7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana – Tempat wisata populer yang hancur setelah diterjang bencana. Gempa bumi dan tsunami adalah bencana alam yang tidak bisa diprediksi terjadinyaa. Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya fenomena ini. Seperti pergeseran lempeng bumi dan letusan gunung berapi.

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

Terjadinya gempa biasanya akan diawali dengan getaran atau goyangan dengan kekuatan tertentu. Sedangkan tsunami tidak selalu dipicu gempa. Tak hanya sekali, gempa susulan juga sering terjadi bahkan dengan kekuatan yang lebih besar. Begitu pula dengan tsunami yang bisa menyapu habis daratan.

Gempa bumi dan tsunami tidak hanya merusak bangunan dan jalanan tapi juga memakan korban jiwa. Di Indonesia, sendiri sudah ada banyak destinasi indah yang sempat luluh lantak akibat kejadian alam ini. Yuk langsung saja kita bahas 7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana.

1. Tanjung Lesung, Banten

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

Banten adalah salah satu lokasi yang pernah disapu tsunami pada akhir 2018. Tanjung Lesung merupakan tempat wisata di Banten yang menjadi favorit para wisatawan. Namun, tempat yang menyuguhkan pemandangan indah ini hancur seketika akibat bencana alam.

Setidaknya, ratusan orang tewas di lokasi kejadian, termasuk para aggota band Seventeen. Padahal sebelumnya ada deretan tempat menginap dan spot wisata menarik yang ada di Tanjung Lesung. Selain menikmati keindahan pantai, ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan, seperti menyelam dan memancing.

2. Pantai Anyer, Banten

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

Meski tidak dipicu gempa bumi, Pantai Anyer rusak parah setelah dihempas tsunami. Kondisi tersebut juga berdampak terhadap tingkat hunian hotel di sekitar pantai yang mengalami penurunan.

Pantai yang satu ini sebelumnya terlihat eksotis dan indah karena memiliki pasir putih bertekstur halus dan air laut berwarna biru. Surfing dan snorkeling adalah beberapa aktivitas yang disukai para wisatawan dan masyarakat sekitar.

3. Pantai Carita, Banten

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

Sejumlah bangunan yang tadinya berdiri kokoh di sepanjang bibir Pantai Carita berubah menjadi puing-puing setelah diterjang tsunami Selat Sunda. Pantai Carita adalah spot wisata di Pandeglang, Banten, yang selalu dipadati wisatawan baik lokal maupun asing.

Hamparan pasir lembut dan air laut biru berombak kecil bisa kamu lihat di tempat ini. Dari Pantai Carita, bisa terlihat anak Gunung Krakatau yang kokoh.

4. Pantai Binuangeun, Lebak

7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana

Pantai Binuangeun dikabarkan memiliki jejak tsunami pada ribuan tahun yang lalu. Hal itu diketahui setelah ditemukan batu koral berukuran besar yang terangkat ke bibir pantai oleh tsunami.

Meski tidak sepopuler pantai lainnya di kawasan yang sama, Pantai Binuangeun adalah lokasi pemancingan favorit para nelayan dan wisatawan yang hobi memancing karena terdapat pelelangan ikan terbesar di Kabupaten Lebak Selatan. Kamu sudah pernah mampir ke sana belum?

5. Pantai Talise, Palu

Gempa berkekuatan 7,4 SR yang mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengah, berdampak pada Pantai Talise. Setelah gempa, tempat ini kemudian diterjang gelombang tsunami setinggi 100 kaki.

Sebelum hancur, Pantai Talise adalah spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam. Tempat ini tak hanya disukai wisatawan asing, tapi juga penduduk asli Palu.

6. Jembatan Ponulele, Palu

Tak jauh dari Pantai Talise, ada Jembatan Ponulele yang merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia. Tempat ini terlihat sangat unik dan menarik terutama di malam hari karena disorot lampu warna-warni.

Sangat disayangkan, tempat ini hancur setelah adanya gempa dan tsunami. Selain lengkungan, bagian tiang penyangga jembatan yang menghubungkan Palu Barat dan Palu Timur ini juga rusak parah.

7. Gunung Rinjani, Lombok

Gunung Rinjani adalah salah gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Cartenz. Mata kamu akan dimanjakan dengan lanskap pemandangan yang luar biasa saat berhasil sampai di puncaknya.

Namun keindahan gunung ini seketika hilang setelah diguncang gempa berkekuatan 7 SR pada 2018 silam. Jalur utama pendakian Senaru dan Sembalun yang ada di tempat ini pun langsung ditutup pasca terjadinya gempa.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 7 Destinasi Wisata Yang Sempat Hancur Karena Bencana yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. Deretan Lukisan Bersejarah Mahakarya Pelukis Dunia Termahal DiDunia
2. 5 Penginapan Murah Di Yogyakarta, Untuk Para Traveling