6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu – Liburan romantis tak melulu harus ke tempat mewah. Berlokasi dekat pantai memberikan keuntungan tersendiri bagi Semarang. Kota ini jadi punya banyak destinasi menarik.

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

Dalam sejarahnya, Semarang pernah menjadi bandar besar. Banyak kapal berlabuh di Semarang untuk bongkar muatan.

Itu meninggalkan jejak berupa kota tua yang penuh dengan bangunan berarsitektur Eropa. Juga ada kawasan Pecinan yang tetap lestari hingga saat ini.

Tidak mengherankan jika Semarang selalu menarik perhatian traveler. Apalagi buat pasangan muda. Yuk langsung saja kita bahas 6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu.

1. Candi Gedong Songo

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

Indonesia pernah mengalami masa-masa kejayaan sejumlah kerajaan. Jejak kejayaan tersebut bisa kita temukan dalam sejumlah situs sejarah.

Salah satu situs sejarah tersebut yaitu Candi Gedong Songo di Kecamatan Bandungan. Gedong Songo, berasal dari Bahasa Jawa yang berarti gedung atau bangunan yang jumlahnya ada sembilan.

Persis seperti namanya, kawasan candi yang diperkirakan sudah ada sejak abad ke-9 ini memiliki sembilan bangunan.

Yang membuat kawasan Gedong Songo romantis ialah latar belakang candi berupa pemandangan pegunungan hijau nan asri. Terlebih kalau menikmati pemandangan Gedung Songo di sore hari, dijamin bikin mata terpesona akan keindahannya.

Bagi yang berminat berkunjung ke Gedong Songo, bisa datang langsung ke Desa Candi, Kecamatan Bandungan dengan menggunakan kenadaran pribadi.

2. Umbul Sidomukti

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

Wisata alam lainnya di Semarang yang tak kalah romantisnya ada di Umbul Sidomukti. Kawasan ini merupakan tempat wisata alam paling favorit bagi wisatawan, terutama pasangan baru dan keluarga besar.

Kawasan pegunungan ini punya segalanya, dari pemandangan alam asri hingga fasilitas penunjang pariwisata yang komplit. Wisatawan bisa menikmati taman renang alam yang jadi andalan wisata di Sidomukti, pondok wisata, pondok lesehan hingga permainan-permainan seru lainnya.

Kawasan wisata ini sangat cocok untuk pasangan baru yang sedang berbulan madu atau sekadar ingin menghabiskan waktu romantis berdua. Pemandangan di Umbul Sidomukti sangat berbeda dengan pusat Kota Semarang yang panas dan penuh sesak. Di sini, wisatawan disuguhi udara sejuk dan kealamian alam Desa Sidomukti.

3. Brown Canyon

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

Brown Canyon merupakan kawasan tambang pasir berusia belasan tahun. Hasil penambangan pasir dan batu padas ini menghasilkan pemandangan baru menyerupai Grand Canyon di Amerika. Bekas galian membentuk tebing coklat menjulang yang cocok jadi latar berfoto.

Walau penambangan di kawasan ini masih berlangsung, tidak menghalangi para wisatawan yang penasaran untuk datang dan melihat langsung Grand Canyon-nya Semarang.

Untuk hasil foto yang bagus, disarankan untuk datang ke Brown Canyon di sore hari. Cahaya senja akan membuat hasil foto jadi lebih estetik.

Akses menuju lokasi penambangan ini cukup sulit, karena jalurnya tidak beraspal dan kerap dilalui truk pengangkut pasir. Brown Canyon terletak di Pucang Gading Mranggen, Rowosari, Kecamatan Tembalang.

4. Curug Lawe dan Benowo

6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu

Semarang memiliki dua air terjun unik, terkenal dengan aliran airnya yang membentuk huruf Y, menyatu menjadi sungai. Yaitu Curug Lawe dan Curug Benowo yang berlokasi di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat.

Tak jauh dari kawasan air terjun, terdapat kebuh cengkeh milik salah satu perusahaan. Sepanjang mata memandang, kita hanya akan disuguhi warna hijau yang menyegarkan. Belum lagi udaranya sejuk dan percikan air terjun yang menambah syahdu kawasan wisata alam ini.

Wisatawan yang hendak menikmati keasrian dua air terjun ini cukup membayar 4 ribu Rupiah saja. Satu lagi yang unik dari kawasan wisata ini, yaitu Jembatan Romantis. Fungsi utama jembatan ini ialah sebagai saluran penghubung air sungai yang dilengkapi dengan jalan setapak.

Kelebihannya, jembatan ini memiliki nuansa romantis, tak heran banyak pasangan yang berhenti sejenak di jembatan ini untuk berfoto, bahkan ada yang menggunakannya sebagai lokasi foto prewedding.

5. Kampung Laut

Kalau kalian ingin liburan romantis di tepi laut, menyantap makanan laut yang menggoda, sambil menikmati pemandangan laut yang tenang, Kampung Laut bisa jadi pilihan. Di kawasan wisata ini, ada beberapa pilihan tempat, seperti Lesehan dan Pemancingan, atau Lesehan Tepi Laut.

Tempat makan yang berlokasi di Puri Maerokoco Jalan Anjasmoro Tawang Mas ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Tempatnya romantis, tenang dan nyaman. Kalau soal menu makanan, tak perlu ditanya lagi. Penggemar seafood pasti betah ada di sini.

Selain cocok untuk menghabiskan waktu berdua bersama pasangan, Kampung Laut juga cocok untuk liburan keluarga, lengkap dengan pemancingan yang digemari anak-anak.

6. Rawa Pening

Satu lagi tempat wisata Semarang yang tak kalah romantisnya. Rawa Pening tidak hanya terkenal dengan legendanya, tapi juga pemandangannya yang asri.

Hamparan air tawar membentang seluas 2.670 hektar dengan latar belakang tiga gunung, Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran.

Menariknya lagi, Rawa Pening menyediakan persewaan perahu bagi wisatawan yang ingin mengitari rawa bersama pasangan. Selain itu, di sekitar rawa ada kawasan sabana hijau, tempat baru yang cocok jadi lokasi foto prewedding.

Sambil menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa melihat langsung aktivitas para nelayan. Memakai perahu kayu, melempar jaring, dan ada juga yang sibuk menyingkirkan eceng gondok.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 6 Destinasi Wisata Semarang Untuk Berbulan Madu yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. Jajanan Anak DiSekolahan Yang Perlu Diwaspadai Orangtua
2. 5 Destinasi Wisata Menarik Untuk Melewati Pergantian Tahun