7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah – Pasar apung menjadi salah satu ikon wisata Kota Banjarmasin yang unik. Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Ini karena letaknya di delta dua sungai besar, Barito dan Martapura. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

Banjarmasin juga masuk dalam daftar destinasi traveler. Kota ini punya banyak sekali tempat menarik untuk dikunjungi.

Kebanyakan tempat wisata di Banjarmasin ini dekat dengan sungai, bahkan ada yang mengapung. Terdapat sekitar 25 pulau kecil yang ada di Banjarmasin, seperti Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, dan lain sebagainya.

Selain terkenal dengan wisata sungai dan pasar apung-nya, masih ada banyak tempat wisata menarik yang bisa kita kunjungi saat berada di Kalimantan. Yuk langsung saja kita bahas 7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah.

1. Pasar Apung Lok Baintan

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

Terletak di pusat kota dan menjadi lokasi yang paling terkenal di Banjarmasin, Pasar Apung Lok Baitan sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar. Pasar ini tetap lestari hingga saat ini.

Pasar yang berlokasi di Kampung Sungai Pinang ini selalu ramai dengan perahu para penjual dan pembeli.

Banyak dagangan yang dijual di pasar ini, mulai sayur dan buah hasil kebun warga. Uniknya lagi, kebanyakan yang berjualan di Pasar Apung Lok Baintan adalah perempuan paruh baya yang mengenakan penutup kepala tradisional bernama Tanggui.

2. Masjid Sultan Suriansyah

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

Masjid Sultan Suriansyah terletak di hulu Sungai Kuin. Bagi penyuka wisata religi, tempat ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di Banjarmasin.

Masjid ini merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan dan sudah ada sejak 300 tahun lalu. Masjid ini dibangun oleh Sultan Suriansyah, Raja Kesultanan Banjar kala itu. Arsitektur masjid ini masih sangat kokoh dan kental dengan arsitektur pra-Islam.

Untuk bisa sampai ke masjid ini, wisatawan bisa langsung mengunjungi alamat Jalan Kuin Utara, Kuin Utara, Banjarmasin Utara.

3. Museum Wasaka

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

Di Banjarmasin, ada museum yang sangat terkenal yaitu Museum Wasaka. Museum ini menjadi pusat wisata sejarah kemerdekaan Indonesia di Banjarmasin.

Koleksi-koleksi di museum ini cukup lengkap mulai dari perjuangan Indonesia saat melawan penjajah hingga kemerdekaan.

Salah satu koleksi museum yang terkenal ialah senjata asli yang digunakan oleh para pejuang pada saat melawan penjajah di Banjarmasin dulu. Museum ini juga memiliki motto Waja Sampaika Puting yang berarti perang sampai titik darah penghabisan.

4. Menara Pengawas Sungai Martapura

7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah

Kota Banjarmasin juga memiliki bangunan ikonik yang menjadi kebanggaan warga Banjarmasin, Menara Pengawas Sungai Martapura. Bangunan ini memiliki tinggi 21 meter dengan warna bangunannya yang sangat mencolok di pinggir Sungai Martapura.

Di sekitar bangunan menara ini juga kerap digunakan oleh warga sekitar untuk menikmati waktu bersama keluarga. Di tepi sungai depan menara juga terdapat para penjual yang menjajakan dagangannya dengan menggunakan perahu khas pasar apung.

5. Pusat Kuliner Banjarmasin

Liburan tanpa menikmati wisata kuliner tentu terasa ada yang kurang. Begitu pula ketika kita berlibur ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Banjarmasin di Pusat Kuliner Jalan Jendral Sudirman No. 7, Kertak Baru Ulu, Banjarmasin Tengah yang buka 24 jam.

Pusat Kuliner ini tidak hanya menyediakan makanan khas Banjarmasin saja. Bagi wisatawan yang rindu makanan dari kampung halaman, juga bisa menemukannya di sini. Seperti Soto Makasar, Soto Betawi, Bakso dan masih banyak lagi.

Tempat wisata kuliner yang satu ini sangat cocok dinikmati saat sore atau malam hari bersama rekan. Lokasinya yang terletak di pinggir sungai, membuat suasana tempat wisata ini menjadi lebih unik dan asyik.

6. Kampung Sasirangan

Puas menjelajah Banjarmasin, saatnya berburu oleh-oleh khas Banjarmasin, bisa datang ke Kampung Wisata Sasirangan yang menjadi pusat pembuatan kain tradisional khas Kalimantan.

Kain tradisional Kalimantan sangat khas dengan warna dan teknik pembuatannya yang unik, sangat pas jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Dengan membelinya langsung dari pengrajin, harganya jauh lebih murah dibanding di toko. Harga kain per meter beragam, tergantung motifnya, mulai dari Rp85 ribu hingga Rp250 ribu. Selain bisa membeli oleh-oleh, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan desa yang unik.

7. Taman Agro Wisata PKK Banjar Bungas

Taman Agrowisata PKK Banjar Bungas sangat cocok untuk liburan keluarga. Tempat wisata dengan luas 1,5 hektar ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang asri dan juga dihuni oleh berbagai macam flora fauna yang pasti disukai oleh anak-anak.

Salah satu fauna yang terkenal ialah monyet Bekatan yang menjadi hewan ikonik Kalimantan. Sedangkan untuk flora, di taman ini terdapat salah satu jenis bunga melati yang langka. Selain bisa berlibur, wisatawan juga bisa bermain sambil belajar.

Sekian destinasi wisata yang terdapat di kota Banjarmasin. Jika kalian sedang berada di Banjarmasin atau sedang melakukan liburan di Banjarmasin, coba untuk singgah ke beberapa tempat seperti yang di atas. Di jamin deh tidak akan menyesal tentunya. Karena tempat wisata yang terletak di Banjarmasin ini begitu indah dan juga sangat menarik tentunya.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 7 Tempat Wisata Banjarmasin Yang Indah yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 7 Destinasi Wisata Menarik Di Timur Pulau Jawa
2. 17 Spot Foto Instagramable Terpopuler DiKepulauan Seribu