7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah – Menepi ke tempat yang hijau dan asri. Liburan ke Jawa Tengah, kamu bisa berkunjung ke wisata kebun teh untuk merasakan sensasi menyejukkan seperti di kawasan Puncak Bogor. Kebun teh yang berada di dataran tinggi ini memiliki udara yang sangat segar.

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah

7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah

Kebun teh ini juga sudah tersebar di berbagai kota. Mau mengunjunginya dalam waktu beberapa jam? Bisa! Selain melihat pemandangan, kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa olahan teh segar dan asli dari kebunnya. Tidak perlu jauh-jauh ke Puncak, kamu juga bisa menikmati wisata kebun teh yang ada di Jawa Tengah. Yuk langsung saja kita bahas 7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah.

1. Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning

Jika berdomisili di Surakarta dan sekitarnya, tidak ada salahnya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke wisata Kebun Teh Kemuning. Berada di Ngargoyoso, Karanganyar, kamu akan disuguhkan hamparan perkebunan teh yang luas.

Kebun teh ini berada di ketinggian 800-1,540 mdpl. Bisa dipastikan udaranya sangat sejuk dan cenderung dingin. Terletak 28 km dari Kota Solo, kamu bisa menempuhnya dalam waktu 1,5 jam dengan kendaraan pribadi.

2. Kebun Teh Nglinggo, Kulon Progo, Jogja

Kebun Teh Nglinggo, Kulon Progo, Jogja

Bisa dibilang, Kebun Teh Nglinggo adalah salah satu wisata kebun teh terbaik yang ada di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Udara segar di tengah hiruk pikuk perkotaan, membuat tempat wisata ini ramai didatangi pengunjung.

Kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kebersihannya karena warga lokal di daerah Nglinggo selalu kompak menjaga kebun ini. Menariknya, kamu bisa memetik daun teh sendiri kemudian membuat teh sangrai bersama warga.

3. Kebun Teh Tambi, Wonosobo

Kebun Teh Tambi, Wonosobo

Jangan lupa membawa baju hangat saat berada di wisata Kebun Teh Tambi kalau tidak ingin kedinginan. Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro, membuat suhu di daerah ini mencapai 16 derajat Celcius. Suhunya bisa lebih dingin lagi saat musim hujan tiba.

Kamu bisa mengadakan acara gathering dan outbond di sini karena areanya yang luas. Untuk masuk ke kebun teh yang cukup tua ini, cukup membayar Rp 30 ribu per orangnya. Kamu juga bisa berkeliling ke pabrik teh sampai puas.

4. Kebun Teh Semugih, Pemalang

Kebun Teh Semugih, Pemalang

Mirip dengan wisata Kebun Teh Puncak. Semugih juga menyuguhkan keindahan yang tidak bisa ditolak. Lokasinya berada di daerah kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Banyumudah, Kabupaten Pemalang, sehingga memiliki udara yang sejuk.

Pengunjung bisa hiking sampai ke atas atau bersepeda sambil menikmati pemandangan kebun teh yang terhampar luas. Kalau ingin menjelajahi tiap jengkalnya, kamu bisa memakai jasa guide yang akan mengantarkanmu berkeliling ke kebun dan beberapa pabrik.

5. Kebun Teh Madini, Kendal

Kebun Teh Madini, Kendal

Kamu bisa mampir ke perkebunan Teh Madini yang berada di daerah Kendal saat berada di utara Jawa Tengah. Tempat wisata ini cukup dekat dengan Kota Batang dan bisa ditempuh hanya dengan waktu 2 jam jika melalui jalur darat.

Selain melihat keindahan kebun yang menyegarkan mata, kamu juga bisa menjelajahi tempat wisata lainnya seperti goa Jepang, sumber mata air panas, dan air terjun. Karena jalur menuju ke tempat ini cukup terjal, kamu harus berhati-hati agar tidak tergelincir.

6. Kebun Teh, Agrowisata Pagilaran

Kebun Teh, Agrowisata Pagilaran

Bergeser sedikit ke daerah Batang, kamu bisa menikmati indahnya wisata kebun teh di Agrowisata Pagilaran. Terletak di Kabupaten Batang, agrowisata ini menyedikakan berbagai spot menarik seperti kebun teh, tempat outbond, dan villa.

Untuk acara besar, kamu juga bisa memilih paket yang menawarkan wisata berupa Tea Factory, Tea Walk, dan outbond. Jika berasal dari luar kota, bisa sekalian menginap di villa atau homestay dengan melakukan reservasi terlebih dahulu.

7. Kebun Teh Kaligua, Brebes

Kebun Teh Kaligua, Brebes

Tidak hanya telur asinnya yang terkenal, di Brebes juga ada wisata Kebun Teh Kaligua yang tersohor. Kamu bisa menikmati keindahan kebun teh ini saat berlibur ke kawasan agrowisata Kaligua yang luasnya sekitar 500 hektar.

Sebagian kawasan agrowisata digunakan untuk kebun stroberi dan sayuran, sehingga kamu bisa sekalian mampir ke sana. Selain kebun, di tempat ini juga ada berbagai wahana permainan seru seperti ATV, flying fox, ataupun arena berkuda.

Serunya mengunjungi wisata kebun teh, kita bisa melihat pemandangan yang menyegarkan sekaligus menikmati udara sejuknya. Jangan lupa pakai pakaian hangat kalau nggak mau kedinginan saat berada di sana. Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 7 Wisata Kebun Teh di Jawa Tengah yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 7 Wisata Pantai di Trenggalek Yang Indah
2. 7 Tempat Wisata di Belitung Ini Wajib Kamu Kunjungi

ItuPoker Agent Terpercaya Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *