8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran

8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran

8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran – Tempat wisata lebaran di Solo ini recommended banget. Buat yang mudik ke tanah Jawa, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata Lebaran di Solo. Salah satu kota besar di Jawa Tengah ini menyimpan keindahan yang tidak ada di tempat lain. Di sini juga ada keraton seperti Yogyakarta dengan ciri khasnya sendiri.

8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran

8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran

Solo yang merupakan bagian dari keresidenan Surakarta adalah kota besar yang menyimpan banyak peninggalan budaya. Banyak museum dan bangunan bersejarah yang bisa kamu kunjungi saat berada di sana. Yang paling penting, di sini kamu bisa belanja batik sepuasnya karena harganya sangat murah.

Berikut rekomendasi tempat wisata Lebaran di Solo yang akan membuat hari liburmu seru dan menyenangkan. Suasananya yang nyaman membuat pelancong pasti betah berada di kota ini. Yuk langsung saja kita bahas 8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran.

1. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu

Para pecinta barang antik pastik senang banget saat berkunjung ke Pasar Triwindu. Tempat jual beli barang-barang tempo dulu ini sudah ada sejak 1919. Seperti tidak lekang oleh waktu, banyaknya kolektor barang antik semakin banyak jumlahnya.

Selain kolektor, banyak calon pengantin dan vendor yang berburu uang jadul untuk mahal. Biasanya, mereka yang membayar mahar sesuai tanggal pernikahan mencari pecahan rupiah dengan nominal kecil di sini. Harganya pun beragam mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Pasar Triwindu cocok dijadikan salah satu tempat wisata Lebaran di Solo. Kamu disuguhkan pemandangan menarik sekaligus bisa berburu koleksi langka. Banyak juga yang menyempatkan untuk datang ke tempat ini hanya untuk berfoto atau sekadar melihat-lihat.

2. The Heritage Palace

The Heritage Palace

Siapa sangka bangunan bekas pabrik gula Gembongan ini bisa disulap jadi tempat wisata yang menakjubkan. The Heritage Palace kini jadi destinasi favorit warga Solo dan sekitarnya. Meski masih baru, tapi setiap hari tempat ini selalu ramai pengunjung yang ingin melihat-lihat sambil berfoto.

Dengan nuansa Eropa klasik yang sangat kental, The Heritage Palace cocok dijadikan tempat wisata Lebaran di Solo terbaru. Kamu seakan berada di suasana Romawi tempo dulu yang dikelilingi bangunan megah. Selain itu, deretan mobil antik yang berjajar di bagian depan juga semakin membuat tempat ini jadi unik.

Tempat wisata ini buka setiap hari. Buka pada pukul 8 dan tutup pukul 18. Namun setiap Sabtu dan Minggu, tempat wisata ini akan tetap buka hingga pukul 21. Harga tiketnya cukup terjangkau, yaitu Rp55 ribu per orang sudah termasuk tiket Museum 3D Trick Art.

3. Agrowisata Sondokoro

Agrowisata Sondokoro

Ingin bertemu dengan Teletubbies yang menggemaskan? Kamu bisa mampir ke Agrowisata Sondokoro di Solo. Meski namanya terlihat tua dan membosankan, tapi tempat wisata ini sangat keren dengan berbagai wahana menarik.

Tempat ini bisa jadi pilihan wisata lebaran di Solo yang sangat family friendly. Kamu bisa mengajak semua anggota keluarga termasuk anak kecil dan orangtua. Ada banyak wahana seru termasuk taman teletubbies yang jadi favorit pengunjung.

Kamu juga bisa melakukan terapi ikan, flying fox, pijat refleksi, berenang dan juga menikmati kuliner lezat. Suasana alamnya juga sejuk dengan pepohonan rindang yang bikin pengunjung betah. Agrowisata Sondokoro ini buka pada pukul 8-17 WIB.

4. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat

Ke Solo kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta. Istana yang sudah ada sejak zaman dulu ini masih aktif digunakan untuk tempat tinggal Sri Sultan dan keluarganya. Di sini juga ada museum serta benda peninggalan kerajaan yang masih dijaga dengan baik.

Kamu bisa belajar sejarah sekaligus melihat kemegahan kerajaan tempo dulu. Ada banyak artefak dan alat musik yang digunakan oleh orang zaman dulu. Keraton ini dibangun pada 1744 dan jadi cikal bakal Kota Solo. Di momen tertentu tempat ini juga dijadikan lokasi kegiatan khusus seperti grebeg.

5. Pandawa Water World

Pandawa Water World

Pandawa Water World adalah wahana Lebaran di Solo yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Kolam renang dengan berbagai fasilitas ini terletak di perbatasan Surakarta dan Sukoharjo. Kamu bisa bermain sepuasnya di atas seluncuran yang meliuk-liuk atau berenang santai di kolam.

Tempat wisata ini buka setiap hari kecuali Selasa. Kamu bisa datang sejak pagi karena sudah bisa masuk pada pukul 7 pagi. Namun, untuk taman bermainnya baru buka pada pukul 12. Jadi, kamu bisa berenang dulu baru menikmati wahana yang ada di sana.

Ada setidaknya 27 wahana air yang menarik seperti wave pool, warm spa, action river dan lain sebagainya. Tiket masuknya nggak terlalu mahal, setiap orang dewasa dibanderol harga Rp80 ribu saja. Menariknya, ada promo gratis khusus buat kamu yang ulang tahun pada hari itu.

6. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Setelah puas berkeliling sempatkan mampir ke tempat wisata Lebaran di Solo yang penuh dengan batik. Kampung Batik Kauman adalah sentra pembuatan dan penjualan batik yang terkenal murah. Lokasinya berada di kompleks kota tua tepatnya di daerah Pasar Kliwon.

Di sini, kamu bisa menemukan pengrajin batik dan toko kain di sepanjang jalan. Dulu, Kampung Batik Kauman dijadikan pusat pembuatan batik untuk keluarga keraton. Namun, seiring perkembangan zaman kini orang biasa dan turis bisa membeli batik motif keraton ini.

7. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg

Solo dan Jogja tata kotanya memang hampir mirip. Jika di Jogja ada Benteng Vredeburg, di Solo terdapat Benteng Vastenburg. Keduanya sama-sama berada di dekat Keraton. Mungkin memang benteng ini dulunya difungsikan sebagai pelindung keraton dari serangan musuh atau justru dijadikan tempat memata-matai oleh Belanda.

Bangunan ini dibangun sejak 1745 di bawah perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Pada masa pemerintahannya benteng ini jadi pusat kontrol pemerintahan Keraton Surakarta. Tapi, akhirnya beralih fungsi jadi monumen bersejarah.

Banyak komunitas yang melakukan kegiatan di tempat ini. Pengunjung juga sering datang untuk mengambil foto di antara puing-puing bangunan.

8. Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Taman Hiburan Rakyat Sriwedari

Kalau mencari yang murah meriah, kamu bisa datang ke Taman Hiburan Rakyat (THR) Sriwedari. Di sini ada banyak hiburan yang disuguhkan oleh para seniman dan pengelola. Setidaknya ada 16 wahana yang cocok untuk keluarga.

Kamu bisa melihat pertunjukan di panggung hiburan, mini waterpark, dan menikmati makanan di kafe. Susananya juga sangat menyenangkan dengan orang-orang yang duduk santai di bawah pohon. Pasti kamu akan betah jika berada di sini.

8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran di atas worth banget untuk dikunjungi. Nuansa budaya yang sangat kental membuatmu seperti di Jawa tempo dulu. Pastikan juga kamu mencoba kuliner Solo yang terkenal lezat dan bikin ketagihan.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 8 Tempat Wisata di Solo Untuk Lebaran yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran
2. 10 Tempat Wisata Bandung Untuk Lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *