8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling – Tips jaga kesehatan saat sedang traveling. Traveling ke tempat tujuan yang sudah masuk wishlist, pasti jadi impian semua orang. Kita akhirnya bisa melepas penat setelah disibukkan dengan rutinitas sehari-hari. Meski begitu, kesehatan tetap harus diutamakan.

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

Sayangnya, banyak orang yang sering melupakan hal itu karena terlalu larut dalam euforia traveling. Alhasil, tubuh malah drop dan berujung sakit. Momen liburan pun jadi kacau.

Tubuh harus senantiasa sehat agar rencana traveling kamu bisa berjalan lancar. Ada sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan saat traveling. Berikut tips lengkapnya, guys. Yuk langsung saja kita bahas 8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling.

1. Kenali Tubuhmu

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

Saat traveling, tubuh jadi lebih rentan terkena penyakit karena harus menghadapi perubahan iklim dan cuaca. Daya tahan tubuh pun jadi mudah menurun. Alhasil, risiko terinfeksi virus atau bakteri juga akan meningkat.

Untuk itu, kamu harus bisa mengenali tubuhmu dengan baik. Jangan paksakan diri untuk traveling ke tempat yang memiliki ancaman berbagai jenis penyakit berbahaya, seperti ebola dan malaria.

Sebisa mungkin, pergilah ke tempat yang aman. Terutama yang dinyatakan sehat oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) seperti Italia, Islandia, Swiss, Singapura dan Australia.

2. Hindari Orang Sakit

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

Tubuh akan mudah terkena penyakit saat sedang di perjalanan. Terutama ketika ada di dalam pesawat, kereta atau bus. Hal ini bisa terjadi karena kamu akan berpapasan dengan banyak orang yang kondisi tubuhnya berbeda-beda. Beruntunglah kamu apabila bisa duduk di samping orang yang dalam keadaan sehat.

Apabila harus bersebelahan dengan penumpang lain yang sedang sakit, maka kamu bisa menjaga kesehatan dengan sering mencuci tangan menggunakan air bersih atau cairan pencuci tangan. Selain itu, sedia juga tisu basah di dalam tas. Selalu utamakan kebersihan saat berada di dalam transportasi umum.

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi Dengan Baik

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

Tubuh harus terhidrasi dengan baik selama traveling. Untuk itu, pastikan rutin minum air putih dalam jumlah yang cukup. Jangan ragu untuk membawa botol minum sendiri dari rumah. Gunakan botol yang bentuknya efisien dan tidak mudah tumpah.

Hindari minuman beralkohol dan minuman kemasan yang rasanya terlalu manis. Selain bisa membuat kamu susah tidur, dua jenis minuman ini juga mengandung kalori tinggi serta membuatmu mudah merasa haus.

4. Istirahat Yang Cukup

8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling

Bepergian ke tempat yang jauh dengan membawa banyak barang tentunya akan sangat melelahkan. Untuk itu meski sedang asyik traveling, kamu tetap harus istirahat yang cukup.

Jangan sampai begadang karena selain berbahaya bagi kesehatan. Hal ini juga akan membuat tubuh rentan terkena berbagai jenis penyakit. Tidur yang nyenyak di malam hari selama 8 jam dan 30 menit di siang hari bisa memulihkan fungsi tubuh serta membantu meringankan pikiran.

5. Sediakan Waktu Untuk Olahraga

Apabila ada fasilitas gym dan kolam renang di tempat menginap, jangan lewatkan kesempatan untuk berolahraga meski hanya sebentar. Kamu juga bisa bersepeda atau mendaki gunung. Yoga atau sekedar melakukan gerakan peregangan tubuh juga bisa kamu lakukan. Pastikan tubuh tetap aktif bergerak selama traveling. Dengan begitu, tubuh akan tetap sehat.

6. Makan Makanan Bergizi

Jangan mentang-mentang sedang traveling, kamu jadi bebas makan junk food. Kamu tetap harus makan makanan yang sehat dan bergizi. Perbanyak asupan sayur dan buah. Pilih menu yang sehat tapi mengenyangkan, sepeti sandwich atau salad.

Sebisa mungkin jangan sampai kamu melewatkan sarapan. Isi perutmu di pagi hari dengan sereal atau buah sebelum melakukan aktivitas agar tubuh kuat dan tidak mudah lelah.

7. Bawa Obat-Obatan

Meski pergi dalam keadaan sehat, tetap sedia obat-obatan dan perlengkapan P3K di dalam tas kecil. Apabila perlu, kamu bisa menemui dokter sebelum bepergian untuk sekedar konsultasi atau melakukan vaksin tertentu. Selain itu, bawa lotion anti nyamuk dan serangga untuk melindungi kulit selama traveling.

8. Sedia Jaket Dan Kacamata

Jaket dan kacamata adalah dua benda yang wajib kamu bawa saat traveling terutama apabila kamu pergi ke tempat yang bersuhu dingin atau panas. Selain bisa melindungi tubuh dan kulit, keduanya juga bisa jadi aksesoris. Bawa juga benda pelindung lainya seperti selendang, topi atau scarf.

Selain barang bawaan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Deretan tips tadi bisa kamu lakukan agar tetap fit dan terhindar dari penyakit selama traveling. Terutama apabila berencana pergi ke tempat yang jaraknya cukup jauh dan memiliki 4 musim. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa harus khawatir soal kesehatan.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 8 Tips Agar Memiliki Tubuh Yang Tetap Sehat Saat Traveling yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 10 Tempat Warisan Dunia Di Indonesia Versi UNESCO
2. Tempat Wisata Yang Romantis Di Belanda