7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian – Jangan sampai terlewatkan jika kalian ke sana yah. Batam adalah kota kecil yang sibuk karena lokasinya strategis. Berada di tengah jalur pelayaran perdagangan internasional, perekonomian Kota Batam menjadi tumbuh pesat. Tidak heran jika Batam dijuluki kota industri yang maju.

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

Sektor pariwisata Kota Batam juga ikut semakin meningkat. Terbukti, kota ini tercatat sebagai ‘gerbang pintu masuk’ paling banyak nomor tiga yang dilewati wisatawan. Memiliki jarak sangat dekat dengan negara Singapura dan Malaysia, inilah salah satu faktor utamanya.

Terlepas dari jarak ke negara lain, Kota Batam memiliki berbagai macam destinasi wisata menarik loh. Mengenal sejarah, berburu barang branded, berburu kuliner seafood, hingga menikmati senja di pantai bisa kalian di sana. Yuk langsung saja kita bahas 7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian.

1. Jembatan Balerang

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

Belum sah datang ke Kota Batam jika belum berfoto di Jembatan Barelang. Jembatan yang diprakarsai oleh B.J. Habibie ini didirikan pada 1991 dan telah menjadi landmark Kota Batam.

Jembatan Barelang memiliki enam arsitektur berbeda-beda. Di setiap jembatannya pula diberi nama raja-raja yang pernah berkuasa di jaman Kerajaan Melayu Riau.

Nama Barelang adalah singkatan dari Pulau Batam, Rempang serta Galang. Tujuan dibangunnya jembatan ini untuk menghubungkan ketiga pulau itu, serta beberapa pulau kecil disekitarnya.

B.J. Habibie sebagai Ketua Otorita Batam menginginkan agar pulau di sekitar Batam ikut berkembang mengingat Kota Batam adalah kota industri. Untuk bisa mencapai jembatan pertama membutuhkan sekitar 30 menit berkendara dari Bandara Internasional Hang Nadim.

2. Ex-Camp Vietnam

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

Berlokasi di Pulau Galang, Ex-Camp Vietnam berada tidak jauh dari jembatan ke-5 Barelang. Ini merupakan sebuah ‘rumah’ bagi pengungsi Vietnam saat sedang mencari perlindungan. Tempat ini dibangun sebagai bentuk kerjasama antara pemerintah Indonesia dan PBB (United Nations), guna membantu warga Vietnam berlindung dari perang saudara pada 1979.

Menjadi tempat bersejarah membuat pemerintah Kota Batam mengelola dan menjadikannya sebagai destinasi wisata. Meskipun ada beberapa tempat sudah tampak tua, namun masih banyak spot yang bisa kalian kunjungi.

Di Ex-Camp Vietnam, kalian bisa melihat barak pengungsian, rumah skit, sekolah, kantor polisi, penjara, gereja hingga wihara. Tidak ketinggalan, terdapat replika kapal yang digunakan warga Vietnam untuk menuju Batam. Untuk bisa menikmati semua objek tersebut, kalian hanya cukup membayar kira-kira Rp 10.000 setiap orangnya.

3. Nagoya

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

Berada di jalur perdagangan internasional, Kota Batam dijuluki sebagai kawasan ‘free trade zone’. Sederhananya adalah semua barang yang masuk ke Kota Batam rata-rata tidak dikenakan biaya pajak apapun. Baik itu tas branded, semua jenis gadget, parfum hingga alat elektronik tidak dikenakan pajak sama sekali.

Salah satu pusat perbelanjaan paling ramai dikunjungi adalah Nagoya. Eits, tunggu dulu ini bukan Nagoya yang ada di Jepang ya Sahabat Dream.

Bagi kalian yang ingin mencari berbagai macam tas branded serta parfum murah, kawasan Nagoya menawarkan ratusan toko untuk dijelajahi. Ingin cari barang elektronik? Jika iya, datanglah ke Lucky Plaza yang memang dikenal sebagai pusat perbelanjaan barang elektronik.

