8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta – Mencari wisata seni dan budaya? Datanglah ke Yogyakarta. Yogyakarta, sebuah kota yang memiliki bejibun wisata seni dan budaya. Seperti tidak pernah sepi pengunjung, orang-orang selalu ingin kembali ke kota ini setelah pernah sekali mengunjunginya. Mulai dari perantau yang bekerja, menuntut ilmu hingga pelancong yang datang dari berbagai penjuru tanah air dan dunia.

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

Segala jenis atraksi yang kamu inginkan bisa kamu temui di sini. Wisata alam berlimpah ruah di kabupatennya. Sementara kotanya pun penuh dengan atraksi budaya yang memukau.

Berikut ini ada beberapa list wisata seni dan budaya di Yogyakarta. Tempat ini bakal menjadi surga bagi pelancong yang hendak menyelami sejarah dan budaya Jawa. Yuk langsung saja kita bahas 8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta.

1. Keraton Yogyakarta

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

Salah satu tempat di daftar wisata seni dan budaya di Yogyakarta yang tak boleh kamu lewatkan jika ke kota ini adalah Keraton Yogyakarta Hadiningrat. Hanya dengan retribusi tiket masuk yang murah meriah, kamu sudah bisa menjelajah beberapa wilayah esensial di Keraton tersebut.

Mulai dari joglo, beberapa museum dan ruangan bersejarah lainnya semua bisa kamu lihat. Bagi yang belum pernah ke Jogja, tempat ini harus masuk daftar wisata seni dan budaya Yogyakarta pertama yang harus dihampiri sebelum ke tempat lain.

2. Sendratari Ramayana Candi Prambanan

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

Candi Prambanan boleh jadi tujuan daftar wisata seni dan budaya Yogyakarta berikutnya. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota dan bisa kamu jangkau dengan angkutan umum. Selain pemandangan candi yang berjejer bagai berjumlah ribuan, pengelola Candi Prambanan juga sering mengadakan pertunjukan sendratari Ramayana di malam hari.

Jika masih punya waktu, kamu juga bisa mencoba mengunjungi beberapa candi di sekitar Prambanan seperti Candi Ijo. Tempat ini biasanya jadi spot favorit wisatawan yang hendak menikmati matahari terbit.

3. Omah UGM Kotagede

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

Kotagede juga baru-baru ini masuk dalam daftar wisata seni dan budaya di Yogyakarta. Ini karena mulai banyak orang yang melihat bahwa rumah lawas di kawasan ini sangat instagenic. Di sana, kamu juga bisa menemukan sebuah rumah cagar budaya yang bernama Omah UGM.

Dulunya, rumah lawas ini terlihat seram dan suram karena hampir terbengkalai. Hingga akhirnya dipugar kembali oleh sebuah institusi perguruan tinggi dan mengubahnya menjadi wisata seni dan budaya di Yogyakarta seperti sekarang.

4. Masjid Gedhe Kauman

8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta

Jika kamu berkunjung ke Yogyakarta, Alun-alun adalah kawasan yang wajib didatangi. Sebagai panduan, ada dua Alun-alun di kawasan Keraton, yaitu Selatan dan Utara. Alun-alun Selatan dijadikan tempat hiburan dan kuliner yang tumpah ruah. Cocok jika memang hendak berwisata kuliner.

Alun-alun Utara sendiri menjadi pusat sejarah dan budaya. Kamu bisa menemukan beberapa spot menarik, salah satunya Masjid Gedhe Kauman. Ini adalah masjid berdesain arsitektur Jawa yang dilestarikan hingga kini. Jika mau berjalan-jalan di sekitar area Jeron Beteng, ada kemungkinan kamu menemukan masjid kuno lain.

5. Museum Sonobudoyo

Masih di kawasan Alun-alun Utara, kamu bisa menemukan sebuah museum budaya yang bernama Museum Sonobudoyo. Museum ini dikelola oleh pemerintah provinsi D.I. Yogyakarta dan kini sudah mengikuti zaman.

Desain dan kemasannya dibuat lebih modern sehingga bisa menarik minat anak muda dan wisatawan yang hendak mempelajari sejarah Jogja lebih seksama. Sebuah daftar wisata seni dan budaya Yogyakarta yang menarik, bukan?

6. Makam Raja-Raja Imogiri

Meski terdengar menyeramkan, Makam Imogiri menjadi daya tarik tersendiri karena dipercaya sebagai makam bersejarah yang keramat. Saat ke sini, kamu harus mematuhi beberapa aturan yang cukup ketat, termasuk alas kaki dan kostum.

Kostum adat yang harus dipakai sudah disediakan pihak pengelola. Jika ingin merasakan wisata seni dan budaya di Yogyakarta yang beda dari biasanya, boleh Makam Imogiri kamu masukan dalam list.

7. Museum Affandi

Yogyakarta punya beberapa museum yang pasti akan memanjakan para wisatawan seni dan budaya. Salah satu yang terkenal adalah Museum Affandi yang terletak tak jauh dari Jembatan Janti. Di sini, kamu bisa menikmati koleksi karya pelukis tersohor Indonesia, Affandi. Desain bangunannya pun sangat unik dan artsy.

8. Museum Ullen Sentalu

Museum lain yang tak boleh ketinggalan jika kamu hendak melakukan daftar wisata seni dan budaya Yogyakarta adalah Museum Ullen Sentalu. Museum ini menyimpan beberapa kain batik langka.

Museum yang terletak di lereng Merapi ini juga punya peraturan yang cukup ketat bagi pengunjung. Beberapa di antaranya harus bersikap sopan, dilarang menyentuh kain dan dilarang mengoperasikan gawai untuk memotret atau merekam saat tour berlangsung.

Sebelum ke Jogja, pastikan untuk memasukan beberapa destinasi wisata seni dan budaya di atas. Ini bertujuan agar liburan tak hanya menghibur, tetapi bisa menambah wawasan. Selamat menjelajah bareng orang yang tersayang.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 8 Destinasi Wisata Seni Dan Budaya Di Yogyakarta yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 6 Destinasi Pantai Belitung Yang Indah
2. Wisata Alam Pegunungan Paling Indah Di Indonesia