6 Warung Makan Khas Semur Jengkol Jakarta

6 Warung Makan Khas Semur Jengkol Jakarta

6 Warung Makan Khas Semur Jengkol Jakarta

Halo kembali lagi dengan MasihBaru , Kali ini mimin akan memberikan Info 6 Warung Makan Khas Semur Jengkol Jakarta Untuk kamu penggemar Jengkol nih. Bagi masyarakat Jakarta, menu semur jengkol tentu sudah tak asing lagi. Hidangan yang terbuat dari jengkol dan kecap dan rempah itu disukai banyak orang.

Rasanya yang legit, manis, dan sedap itu yang membuat semur jengkol banyak terdapat di warung-warung makan. Selain sebagai campuran nasi, semur jengkol juga sering jadi menu nasi uduk.

Dilansir dari berbagai sumber, kata semur sendiri berasal dari bahasa Belanda, smoor, atau makanan yang telah dicampur dengan tomat.

Alasan mengapa semur jengkol jadi kuliner khas Betawi karena zaman dahulu hampir setiap kebun orang Betawi terdapat pohon jengkol. Karena harganya murah, maka orang-orang Betawi menjadikan jengkol sebagai bahan untuk semur, selain tempe dan tahu.

Seiring pembangunan yang kian ramai, pohon-pohon jengkol pun makin sulit ditemukan di Jakarta. Hal itu yang membuat harga jengkol kian melesat, bahkan mampu bersaing dengan harga daging.

Melansir dari berbagai sumber, jengkol juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Selain dapat mencegah anemia, jengkoljuga dapat mencegah diabetes, mencegah penyakit maag, mengatasi sembelit, juga dapat memperkuat tulang dan gigi.

Lalu, di mana warung semur jengkol enak yang ada di Jakarta dan sekitar?

1. Republik Jengkol

Para penggemar jengkol juga bisa menikmati semur jengkol di Republik Jengkol. Warung makan ini berada di Jalan Kerja Bakti, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Warung ini menyediakan kuliner serba jengkol. Mulai dari semur jengkol, nasi goreng jengkol, rendang jengkol, mi goreng jengkol, hingga jengkol sambal ijo.

2. Warkol

Warung Jengkol ini terletak di Rawamangun, Jakarta Timur, tepatnya di Jalan Balai Pustaka. Menurut akun Instagramnya, warung ini buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.

Selain berbagai menu dari jengkol, tempat ini juga menyediakan ikan bakar. Usai menikmati semur jengkol, pengunjung juga bisa kongko di tempat ini.

3. Warung Mak Dower

Warung Mak Dower yang berlokasi di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, ini juga menyediakan menu khas Betawi, salah satunya semur jengkol.

Selain olahan jengkol, warung ini juga menyediakan sayur asam, oncom leunca, ikan atau ayam goreng, petai, dan lainnya. Mereka yang rindu dengan hidangan Betawi bisa mampir ke warung ini.

4. Warung Nasi Uduk Bang Udin

Warung Nasi Bang Udin Rawa BelongTempat lain yang bisa dikunjungi untuk makan semur jengkol enak ada di warung nasi uduk Bang Udin. Alamatnya di Jalan Rawa Belong, Jakarta Barat.

Warung ini telah ada sejak 1986 lalu. Selain semur jengkol, menu favorit di warung ini adalah empal.

5. Warung Ayam Goreng Mat Lengket

Tempat ini menyediakan nasi uduk ayam kampung dan menu andalannya semur jengkol. Berlokasi di Jatinegara, Jakarta Timur, warung makan ini buka dari pukul 17.00-23.00 WIB.

6. Warung Nasi Uduk Mpok Iyoh

Mereka yang berada di Tangerang Selatan, tentu sudah banyak yang tahu warung nasi uduk Mpok Iyoh. Warung makan ini juga menyediakan semur jengkol.

Selain semur jengkol, di warung ini juga terdapat menu lain, seperti ayam goreng, tahu, tempe, dan lainnya.

Itu dia 6 Warung Makan Khas Semur Jengkol Jakarta versi MasihBaru , Punya rekomendasi lain ? Yuk share pengalamanmu dikolom komentar.