng.

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

Destinasi yang berlokasi di Kabupaten Wonosobo, Jawa tengah ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Berada di tempat ini, serasa sedang ada di surga. Dieng merupakan dataran tinggi yang terletak di sekitar gunung api aktif. Gunung Dieng mencakup wilayah Wonosobo dan Banjarnegara.

Saking tingginya, Dieng kerap diselimuti embun yang mengkristal. Kondisi yang hampir tidak mungkin ada di daerah lain, mengingat Indonesia memiliki iklim tropis. Suhu di Dieng bisa mencapai 11-18 derajat Celsius. Bahkan dalam kondisi tertentu, suhunya bisa jauh di bawahnya.

Karena keindahan dan keunikannya tersebut, Dieng menjadi salah satu tempat wisata andalan oleh pemerintah Jawa Tengah. Yuk langsung saja kita bahas 5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan.

1. Candi Arjuna

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

Berada di Dieng Plateu rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Candi Arjuna. Terletak di Dieng Kulon, Banjarnegara, Candi Arjuna menjadi salah satu tempat wisata andalan kota tersebut. Dalam kawasan Candi Arjuna, terdapat lima candi berbeda dengan posisi berjejer lurus yang memukau. Kawasan taman di sekitar candi sangat bersih dan terawat. Sehingga Candi Arjuna sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata liburan keluarga.

Menariknya, tiket masuk Candi Arjuna menjadi satu dengan tiket Kawah Sikidang. Tarif tiket masuk dua objek wisata itu hanya dibanderol sekitar Rp 10.000 untuk setiap orangnya. Kamu akan disuguhkan dengan pesona keindahan alam yang luar biasa indah. Menariknya, setiap tahunnya akan ada Dieng Culture Festival yang diselenggarakan di komplek candi terbesar di Dieng.

2. Telaga Warna

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

Objek wisata andalah Dieng Pleteau lainnya yaitu Telaga Warna. Terletak di Kejajar, Wonosobo, tempat wisata ini mampu memanjakan mata pengunjung dengan keindahan pesona surga tersembunyi di kawasan ini. Sesuai dengan namanya, para pengunjung akan disuguhkan beberapa danau kecil dengan berbagai macam warna. Adanya perbedaan warna tersebut dikarenakan kadar senyawa belerang yang berbeda di setiap air danaunya.

Telaga Warna merupakan salah satu spot foto yang bisa membuat feed Instagram kalian semakin terlihat kece dan keren. Dipermanis lagi dengan adanya jembatan kecil terbuat dari kayu yang berada di pinggir danau. Jembatan tersebut bisa kalian jadikan sebagai pelengkap foto sehingga nantinya akan terlihat semakin Instagramable. Bonusnya, kalian juga bisa melakukan wisata edukasi dengan melihat beberapa goa bersejarah yang memang terletak di satu kompleks wisata ini.

3. Gunung Prau

5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan

Jika Bandung memiliki Gunung Takuban Perahu, Wonosobo punya Gunung Prau. Sesuai namanya, Gunung Prau memiliki bentuk memanjang menyerupai perahu. Diketahui puncak dari gunung ini berada di ketinggian 2.565 mdpl. Jangan heran bila di sana kalian akan merasakan hawa dingin, terlebih pada pagi hari dan malam hari.

Seperti saat mendaki gunung lainnya, ketika sudah mencapai puncak kalian akan disuguhkan dengan keeksotisan keindahan alam yang tidak bisa kalian temukan di kota. Bonusnya, kalian bisa melihat sekumpulan awan putih yang bergelantungan di sekitar Gunung Prau. Hijaunya pemandangan pedesaan di lereng Gunung Prau juga tidak akan luput dari pemandangan mata kalian. Waktu yang terbaik untuk mencapai puncak tertinggi Gunung Prau adalah ketika matahari terbit dan matahari tenggelam.

4. Bukit Sikunir

Selain memiliki objek wisata Gunung Prau, tempat wisata Dieng juga menawarkan objek wisata tak kalah menariknya yaitu Bukit Sikunir. Bukit Sikunir berada di Desa Sembungan yang dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa. Untuk bisa mencapai lokasi bukit ini, kalian memang diharuskan untuk berjuang terlebih dahulu. Sebab terdapat beberapa tangga bukit cukup tinggi di sana. Di tambah dengan dinginnya suhu udara, terkadang membuat kalian merasa sedikit melelahkan.

Tetapi, usaha dan keringat tersebut akan langsung terbayar luas ketika sudah berada di puncak Bukit Sikunir. Waktu yang tepat berada di atas puncak bukit ini adalah ketika matahari terbit. Semburat kemerahan di Bukit Sikunir merupakan salah satu golden sunrise terbaik di Pulau Jawa. Bonusnya, terdapat beberapa spot foto yang menarik dengan latar belakang panorama golden sunrise yang sangat memukau.

5. Kawah Sikidang

Selanjutnya terdapat Kawah Sikidang dalam deretan tempat wisata Dieng yang harus kalian kunjungi. Bila tadi sudah terdapat Candi Arjuna, maka kalian juga tidak boleh melewatkan objek wisata Kawah Sikidang. Masih berada di kawasan Dieng Plateau, kalian bisa menemukan kawah ini berada tidak terlalu jauh dengan Bukit Sikunir. Bahkan, ketika tengah menikmati pemandangan golden sunrise dari atas bukit, kalian juga bisa melihat Kawah Sikidang ini.

Kawah Sikidang merupakan kawah panas yang memiliki aroma belerang yang tergolong menyengat. Alih-alih terhindar dari jamahan para pengunjung, Kawah Sikidang menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan. Perlu untuk diperhatikan, sangat disarankan bagi kalian yang ingin mengunjungi Kawah Sikidang untuk memakai masker penutup ya Sahabat Dream.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 5 Keindahan Wisata Dieng, Surganya Bagi Para Wisatawan yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 7 Destinasi Wisata Ke Bangkok Bersama Si Kecil
2. 5 Destinasi Wisata Garut Yang Indah