6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok

6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok

6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok – Rambut rontok merupakan masalah besar bagi banyak orang. Adalah normal kehilangan antara 50 dan 100 rambut sehari. Dengan sekitar 100.000 rambut di kepala, kerugian kecil ini mungkin tidak terlihat.

Tidak mungkin menghitung jumlah rambut yang hilang tiap harinya. Anda mungkin akan merasakan kehilangan lebih banyak rambut daripada biasanya jika melihat rambut terkuras setelah mencuci rambut atau gumpalan rambut di sisir. Dalam kasus parah Anda mungkin juga melihat penipisan rambut atau kebotakan.

Rambut rontok bisa bersifat permanen atau sementara. Kondisi ini bisa berkembang secara bertahap maupun tiba-tiba. Banyak hal yang mendasari kerontokan rambut. Mulai dari rambut kering, kekurangan nutrisi, hingga kondisi kesehatan tertentu.

Jika Anda salah satu yang mengalami masalah ini, ada banyak perawatan yang dapat membantu kerontokan rambut. Perawatan salon memang bisa menjadi pilihan. Satu-satunya masalah adalah tidak semua orang punya cukup waktu mengunjungi salon untuk mendapatkan salah satu perawatan ini.

Namun, ada berbagai opsi. Cara yang efisien dan cerdas untuk mencegah dan menghentikan kerontokan rambut secara permanen adalah dengan mencoba beberapa masker rambut buatan sendiri. Berikut masker rambut untuk melawan rambut rontok secara alami.

6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok

Masker Telur

6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok
6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok

Telur adalah sebuah kekuatan yang dikemas dengan nutrisi dan protein yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Telur bekerja dengan baik untuk semua jenis rambut dan memberikan nutrisi yang baik untuk rambut.

Telur dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Mereka juga dikemas dengan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Cara menggunakan masker telur

Kocok satu butir telur dan campur dengan 1 gelas susu, 2 sendok makan air lemon, dan 2 sendok makan minyak zaitun. Balurkan campuran ini ke rambut dan kulit kepala hingga merata.

Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan campurannya menempel di rambut selama 20 menit. Bilas dengan air dingin.

Atau, Anda juga dapat menggunakan telur saja tanpa tambahan lain. Kocok beberapa telur sampai kuning telur dan putih tercampur rata.

Pijat ke rambut dan kulit kepala. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker Pisang

6 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut Rontok

Pisang kaya akan kalium, antioksidan, minyak alami, dan vitamin, yang menjadikannya pengobatan ideal untuk kerontokan rambut. Pisang mudah ditemukan dan selalu ada di setiap musim.

Pisang juga dapat membuat rambut lebih bersinar dan lembut. Pisang dapat menjadi produk anti ketombe, mengurangi kerusakan dan melembabkan rambut.

Cara menggunakan masker pisang

Campur 2 pisang matang, minyak zaitun, minyak kelapa dan madu masing-masing 1 sendok makan. Haluskan bahan-bahan ini hingga membentuk konsistensi pasta.

Balurkan campuran ke kulit kepala dan rambut sampai menutupi semuanya. Biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat.

Atau Anda juga bisa mengunakan cara lain. Ambil beberapa buah pisang dan tumbuk menjadi pasta yang halus. Untuk pasta ini, tambahkan 5 hingga 8 tetes minyak almond.

Oleskan ke rambut, ikat dan tutupi dengan shower cap selama satu jam. Bilas dengan air dingin dan gunakan sampo ringan. Lanjutkan dengan kondisioner.

Masker Yogurt

Yogurt terdiri dari vitamin B, protein, dan vitamin D, menjadikannya bahan penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Yogurt mampu melembabkan, memelihara, dan meningkatkan kekuatan dan mengurangi kerusakan rambut.

Cara menggunakan masker yogurt

campur 1 cangkir yogurt dengan masing-masing satu sendok makan cuka sari apel dan madu. Balurkan campuran dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Masker Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak omega-3, yang mendorong pertumbuhan kembali dan meningkatkan kesehatan rambut. Alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang membuatnya ideal untuk kulit kepala. Oleskan masker alpukat sekali atau dua kali seminggu untuk meningkatkan tekstur dan kemilau rambut.

Cara menggunakan masker alpukat

Blender 1 alpukat matang kecil, 1/2 cangkir susu, 1 sendok makan minyak zaitun dan almond sampai campuran menghasilkan konsistensi yang halus. Balurkan campuran ini mulai dari akar hingga ujung rambut. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

Masker Stroberi

Jika Anda memiliki rambut berminyak, masker rambut stroberi adalah cara yang tepat. Rambut rontok yang disebabkan karena pori-pori yang tersumbat dapat diobati dengan masker ini. Masker ini juga mengencangkan pori-pori dan mengurangi kerontokan rambut.

Cara menggunakan masker stroberi

Haluskan 3-4 stroberi segar bersama 1 sendok makan minyak kelapa dan madu-almond hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan masker pada kulit kepala, dari akar ke ujung rambut. Gunakan air dingin untuk membilasnya setelah 20 menit.

Masker Teh Hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan dan obat yang sempurna untuk rambut rontok yang disebabkan oleh radikal bebas. Teh hijau kaya akan katekin. Katekin ini membantu menekan DHT atau dihidrotestosteron, yang merupakan penyebab utama kerontokan rambut.

Cara menggunakan masker teh hijau

Campur 1 kuning telur dan 2 sendok teh teh hijau hingga mendapatkan tekstur krim. Oleskan campuran ini ke rambut dan kulit kepala menggunakan kuas. Biarkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas dengan air dingin sebelum keramas.

Cara lain yang sempurna untuk menghentikan kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhan kembali rambut adalah dengan membilas rambut dengan teh hijau setelah keramas. Untuk hasil terbaik dan cepat, Anda perlu mengulangi proses ini dua atau tiga kali seminggu selama beberapa bulan.

Sekian Artikel dari mimin MasihBaru untuk mengatasi permasalahan terutama untuk para ladies yang mengalami kerontokan rambut yang tak karuan, silahkan dicoba masker dengan bahan alami tersebut di rumah kalian ya!, semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Baca Juga : Terbukti Ampuh Atasi Masalah Jerawat Dengan Cuka Apel