5 Tempat Makan Es Krim Legendaris di Indonesia

5 Tempat Makan Es Krim Legendaris di Indonesia – Di Indonesia banyak tempat makan es krim legendaris. Es krim aneka rasa ini disajikan dengan gaya klasik plus interior bangunan zaman dulu. Yuk, mampir!

Berbicara soal es krim dan gelato, keduanya sama-sama menjadi favorit anak-anak hingga dewasa. Sajian dessert ini seperti tak lekang oleh waktu. Dan kini banyak sekali gerai es krim dan gelato kekinian yang menjamur di setiap kota besar di Indonesia.

5 Tempat Makan Es Krim Legendaris di Indonesia

Tapi beberapa gerai legendaris dengan kesan kuno ini masih eksis hingga saat ini. Berikut ini beberapa gerai es krim legendaris di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk bernostalgia.

1. Ragusa

Es Krim Italia Ragusa yang berlokasi di Jalan Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta Pusat ini sudah berdiri sejak tahun 1932. Bangunan tua membawa pengunjung ke zaman dulu sambil menikmati es krim jadul. Dengan resep turun menurun, dengan tampilan gaya klasik.

Jika ditilik dari sejarahnya, gerai es krim ini awalnya dibuat oleh dua warga Italia yang dulunya pernah berjualan es krim di Jalan Naripan, Bandung dan kemudian membuka usaha es krim di Pasar Gambir.

Dibuat dengan komposisi susu sapi, rasa es krim di gerai ini sangat beragam. Mulai dari cokelat, vanilla, mocca, nougat, durian, banana split, es krim spaghetti hingga tutti fruti. Setiap harinya, gerai ini buka sejak 09.30 sampai 23.00.

2. Toko Oen

Jadi gerai es krim tertua di Indonesia, Toko Oen pertama kali didirikan sekitar tahun 1910 di Yogyakarta. Dan sekitar tahun 1930-an, Toko Oen pindah ke Semarang dan membuka cabang di Malang. Di sini para pelayan mengenakan pakaian tempo dulu dan klasik.

Untuk gerainya di Malang, Toko Oen sudah ada sejak tahun 1930. Dengan menyajikan es krim yang lembut dengan gaya dan rasa autentik. Pertama kali didirikan, Toko Oen memang menjadi tempat sosialita kaum bangsawan dan para meneer berkumpul. Tidak hanya sajikan menu es krim sebagai menu utama, ada juga menu makanan dan minuman ala Barat, oriental dan Indonesia.

Kalau mau mencicipi es krimnya Anda bisa mampir ke Toko Oen Semarang yang berlokasi di Jalan Pemuda No. 52, Bangunharjo, Semarang. Dan di Malang bisa mampir ke Jalan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Kota Malang.

3. Zangrandi

Es krim Zangrandi menjadi salah satu es krim legendaris yang berada di Surabaya tepatnya di Jalan Yos Sudarso. Didirikan oleh Renato Zangrandi, pria berkebangsaan Italia ini membuka gerai es krim pada tahun 1930. Lokasinya berada di seberang Balai Pemuda dan dulunya merupakan tempat kaum sosialita Belanda berdansa dan berpesta.

Masih mengedepankan unsur klasik bangunannya, Zangrandi punya menu es krim dengan varian yang unik. Ada Copacabana, Tropical Fruit, Banana Split hingga es krim dengan paudan waffle. Seporsi es krim juga bisa disajikan dengan taburan kacang tumbuk, saus cokelat dan ceri.

Meskipun tempatnya jadul, akan tetapi menu yang ditawarkan sangat beragam dan cocok jadi tempat berkumpul keluarga.

4. Es Krim Tentrem

Gerai es krim jadul ini bisa Anda temukan di Solo, Jawa Tengah. Berdiri sejak tahun 1952, gerai es krim legendaris ini membuat es krim dengan bahan-bahan alami dan berkualitas. Selain bisa mencicip banana split, Anda juga dapat menikmati es krim dengan rasa tutti fruity, es krim tempeng sari, es pelangi hingga Mr. Clown. Harga es krim di sini tergolong murah, seporsinya dibandrol dengan harga sekitar Rp 10.000 per porsinya.

Es Krim Tentrem ini berlokasi di Jalan Slamet Riyadi tepat di perempatan Pasar Ngarsopuro. Selain rasanya yang enak, es krim juga disajikan dengan wafer cokelat, wafer stick hingga rice choco. Tertarik mencoba?

5. Tip Top

Sudah ada sejak tahun 1934, gerai es krim ini berlokasi di Jalan Jend. Ahmad Yani No. 92, Medan Barat, Sumatera Utara. Dengan menggunakan resep turun temurun, Anda bisa mencicip sajian es krim ala ‘Zaman Belanda’ yang unik dan klasik.

Es dengan varian rasa klasik seperti vanilla, cokelat, tutty frutti hingga Ystaart, Moorkop hingga Donauwellen Ice. Sajian es krim yang dinikmati di gerai ini bisa membuat Anda bernostalgia di suasana tahun 30-an di Medan.