6 Manfaat Konsumsi Melon Setiap Hari Untuk Tubuh

6 Manfaat Konsumsi Melon Setiap Hari Untuk Tubuh

6 Manfaat Konsumsi Melon Setiap Hari Untuk Tubuh

Halo kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , Kali ini mimin akan memberikan info 6 Manfaat Konsumsi Melon Setiap Hari Untuk Tubuh yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kalian.
Siapa yang tak suka melon? Selain menyegarkan dan mudah didapat, harganya pun relatif murah. Biasanya orang Indonesia memakannya sebagai menu penutup.

Beberapa orang menyukai melon dimakan langsung atau disajikan dalam bentuk jus. Rasanya yang manis dan menyegarkan juga biasa dijadikan toping dalam es buah. Biasanya dibentuk bulat dengan alat pengeruk buah.

Melon sangat kaya manfaat dan nutrisi. Selain itu, sangat terkenal untuk memberikan energi serta kadar lemak yang rendah. Liputan6.com melansir dari berbagai sumber merangkum manfaatnya untuk Anda.

1. Kaya Vitamin C

Vitamin C sangat bermanfaat dalam tubuh untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Jika Anda mengonsumsi secangkir jus melon setiap hari, itu sudah memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda.

Vitamin C dalam melon juga bisa bantu Anda untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memberi antioksidan secara aktif untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga bisa menghambat risiko penuaan dini, penyakit kanker dan penyakit jantung.

2. Baik untuk Diet

Bagi Anda yang sedang dalam proses diet sebaiknya konsumsi buah melon. Melon mengandung sejumlah serat yang mengatur pencernaan serta menurunkan kadar kolestrol tubuh secara keseluruhan. Buah ini juga sangat baik untuk pencernaan sehingga bisa buang air dengan lancar.

Melon juga terkenal sebagai buah rendah kalori, jadi sangat cocok untuk dimasukkan ke daftar menu diet Anda. Selain itu, melon juga menjaga kestabilan berat badan dan menghindarkan tubuh dari penyakit-penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi hingga kanker.

3. Memperbaiki Mood

Apa itu vitamin B6? Vitamin B6 adalah vitamin yang berfungsi sebagai koenzim atau enzim yang berguna untuk mengakibatkan proses kimia. Vitamin B6 dalam melon sangat penting untuk merangsang saraf serotonin, neotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda jadi lebih baik.

Selain itu, kandungan vitamin B6 pada melon juga dapat mengubah kandungan homosistein menjadi asam amino yang baik untuk tubuh. Ini bisa mencegah risiko penyakit kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga menyimpan kandungan vitamin B1 dan vitamin B3.

4. Pengobatan Insomnia

Saat ini, karena aktivitas padat dan banyak pemicu stre membuat orang jadi susah sekali untuk tidur di malam hari atau insomnia. Tapi jangan khawatir, dengan mengonsumsi melon setiap hari bisa memperbaiki fungsi saraf dan menangkan kecemasan karena melon mengandung senyawa unik.

5. Perbaiki Imunitas Ibu Hamil

Ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin yang lebih dari biasanya. Untuk itu, asupan makanan yang dikonsumsi juga harus lebih banyak memiliki kandungan tersebut. Selain itu, ibu hamil juga harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.

Untuk itu, melon sangat cocok untuk supan nutrisi bagi ibu hamil. Kandungan 14 gram gula alami dalam melon ini bisa meningkatkan energi bagi ibu hamil. Selain itu, kandungan kalium pada melon menjaga kesehatan jantung. Tips untuk melahirkan anak yang sehat, makan 100 gram melon per harinya.

6. Mencegah Kerusakan Ginjal

Nefropati diabetik adalah penyakit ginjal yang mana sel ginjak mengalami kerusakan. Kandungan dalam melon yang bernama oxykine bisa mencegah kondisi berbahaya ini. Selain itu, indeks glikemik melon termasuk rendah sehingga fruktosa dan glukosa yang terkandung aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan penderita obesitas.