9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran

9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran

9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran – Pantai bisa jadi pilihan libur Lebaran. Rencananya, libur Lebaran tahun ini mau ke mana nih? Berdasarkan keputusan pemerintah, tahun ini total libur Lebaran bisa mencapai 11 hari. Jumlah hari libur tersebut sangat cukup untuk mudik ke kampung halaman, silaturahmi dan menyempatkan untuk liburan bersama.

9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran

9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran

Kamu yang berada di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, bisa menghabiskan waktu di wisata pantai. Provinsi yang berada di Jawa bagian selatan ini memiliki ratusan pantai yang indah. Karakteristiknya beda, kamu nggak akan bosan saat mampir ke berbagai pantai yang ada.

Di bawah ini adalah deretan pantai di Yogyakarta yang recommended untuk menghabiskan libur Lebaran. Lokasinya nggak terlalu jauh dari pusat kota, kok. Hanya sekitar 1 sampai 2 jam jika mengendarai kendaraan pribadi. Yuk langsung saja kita bahas 9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis jadi langganan wisata pantai libur Lebaran. Pada hari biasa, pantai ini memang sering dikunjungi turis dari luar kota Jogja. Selain lokasinya yang mudah dijangkau, Parangtritis juga punya pemandangan indah.

Kamu akan disuguhkan hamparan pasir luas dan ombak yang bergulung indah. Pada sore hari, pemandangan matahari terbenamnya juga sangat indah dan bisa menghipnotis para pengunjung. Kamu yang suka berburu senja, wajib juga mampir ke sini.

Di Parangtritis, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan. Salah satu yang jadi favorit turis adalah naik andong di sepanjang pantai. Andong atau kereta kuda ini akan menyusuri bibir pantai dari ujung ke ujung.

2. Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Jika mencari pantai berpasir putih kecoklatan, Pok Tunggal jawabannya. Di pantai ini terhampar pasir putih yang luas. Kamu bisa menjadikannya sebagai tempat wisata pantai libur Lebaran. Air lautnya jernih dan tenang, kamu bisa bebas bermain air tanpa perlu khawatir.

Ciri khas dari pantai ini adalah adanya pohon duras di sepanjang pantai. Hal ini membuat susana jadi lebih adem dan rindang. Pantai ini termasuk sepi karena tidak banyak orang yang datang berkunjung. Yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam atau camping di bibir pantainyalah yang akan datang ke sini.

3. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor menyuguhkan wisata yang berbeda dari pantai lainnya di Jogja. Di sini, pengunjung bisa melakukan kegiatan snorkeling sambil melihat ikan di laut. Libur Lebaran pasti akan lebih menyenangkan jika kamu datang ke pantai ini bersama keluarga.

Lokasinya berada di Gunungkidul, cuma butuh waktu sekitar 2 jam perjalanannya dari pusat kota. Tapi, kamu nggak akan kecewa karena pemandangan di pantainya yang indah. Air lautnya yang jernih membuat karang, ikan dan rumput laut bisa dilihat dengan jelas.

Biar lebih seru, kamu bisa menyewa alat snorkeling seharga Rp50 ribu dan berenang di lautan. Jika tidak bisa berenang, kamu juga masih bisa snorkeling dengan menyewa pelampung. Pantai ini berada di teluk yang ombaknya nggak mengkhawatirkan.

4. Pantai Depok

Pantai Depok

Nggak jauh dari Pantai Parangtritis, kamu bisa menemukan Pantai Depok. Pantai ini terkenal dengan kulinernya yang lezat. Kamu bisa
membeli ikan di pasar ikan dan minta dimasakkan di kedai yang ada. Haragnya cukup terjangkau dan rasanya tentu nggak perlu diragukan lagi.

Selain menikmati ikan laut segar, kamu juga bisa berjalan-jalan di pinggir pantai. Pemandangannya tidak sebagus pantai di Gunungkidul, tapi suasananya masih tetap terasa syahdu. Kamu juga bisa naik ATV yang ada di pinggir pantai dengan membayar sekitar Rp30 ribu saja.

5. Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah Indah

Berbeda dengan pantai lainnya, di sini kamu tidak akan menemukan hamparan pasir di bibir pantai. Pantai Glagah Indah yang terletak di Desa Glagah, Kulon Progo ini dilengkapi denga pemecah ombak karena ombaknya yang cukup besar.

Keberadaan pemecah ombak ini ditujukan untuk mengurangi risiko abrasi karena air laut. Namun, deretan pemecah ombak inilah yang jadi daya tarik pantai Glagah. Kamu bisa duduk santai di antara bebatuan sekaligus berburu foto senja. Untuk menuju ke mari, kamu hanya perlu menempuh perjalanan darat selama 1 jam dari Kota Jogja.

6. Pantai Timang

Pantai Timang

Jika ingin sesuatu yang menantang pada libur Lebaran kali ini kamu bisa mampir ke Pantai Timang. Wisata pantai libur Lebaran ini terkenal karena memiliki wahana ekstrem yang bisa memacu adrenalin. Di sini juga terdapat kereta gantung yang biasanya digunakan oleh pencari lobster.

Kereta gantung tradisional ini akan menghubungkan bibir pantai dengan batu karang besar yang merupakan habitat lobster berukuran besar. Sekarang, jembatan gantung ini jadi salah satu wahana menarik yang bisa dinaiki pengunjung.

7. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran

Pantai Ngobran termasuk unik karena memiliki pura di atas bukit. Selain itu, ada juga patung dewa berwarna putih yang bikin pemandangan alam di sana semakin eksotis. Pada hari tertentu, pantai ini ramai dikunjungi umat Hindu yang akan ibadah di pura.

Lokasi dari wisata pantai libur Lebaran ini berada di Gunung Kidul menuju arah Wonosari. Jika sedang beruntung, kamu bisa melihat rumput laut saat air sedang surut. Momen ini juga digunakan warga untuk berburu ikan dan landak untuk konsumsi pribadi.

8. Pantai Drini

Pantai Drini

Wisata pantai libur Lebaran lainnya yang bisa dikunjungi adalah Pantai Drini. Terletak di antara dua teluk, pantai ini sekilas tampak seperti Tanah Lot di Bali. Di sini juga ada pura di atas karang layaknya Tanah Lot.

Pantainya juga bersih dan nyaman dinikmati bersama keluarga. Jika ingin berkeliling tebing besar, kamu bisa naik perahu nelayan yang ada di pinggir pantai. Jika sudah puas bermain di pantai, kamu bisa melipir dan menikmati es kelapa muda langsung dari batoknya.

9. Pantai Wediombo

Pantai Wediombo

Pantai Wediombo termasuk yang mudah dijangkau dari pusat kota. Tak heran kalau banyak pengunjung di tempat ini. Jajaran batu karang unik dan suasana yang damai membuat pantai ini jadi favorit banyak orang. Gelombang air di wisata pantai libur Lebaran ini juga nggak tinggi jadi aman untuk anak-anak.

Banyak pemburu sunset yang datang ke mari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Selain Parangtritis, di sini jadi tempat terbaik untuk melihat matahari saat kembali ke peraduannya.

Menyusuri 9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran bisa jadi agenda untuk menghabiskan libur Lebaran. Kamu nggak akan kecewa sama sekali karena pemandangannya sangat indah. Alamnya yang asri akan memanjakanmu sebelum kembali ke perantauan.

Baca juga artikel lainnya yang akan update setiap hari hanya di MasihBaru. Sekian 9 Pantai Terbaik di Yogyakarta Untuk Libur Lebaran yang sudah kita bahas kali ini.

Baca Juga :

1. 9 Makanan Khas Lebaran Palembang
2. 10 Tempat Wisata Bandung Untuk Lebaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *