8 Kuliner Jakarta Legendaris dan Jadi Idola

8 Kuliner Jakarta Legendaris dan Jadi Idola

8 Kuliner Jakarta Legendaris dan Jadi Idola

Halo kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , Kali ini mimin akan membagikan info 8 Kuliner Jakarta Legendaris dan Jadi Idola kepada kalian semua guys. Jakarta memang banyak menyimpan makanan – makanan Legendaris dari jaman dulu sampai sekarang , Bicara soal Makanan mimin punya info nih untuk kalian yang ingin mencoba makanan Legendaris di Jakarta yang rasanya enak banget dan pasti bikin kamu mau makan lagi. Kabarnya tempat makan ini selalu ramai meskipun sudah buka puluhan tahun silam loh , Penasaran apa saja sih ? Simak info yang sudah mimin rangkum dibawah ini

1. Gado-gado Bonbin

kuliner betawi

Ada begitu banyak tempat yang menjual gado-gado di Jakarta. Namun, salah satu gado-gado yang menjadi kuliner legendaris Jakarta adalah Gado-gado Bonbin. Terletak di Jakarta Pusat, gado-gado yang buka pukul 10:00 – 17:00 ini cocok banget untuk brunch atau makan siang. Porsi gado-gado di sini tidak terlalu besar. Akan tetapi, cita rasa gado-gadonya benar-benar nendang banget. Bumbu kacangnya tidak terlalu halus dan tidak terlalu kasar, serta rasanya juga manis dan gurih. Selain gado-gado, tempat makan sederhana ini juga menjual asinan dan mie ayam. Kunjungi Gado-gado Bonbin di Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

2. Bakmi Gang Kelinci

Image result for bakmi gang kelinci

 

Ingat lagu Gang Kelinci yang dinyanyikan oleh Lilis Suryani? Anda yang tumbuh besar di tahun 70-80’an pasti familiar banget dengan lagu tersebut. Faktanya, di Jakarta memang terdapat sebuah jalan bernama Kelinci Raya. Di jalan tersebut ada sebuah kuliner legendaris Jakarta bernama Bakmi Gang Kelinci.

Rumah makan bakmi ini sudah buka sejak tahun 1957 dan tetap bertahan hingga saat ini. Bukan sekedar bertahan, rumah makan ini juga tetap memiliki banyak pengunjung, termasuk milenial yang mendengar kelezatan bakmi di sini dari orang tua atau kerabatnya. Bakmi Ayam Kriting, Bakmi Pangsit Goreng, dan Bakmi Goreng Spesial di rumah makan ini lezatnya benar-benar bikin ketagihan. Meskipun harganya pricey, tapi toh Bakmi Gang Kelinci tetap dicari oleh banyak orang. Alamat Bakmi Gang Kelinci yang asli ada di Jalan Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

3. Asinan Betawi H. Mansyur

kuliner betawi

Jangan ngaku pecinta asinan kalau Anda belum pernah mampir ke Asinan Betawi H. Mansyur. Rumah makan ini memang khusus menjual menu asinan khas betawi. Asinan di sini rasanya sangat segar dan tidak terlalu asam, sehingga terasa pas di lidah kita.

Beberapa jenis sayuran segar disajikan di piring, lalu disiram dengan kuah bumbu kacang yang legi dan segar. Selain itu, asinan yang Anda pesan juga ditambahkan dengan kerupuk dan kacang tanah. Hmm.. So yummy! Lokasi Asinan Betawi H. Mansyur ada di Jalan Taman Kamboja No.10, RT.III/RW.11, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

4. Soto Betawi H. Ma’ruf

Image result for soto betawi h maruf

Ini dia kuliner legendaris Jakarta yang sudah buka sejak zaman penjajahan, lho! Soto Betawi H. Ma’ruf sudah mulai berjualan sejak tahun 1940. Anda pun pasti belum lahir di tahun tersebut, bukan? Perjuangan H. Ma’ruf dalam berjualan soto betawi yang sukses seperti saat ini ternyata tidak mudah. Di tahun 1970, beliau sempat berjualan dengan cara memikul dagangannya.

Saat ini, rumah makan Soto Betawi H. Ma’ruf sudah memiliki banyak pelanggan. Apalagi ada banyak pejabat dan selebiriti yang sering mampir untuk makan soto dan sate betawi di tempat ini. Soto Betawi H. Ma’ruf berlokasi di Komplek Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No. 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

5. Laksa Betawi Assirot

kuliner betawi

Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1978. Laksa Assirot ini masih bertahan dengan cita rasa yang melegelenda alias otentik. Warungnya agak tersembunyi tapi menu laksanya luar biasanya. Kita bisa mencicipi laksa dengan kuah santan, udang rebon, kucai, tauge dan kemangi. Jangan lupa beri lauk seperti tempe, tahu, kentang, daging, atau telur agar hidangan makin lezat. Jangan lupa cicipi juga menu ketupat sayur dengan semur jengkol khas kuliner Betawi agar makin sempurna.

Seporsi laksa dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20 ribu. Alamatnya berada di Jalan Assirot No.1, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

6. Sayur Asem Meruya

kuliner betawi

Ke Jakarta tidak lengkap jika belum mecicipi sayur asem Merayu yang sudah ada sejak tahun 1970 an. Sayur asem ini memiliki kuah beninig dengan caai merha yang dipoting atau dgerus kasar.

Untuk lauknya kita bisa memilih sendiri mulai dari ikan asin, ikan goreng, tempe, tahu, udang, atau osengan kacang. Harga yang dipatok mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 11 ribu. Jangan lupa juga coba bakwan udang dan orak-otak saat ke sini karena rasanya benar-benar lezat.

Lokasinya berada di Jalan Meruya Selatan, Meruya, Jakarta Barat

7. Nasi Uduk Gondangdia

kuliner betawi

Nasi uduk adalah kuliner khas Betawi yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi saat ke Jakarta. Salah satu rumah makan legendis yang wajib dicicipi adalah Nasi Uduk Gondangdia.

Di sini kita bisa mencicipi nasi uduk yang dibungkus daun pisang dan telah dimasak dengan bumbu yang gurih dan taburan bawang goreng bersama dengan lauk pauk seperti ayam bakar, ayam goreng, bebek goreng, petai, dan lalapan. Rasa nasi uduk di sini masih otentik, jadi coba rasakan nasi uduk asli.

Lokasinya ada di Jalan Cikini 4, Jakarta.

8. Soto Betawi H Mamat

kuliner betawi

Rumah makan ini sangat terkenal di BSD Serpong. Di sini kita bisa memesan soto betawi yang rasanya lezat, sop daging, hingga oseng-oseng daging dengan porsi yang besar. Dagingnya empuk dan kuahnya benar-benar gurih.

Selain di Serpong, Soto Betawi H Mamat juga membuka cabang di Tangerang dan Jakarta Barat. Jika kebetulan ke Jakarta, jangan sampai lupa nikmati soto betawi di kedai ini.

Lokasinya berada di Jalan Raya Serpong, tepatnya dekat BCA atau seberang dealer Suzuki BSD.

Nah gimana guys referensi 8 Kuliner Jakarta Legendaris dan Jadi Idola dari mimin , sudah ada tempat yang pernah kamu coba ? Atau kamu punya referensi lain yang gak kalah enak ? Yuk berbagi informasi di kolom komentar.