Adaptasi Rasa Lokal, Gelato Rasa Tolak Angin, Rujak hingga Martabak

Adaptasi Rasa Lokal, Gelato Rasa Tolak Angin, Rujak hingga Martabak – Sensasi dingin, lembut dan manis langsung terasa saat menyantap gelato. Untuk sesuaikan lidah pelanggan, gelato diolah dengan rasa lokal yang unik.

Di Indonesia sendiri, gelato punya tempat spesial di hati penikmatnya. Meskipun mirip dengan es krim, gelato memiliki rasa yang lebih bervarian dan unik. Saking uniknya, bahkan ada gelato rasa jamu hingga rasa rujak yang asam segar.

Adaptasi Rasa Lokal, Gelato Rasa Tolak Angin, Rujak hingga Martabak

Gelato-gelato dengan rasa unik kekinian ini tak ayal jadi buruan foodies. Ada gelato unik rasa apa saja?

1. Gelato Rasa Jamu

Kalau ogah minum jamu karena bentuknya cair dan rasanya yang tak ramah di lidah. Bisa coba gelato rasa jamu. Ya, ada kedai gelato yang menawarkan gelato rasa jamu yang kental dengan tradisi Indonesia.

Di Gelato Paradise yang berpusat di Surabaya, ada sajian gelato rasa beras kencur. Kini kedai gelato ini membuka cabangnya di Jakarta tepatnya di Central Park Mal, Jakarta Barat. Gelato ini kuat akan rasa beras kencurnya yang alami, jadi berasa minum jamu tapi dalam bentuk gelato.

Lalu ada juga gelato Susu Telur Madu Jahe (STMJ) yang bisa dicoba di Kedai Gelato Locarasa di Kemang. Kalau biasanya minum STMJ di warung jamu maka kini bisa dilakukan di kafe gelato. Sementara rasa jamu tolak angin disuguhkan oleh Sido Muncul lewat hotel Tentrem miliknya di Jogja

2. Gelato Jajanan Tradisional

Gelato rasa klepon, martabak manis dan klapertart bisa dijajal di Locarasa. Kafe ini memang menyajikan belasan varian rasa gelato unik. Salah satunya rasa kue tradisional.

Kurang nendang? Coba juga mampir ke Eskimomo yang ada di Plaza Indonesia. Di sini bisa mencoba gelato rasa pisang goreng yang manis legit dan gurih.

Lalu ada juga gelato yang terbuat dari bahan dasar beras merah yang dicampur bersama tempe. Si unik gelato ini bisa dijajal di Gelato Secrets yang lokasinya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

3. Gelato Rasa Rujak

Campuran buah segar dan bumbu rujak memang paling enak dinikmati siang hari. Tapi makin enak jika makan rujak dalam bentuk gelato yang dingin dan lembut.

Lagi-lagi kedai Locarasa yang menawarkan gelato rasa rujak. Asam pedas khas rujak hadir dalam bentuk hidangan pencuci mulut.

Ternyata bukan hanya Locarasa saja, Ron’s Laboratory juga pernah membuat olahan rujak sorbet yang dibuat dengan campuran buah dan cabai segar. Makin mantap karena gelato ini dilengkapi dengan serutan buah dan juga kerupuk.

4. Gelato Charcoal

Charcoal sempat heboh beberapa waktu lalu karena khasiatnya yang banyak, salah satunya sebagai antioksidan. Olahan abu dari arang bambu ini juga ternyata bisa jadi inspirasi rasa gelato.

Di kedai Gelato Secrets ada gelato rasa charcoal yang tampilan warnanya hitam. Supaya semakin enak, penjual gelato mencampurnya dengan vanila agar harum.

5. Gelato Rasa kemangi

Daun kemangi biasa dijadikan lalapan saat makan pecel lele atau ayam goreng. Paling enak dicocol dengan sambal terasi. Tapi di kedai gelato, kemangi bisa dinikmati dalam bentuk gelato lembut yang aromatik.

Kalau mau coba gelato rasa kemangi yang harum khas ini bisa datang ke Locarasa yang ada di Kemang, Jakarta Selatan. Atau bagi foodies yang ada di Jogjakarta, bisa menyambangi Il Tempo del Gelato. Sementara di Gusto Gelato Bali, gelato kemangi juga termasuk yang disukai pelanggan.

Gelato ini punya aroma dan rasa yang kemangi ‘banget’ jadi kalau nggak suka bisa dicampur dengan gelato varian lain yang rasanya lebih light.