4. Playu Laut

7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian

Batam juga memiliki berbagai macam sajian kuliner seafood. Tidak perlu khawatir soal harga, sebagian besar kuliner seafood di sini dibandrol murah. Salah satu restoran seafood paling terkenal adalah Playu Laut. Lokasinya di kawasan Tanjung Piayu, restoran ini berdiri begitu sederhana dengan rumah panggung kayu, layaknya rumah nelayan.

Meskipun sederhana, jangan pernah sekalipun meremehkan cita rasa dari sajian masakan di rumah makan ini. Cita rasa masakan olahan seafood di sini bisa kalian adu dengan masakan yang ada di restoran mahal.

Seafood yang masih segar dan ditambah beberapa bumbu rahasia membuat lidah kalian tidak bisa berhenti bergoyang. Sajian kuliner yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Playu Laut adalah Gonggong, siput laut yang menjadi makanan khas Kepulauan Riau.

5. Ocarina Park

Berada di kawasan Batam Center, Ocarina Park menjadi destinasi wisata Kota Batam selanjutnya. Pantai yang juga memiliki taman bermain seluas 40 hektar ini akan memberikan pemandangan tidak biasa pada kalian. Di Ocarina Park, kalian bisa melihat kapal ferry hilir mudik dari Batam ke Johor ataupun dari Batam ke Singapura. Ocarina Park terletak tidak jauh dari Pelabuhan Ferry International Batam Center.

Jika sudah merasa bosan, cobalah menaiki wahana bianglala besar (giant wheel) yang memang berada di taman bermain tersebut. Kalian juga bisa hanya berfoto ria menampilkan background bianglala raksasa ini. Bonusnya, para pengunjung dapat menikmati sensasi mandi busa yang diadakan setiap akhir pekan. Jadi, jangan heran jika Ocarina Park ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

6. Taman Wisata Habibie Tangga Seribu

Terletak di kawasan Sekupang, Taman Wisata Habibie Tengga Seribu menjadi objek wisata Kota Batam berikutnya. Bekas kawasan kediaman B.J. Habibie ini telah dijadikan objek wisata oleh pemerintah Kota Batam. Ketika berkunjung ke sini, kalian akan disambut rindangnya pepohonan dan terdapat saung-saung kecil tempat kalian bisa istirahat.

Keistimewaan dari taman ini adalah kalian bisa melihat keindahan laut, kapal berlayar hingga gedung pencakar langit Singapura, sebab terletak di atas bukit. Sesuai namanya, taman wisata ini juga memiliki sejumlah anak tangga. Namun, jika kalian tidak ingin pergi ke pantai, itu berarti kalian tidak akan melewati sejumlah anak tangga tersebut.

7. Pantai Tanjung Pinggir

Masih di daerah Sekupang, Kota Batam memiliki objek wisata lainnya yaitu Pantai Tanjung Pinggir. Perlu untuk diketahui, daerah Sekupang merupakan kawasan yang langsung berhadapan dengan Singapura. Dari pantai ini kalian bisa melihat pemandangan negeri Singa.

Pantai ini juga menjadi salah satu tempat piknik favorit keluarga. Jangan heran jika melihat beberapa keluarga menggelar tikar dan menyantap makanan di kawasan Pantai Tanjung Pasir. Sebaiknya jika berkunjung ke sini, kalian menyiapkan sejumlah makanan dan minuman ya Sahabat Dream. Kalian juga bisa loh melakukan aktivitas berenag di kawasan pantai ini, so jangan lupa bawa baju renang juga.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 7 Destinasi Wisata Kota Batam Menarik Perhatian yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 3 Tempat Wisata Untuk Merasakan Sensasi Seram
2. Tips Menjelajahi Keindahan Panorama Kawah Ijen Jawa Timur