7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung

7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung

7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung

7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung – Jakarta Indonesia memiliki segudang kuliner lezat yang tersebar di berbagai daerah. Salah satu daerah yang memiliki beragam kuliner adalah Jawa Barat. Ya, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang telah menjadi pusat kuliner di Indonesia.

Bagaimana tidak, melimpahnya kuliner khas Sunda ada di sana. Kalau kamu sedang berwisata atau sedang berada di sana, jangan sampai tidak mencicipi aneka makanan khas Jawa Barat. Ada banyak pilihan makanan khas Jawa Barat yang bisa kamu coba.

Berikut Liputan6.com telah rangkum makanan khas Jawa Barat yang perlu kamu cobain saat berkunjung ke sana, Jumat (1/3/2019).

Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat

1. Nasi Jamblang Daun Jati

Image result for nasi jamblang daun jati

Makanan khas Jawa Barat ini berasal dari Cirebon. Nasi jamblang daun jati ini merupakan olahan nasi biasa yang berupa nasi dan ditambahkan dengan lauk kemudian dibungkus. Uniknya, makanan ini dibungkus dengan daun jati.

Ada nilai sejarah mengapa nasi ini disajikan seperti itu. Ya, saat kerja rodi membuat warga Cirebon ikut dipekerjakan. Akhirnya warga Desa Jamblang membuat nasi dengan bungkus daun jati untuk para pekerja.

Dalam satu porsinya, nasi jamblang memang hanya menyediakan sedikit nasi. Namun ditumpuk dengan puluhan lauk, sehingga membuatnya bervariasi. Pembungkusan dengan daun jati menciptakan aroma dan rasa khas kepada nasinya. Selain itu membuat makanan tak mudah basi.

2. Sate Maranggi

Image result for sate maranggi

Makanan khas Jawa Barat dari Ciamis ini kerap ditemukan di Purwakarta. Sate maranggi ini berbeda dengan sate-sate lain. Di Purwakarta sendiri biasanya sate maranggi disajikan bersama dengan kecap manis, acar, dan sambal tomat.

3. Soto Kuning

Related image

Sesuai dengan namanya, makanan ini memiliki keunikan pada kuahnya yang berwarna kuning. Rempah yang digunakan untuk memberikan warna kuning ini adalah kunyit. Makanan khas Jawa Barat ini memiliki aroma kunyit yang ditambahkan dengan beraneka ragam daging. Mulai dari daging ayam dan sapi, limpa, hingga babat.

7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung

Seperti kebanyakan soto-soto lainnya, soto kuning juga akan terasa lebih lengkap dan lebih enak bila dimakan dengan nasi hangat. Tak lupa juga untuk menambahkan sambal untuk meng ayam dan sapi, limpa, hingga babat.

4. Tauge Goreng

Image result for tauge goreng

Penggunaan nama tauge goreng ternyata karena perebusan taugenya yang dilakukan menggunakan wajan, yang notabene digunakan sebagai alat penggorengan.

7 Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Coba Saat Berkunjung

Pada penyajiannya, tidak hanya berisikan tauge saja melainkan ada mie rebus dan tambahan potongan ketupat dalam satu porsinya. Tak lupa juga ada siraman kuah oncom yang semakin menambah cita rasa serta kenikmatan dari makanan ini.

Kuah oncom ini menggunakan bahan dasar oncom dengan tambahan tauco serta rempah lainnya. Biasanya penjualnya akan membuat kuahnya terlebih dahulu di rumah. Sedangkan untuk merebus mie dan taugenya akan dilakukan saat ada pesanan oleh pembeli.

5. Mie Kocok

Image result for mie kocok

Tak setenar mie ayam, namun popularitas makanan yang menggunakan bahan mie telur ini jangan diragukan lagi bila berkunjung ke Jawa Barat, khususnya Bandung. Merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat, mie kocok sendiri cukup banyak peminatnya baik dari warga sekitar maupun para wisatawan.

Berdasarkan cerita, kata kocok berasal dari dikocoknya mie dan tauge pada air panas sehingga nantinya akan menjadi layu dan siap disajikan. Namun kini proses pengocokan tersebut tidaklah dipakai oleh produsen-produsen mie kocok di seluruh Indonesia.

6. Rujak Kangkung

Related image

Mendengar kata rujak, pasti yang terpikirkan adalah campuran buah-buahan dengan taburan bumbu kacangnya. Namun berbanding terbalik dengan rujak kangkung ini, karena yang disajikan sebagai bahan bakunya adalah sayur kangkung, bukan buah.

Makanan khas Jawa Barat ini memang terasa nikmat sekali, apalagi buat kamu pecinta kangkung. Kuliner unik ini berasal dari Kecamatan Cibingin, Kuningan, dan dapat dengan mudah ditemui di Kuningan.

Alasan menggunakan kangkung karena mendapatkannya yang lebih mudah, dan juga karena sifatnya yang kering alias tak berair. Hal ini membuat rasa pedas pada bumbunya semakin terasa. Selain itu, yang membuatnya unik adalah dalam bumbunya ada bahan dari asam jawa, sehingga menghasilkan rasa pedas dan sensasi masam.

7. Peuyeum

Image result for Peuyeum bandung

Nah ini salah satu cemilan manis dari Jawa Barat yang sangat terkenal, yaitu peuyeum. Peuyeum merupakan singkong yang difermentasi sehingga sering juga dinamakan sebagai tape singkong. Singkong yang digunakan akan dikukus lalu ditaburi dengan ragi untuk merangsang pertumbuhan jamur pada singkong.

Makanan ini bahkan dipercaya mampu menghangatkan tubuh, sehingga sangat tepat dikonsumsi saat malam hari atau saat hawa dingin.

ItuPoker Agen Terpercaya Se Indonesia