6 Manfaat Penting Semangka Bila Dikonsumsi Secara Rutin

6 Manfaat Penting Semangka Bila Dikonsumsi Secara Rutin

6 Manfaat Penting Semangka Bila Dikonsumsi Secara Rutin

Halo kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , Kali ini mimin akan membagikan Info 6 Manfaat Penting Semangka Bila Dikonsumsi Secara Rutin. Siapa di sini yang memfavoritkan semangka? Buah ini sering jadi andalan untuk menghilangkan dahaga di musim kemarau. Bila matang sempurna, rasanya manis dan kaya kandungan air, jumlahnya bisa mencapai 92 persen.

Setiap gigitan yang berair memiliki kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, dan asam amino. Ada pula sebagian kecil kandungan potasium. Semangka juga terkenal bebas lemak, rendah sodium, dan rendah lemak. Secangkir jus semangka hanya mengandung 40 kalori.

Lalu, apa sajakah manfaat dari buah semangka dengan isi nutrisi demikian? Berikut enam di antaranya seperti dikutip dari MasihBaru.

1. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Hypertension menemukan bahwa ekstrak buah semangka dapat membantu mengurangi hipertensi dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang gemuk. Selain itu, kandungan likopen semangka yang tinggi sangat aktif melindungi sel dari kerusakan dan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah studi juga menemukan bahwa konsumsi semangka oleh wanita lanjut usia yang mengalami kekakuan aorta (pembuluh nadi pada bilik kiri jantung), selama enam minggu berturut-turut, bisa melemaskan kekakuan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi semangka sama sekali.

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Semangka mengandung vitamin A yang tinggi, dan vitamin tersebut sangat baik untuk kulit Anda. Secangkir jus semangka mengandung hampir seperempat dari asupan vitamin A harian. Menurut klinik Cleveland di Ohio Amerika Serikat, vitamin A bisa bantu menjaga kulit dan rambut tetap lembab.

Kandungan vitamin A juga mendorong pertumbuhan kolagen dan sel elastin yang sehat. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam semangka juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan kolagen untuk rambut yang sehat.

3. Nyeri Otot

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry pada 2013, bagi atlet, minum jus semangka sebelum latihan yang intens membantu mengurangi nyeri otot dan detak jantung pada hari berikutnya. Ini juga berkaitan dengan kandungan asam amino, sitrulin, dan arginina membantu meningkatkan sirkulasi pembuluh darah.

Selain itu, studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Phyusiology pada 2015 menyebutkan bahwa sitrulin juga dapat membantu kerja atlet. Partisipan studi yang menggunakan suplemen sitrulin mengalami peningkatan kinerja dan memiliki energi lebih banyak setelah bersepeda atau berlari.

4. Anti-Inflamasi

Image result for buah semangka segarKandungan likopen dalam semangka menjadikannya buah anti-inflamasi. Likopen berfungsi sebagai penghambat proses inflamasi dan sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal kesehatan Shock pada 2006, kandungan kolin dalam semangka juga membantu menjaga peradangan kronis turun.

Semangka juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengurangi peradangan bagi penderita radang sendi. Kandungan anti-inflamasinya bisa membantu menjaga kekebalan tubuh.

5. Mempertahankan Hidrasi

Menurut sebuah penelitian, semangka bantu atasi hidrasi seluruh tubuh. Seorang Ahli Nutrisi dan Diet dari Academyy of Nutrition and Dietetics, Chicago, Anggela Lemond mengatakan bahwa 20 hingga 30 persen dari kebutuhan cairan kita melalui diet kita sendiri, dan buah seperti semangka sangat membantu.

Selain itu, minum jus semangka juga mengandung elektrolit yang baik, sehingga dapat membantu mencegah serangan panas. Anda bisa minum kapan saja, terutama saat siang hari.

6. Kanker

Menurut National Cancer Institue, kandungan likopen yang aktif di dalam semangka bisa mengurangi proliferasi dari sel kanker. Selain itu, sama seperti buah sayuran lainnya, kandungan antioksidan dari setiap buah bisa bantu untuk kurangi risiko kanker.