6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo – Wajib kalian kunjungi. Tidak hanya di pusat kota, kawasan pinggir Kota Yogyakarta tepatnya Kabupaten Kulon Progo juga memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Jika di pusat kota kalian disuguhkan wisata modern, maka di sini kalian akan merasakan wisata alam yang menyegarkan.

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten di Yogyakarta dengan Wates sebagai ibu kotanya. Di sini sejumlah wisata alam bisa dengan mudah kalian jumpai. Mulai dari pantai, air terjun hingga kebun teh, Kulon Progo memilikinya. Ya memang Yogyakarta memiliki Kabupaten Wonosari yang menyuguhkan beragam wisata pantai. Alih-alih sepi, Kulon Progo justru kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional. Sebagian besar dari mereka ingin melihat kecantikan panorama wisata Kalibiru, salah satu destinasi andalan Kulon Progo.

Tak hanya itu saja yang menarik, Terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah seru. Penasaran apa saja? Yuk langsung saja kita bahas 6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo.

1. Wisata Alam Kalibiru

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

Jika ditanya mengenai wisata Kulon Progo, maka sebagian besar orang akan berpikir tentang wisata alam Kalibiru. Ya memang segitu terkenal dan populernya wisata ini di kalangan wisatawan. Bahkan, wisata alam Kalibiru ini menjadi tempat wisata andalan dan populer di Kulon Progo.

Wisata Alam Kalibiru terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Di sini kalian bisa merasakan sensasi udara menyegarkan dan menyejukan khas pegunungan. Tak hanya itu, Kalibiru juga menyuguhkan pemandangan hijaunya hamparan pepohonan dan waduk yang berada di tengah-tengah. Menariknyal lagi, kalian juga akan melihat deretan perbukitan yang mengagumkan. Bonusnya, kalian bisa menambah feed Instagram kalian biar makin kece.

2. Hutan Mangrove Pantai Congot

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

Wisata Kulon Progo berikutnya yaitu Hutan Mangrove Pantai Congot. Sebenarnya, objek wisata ini merupakan salah satu tempat konservasi dan bukan tempat wisata. Kendati banyak sekali wisatawan yang berkunjung dan minat akan wisata ini meningkat pesat membuat Hutan Mangrove ini menjadi objek wisata Kulon Progo yang diandalkan.

Mengapa demikian? Seperti yang diketahui, Kota Yogyakarta memang tidak memiliki hutan mangrove alami sebelumnya. Tak heran bila Hutan Mangrove Pantai Congot menjadi salah satu tempat wisata favorit para wisatawan baik lokal maupun internasional. Menariknya, hingga kini wisata Hutan Mangrove masih dikelola oleh masyarakat sekitar. Sayangnya, fasilitas dan akses di objek wisata ini masih belum sebagus tempat wisata lainnya.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo

Ini bukan destinasi wisata di Tawangmangu ya Sahabat Dream. Memang kedua objek wisata ini memiliki nama yang sangat mirip, namun keduanya snagat berbeda. Selain di Tawangmangu, Air Terjun Grojogan Sewu juga ada di Kulon Progo.

Jika di Tawangmangu kata “Grojogan Sewu” dikaitkan dengan banyaknya jumlah anak tangga, maka berbeda dengan makna kata ini di wisata Kulon Progo. Makna kata “Grojogan Sewu” di sini lebih merujuk pada pancuran seribu atau sederhananya air terjun ini memiliki jumlah debit air yang cukup besar.

4. Bukit Isis Kulon Progo

Jangan disalah artikan ya Sahabat Dream, bukit ini tidak memiliki keterkaitan apapun dengan organisasi kelompok apapun. Bukit Isis merupakan salah satu destinasi wisata Kulon Progo yang diandalkan oleh pemerintah setempat. Wisata Bukit Isis terletak di Desa Nglinggo, Pagerharjo, Samigaluh, Kulun Progo.

Di sini kalian bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari hijaunya hamparan kebun teh dan pepohonan. Berada di atas ketinggian tentu saja kalian bisa merasakan sensasi udara yang menyegarkan dan sejuk khas pegunungan.

Bonusnya, kalian bisa mengambil foto dnegan latar belakang pemandangan pegunungan dan hamparan kebun teh yang mengagumkan. Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak, untuk bisa menikmati segala keindahan ini kalian hanya diperlukan membayar sebesar Rp 3.000 setiap orangnya.

5. Taman Sungai Mudal

Berlokasi di area perbukitan Gunung Manoreh, Taman Sungai Mudal menjadi salah satu wisata Kulon Progo yang wajib kalian kunjungi. Perlu diketahui, kata “Mudal” sebenarnya merujuk pada nama sumber mata air, namun masyarakat sekitar menganggap kata “Mudal” berarti air yang berkecukupan.

Menariknya, meskipun berada di kawasan Gunung Manoreh, sumber mata air ini berasal sari goa yang ada di tebing Gunung Kelir. Mata air ini memang dikenal dengan tidak pernah surut apapun cuaca dan musim yang melanda daerah Kulon Progo. Terbukti hingga kini sumber mata air ini belum pernah kering dan masih digunakan sebagai pasokan utama kebutuhan air masyarakat setempat.

6. Puncak Suroloyo

Wisata Kulon Progo selanjutnya yaitu Puncak Suroloyo. Bagi yang belum tahu puncak Suroloyo merupakan titik tertinggi di perbukitan Manoreh. Objek wisata ini berada di selebah barat Kota Yogyakarta. Puncak Suroloyo memiliki ketinggian 1,019 mdpl dimana kalian akan disuguhkan oleh keeksotisan pemandangan 4 gunung sekaligus.

Di sini kalian bisa menyaksikan keagungan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Tak hanya itu, kalian juga akan disuguhkan oleh indahnya pemandangan Kota Yogyakarta dari atas ketinggian. Memiliki panorama inilah yang membuat Puncak Suroloyo menjadi salah satu primadona wisata Kulon Progo.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 6 Destinasi Wisata Terpopuler Di Kulon Progo yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 5 Destinasi Wisata Di Pulau Samosir Yang Menarik
2. 5 Destinasi Wisata Malaysia Yang Gratis