7 Arti dari Mantra Harry Potter , Mau Tau ?

7 Arti dari Mantra Harry Potter , Mau Tau ?

7 Arti dari Mantra Harry Potter , Mau Tau ?

7 Arti dari Mantra Harry Potter , Mau Tau ? – Jakarta Harry Potter merupakan novel yang kemudian diangkat menjadi film sihir terlaris sepanjang masa. Lazimnya dalam film sihir, pasti terdapat mantra-mantra yang digunakan untuk lebih memperkuat cerita.

Di dalam serial Harry Potter sendiri terdapat banyak sekali mantra yang diucapkan. J.K. Rowling selaku pengarangnya ternyata terinspirasi membuat mantra-mantra tersebut dari bahasa Latin.

Berikut ini adalah makna 7 mantra dalam serial Harry Potter, seperti dilansir dari thisisinsider.com.

1. Accio

Accio merupakan kata modifikasi yang dilakukan oleh JK Rowling dari bentuk aslinya yaitu ‘accerso’. Dalam bahasa Latin, kata ‘accerso’ dapat diartikan sebagai memanggil atau mengambil. Mantra ini digunakan untuk memanggil orang lain.

2. Confundo

Confundo merupakan mantra yang digunakan untuk membingungkan lawan. Confundo adalah konjungsi orang pertama dari kata kerja Latin ‘confundere’. Awalan dari mantra ini yaitu ‘con’ berarti bersama-sama, sedangkan akhirannya yaitu ‘fundo’ memberikan arti mencampuradukkan. Oleh karena itu, apabila digunakan secara bersama-sama, mantra ini dapat mencampuradukan pemikiran atau membingungkan lawan.

3. Crucio

Crucio berasal dari kata ‘cruciare’ yang berarti menyalib atau menyiksa. Crucio digunakan sebagai mantra penyiksa dalam serial Harry Potter. Mantra ini juga merupakan salah satu kutukan yang tidak termaafkan sehingga yang mencoba-coba menggunakannya akan dihukum mati.

Mantra Harry Potter

20161215-Buku tulisan tangan JK Rowling dilelang-London

4. Imperio

Kutukan tidak termaafkan lainnya adalah Imperio yang berfungsi untuk memerintahkan atau mengontrol penyihir lainnya. Imperio berasal dari kata ‘imperium’ yang berarti saya memerintahkan.

5. Lumos

Mantra ini berasal dari bahasa Latin yaitu ‘lumen’ yang dapat diartikan sebagai cahaya. Mantra yang acapkali digunakan oleh penghuni Hogwart tersebut berfungsi untuk menyalakan cahaya pada ujung tongkatnya.

6. Expelliarmus

Expelliarmus adalah salah satu mantra paling terkenal dalam serial Harry Potter. Mantra ini terbentuk dari dua suku kata. Bagian pertama berasal dari kata Latin ‘expellere’ yang berarti mendorong atau memaksa keluar. Sedangkan yang kedua adalah ‘arma’ diterjemahkan menjadi senjata. Dengan demikian, apabila kedua suku kata tersebut digabungkan, maka akan memberikan arti untuk memaksa keluar senjata.

7. Wingardium Leviosa

Tiap kali mendengar mantra ini barangkali membuat kita teringat dialog antara Ron Weasley dengan Harmione Grenger pada seri pertama. Mantra yang digunakan untuk menerbangkan suatu objek ini juga terdiri dari beberapa kata, seperti ‘ard’ dari ‘wingardium’ kemungkinan berasal dari bahasa Latin ‘arduus’ yang berarti curam atau tinggi. Selain itu, ‘levi’ dari ‘leviosa’ juga dapat diartikan mengangkat.