Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan – Jakarta Jika waktu libur telah tiba, paling menyenangkan jika berlibur bersama keuarga atau pun teman. Di Indonesia, banyak tempat wisata yang selalu menjadi favorit para pelancong. Salah satunya Tempat wisata di Jawa Tengah.

Tempat wisata di kabupaten dan kota di Jawa Tengah ini memiliki pesona tersendiri yang bisa mengembalikan energi selama berlibur.

Selain itu, jika kamu mengunjungi tempat wisata di Jawa Tengah, kamu tak perlu untuk merogoh kantong dalam loh. Tempat wisata di Jawa Tengah ini juga beragam jenisnya. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya, dan tak ketinggalann wisata kulinernya.

Tertarik untuk menjelajah tempat wisata di Jawa Tengah? Jika tertarik Liputan6.com telah merangkum beberapa tempat wisata yang bisa kamu datangi di Jawa Tengah dari berbagai sumber, Minggu (10/3/2019).

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

1. Taman Nasional Karimun Jawa, Jepara

Tempat wisata Karimun Jawa

Destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Jawa Tengah ialah wisata laut di Taman Nasional Karimun Jawa yang terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tempat wisata di Jawa Tengah ini tak perlu kamu ragukan lagi loh.

Karena obyek wisata ini pun telah terkenal di mancanegara juga. Tempat wisata ini menawarkan keindahan laut yang jernih dan juga pantai pasir putih.

Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan saat berlibur disini.Kamu bisa berenang, menyelam, dan juga snorkling di kawasan wisata ini. Jika kamu sangat menyukai kegiatan di pantai, maka destinasi ini sangat cocok untuk kamu.

2. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

Tempat wisata di Jawa Tengah (Sumber: iStockphoto)

Dieng sendiri sebenarnya terletak diantara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Namun untuk tempat wisata dataran tinggi Dieng ini masuk dalam wilayah Wonosobo. Salah satu tempat yang cukup terkenal di dataran tinggi Dieng ini ialah Bukit Sikunir, Telaga Warna, serta kawah sikidang.

Namun jika kamu ingin berkunjung ke dataran tinggi Dieng ini, kamu bisa membuat tenda di sekitaran Telaga Cebong yang terletak di Desa Sembungan, atau jika kamu ingin mengunjungi Bukit Sikunir. Karena lokasi Telaga Cebong sendiri berada di dekat pintu masuk menuju Bukit Sikunir. Tentu saja selama berada di tempat wisata ini jangan lupa untuk memakai pakaian hangat ya.

3. Kota Lama, Semarang

Tempat wisata di jawa Tengah (Sumber: Istockphoto)

Menjelajahi tempat wisata di Jawa Tengah rasanya tak afdol jika tidak berkunjung ke Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini pun memiliki destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi loh.

Terutama jika kamu yang ingin berwisata sejarah. Kota Lama di Semarang merupakan tempat yang cocok untuk menggali sejarah lama yang ada di Jawa Tengah terutama di Semarang.

5 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Selain itu, berwisata di Kota Lama ini kamu pun bisa menemukan spot foto yang instagramable dengan desain bangunan tempo dulu. Salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Lama ialah Gereja Blenduk. Gedung ini menjadi destinasi favorit para pelancong yang senang berfoto-foto.

Hal ini karena bangunan gedung yang unik dan masih mempertahankan desain tempo dulu. Bangunan ini memiliki pilar dan menara berwarna putih serta atap yang melengkung berwarna merah.

4. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu

Masih di Kota Semarang yang kaya akan sejarahnya, destinasi wisata satu ini pun memiliki kisah sejarah yang cukup panjang. Lawang sewu sendiri pada awalnya di dirikan pada tahun 1904 saat kolonial Belanda menjajah Indonesia.

Bangunan ini pun berfungsi sebagai kantor pusat perusahaan kereta api pada era Belanda.

Dinamakan Lawang Sewu atau seribu pintu karena jika kamu melihatnya, bangunan ini memiliki banyak pintu khas Belanda. Tempat ini menjadi desitinasi yang wajib kamu kunjungi pula saat berada di Semarang, Jawa Tengah.

Bila kamu ingin berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah satu ini, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orangnya. Akan tetapi jika kamu ingin masuk ke dalam ruang bawah tanah, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 30 ribu.

5. Wisata Air Panas Guci, Tegal

Image result for Wisata Air Panas Guci

Di Jawa Tengah terdapat tempat wisata air panas loh. Tempat wisata di Jawa tengah ini terletak di kabupaten Tegal. Memiliki lokasi wisata air panas, karena tempat ini merupakan salah satu lereng dari Gunung Slamet. Dimana Gunung Slamet ini terletak di 5 Kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten, Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Brebes dan Kabupaten Tegal.

Jika ingin berwisata di Taman Wisata Air Panas Guci ini, kamu harus menempuh jarak kurang lebih 40 km dari kota Tegal menuju arah selatan.

Berendam di wisata air panas Guci ini dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit loh, seperti rematik dan penyakit kulit. Jika kamu datang dari luar kota ataupun liar provinsi Jawa Tengah tak usah khawatir, karena di kawasan wisata air panas Guci ini terdapat banyak penginapan.

Bukan hanya bisa menikmati air panas saja, akan tetapi kamu pun bisa wana wisata atau wisata hutan di kawasan wisata air panas Guci ini.

ItuPoker Agent Terpercaya Online