ASAL USUL SEPATU SNEAKERS

ASAL USUL SEPATU SNEAKERS WAJIB TAHU!

ASAL USUL SEPATU SNEAKERS – Sepatu Sneakers salah satu jenis sepatu yang paling banyak digemari mulai dari kawula muda hingga orang dewasa sekalipun. Memberikan kesan yang santai dan simpel, sneakers menjadi produk sepatu kasual yang selalu laris di pasaran.

ITUPOKER AGEN JUDI ONLINE SAKONG BANDAR66 TERPERCAYA 2018

Sepatu sneakers lebih dikenal sebagai sepatu atletik, sepatu lari, takkies, dan sporty shoes. Meskipun menunjukkan penampilan yang sporty, namun sneakers tidak hanya cocok untuk olahraga saja tapi bisa digunakan untuk segala aktivitas termasuk bekerja. Kamu juga seorang penggemar sneakers? Sudah tahu asal mula sneakers? Yuk intip asal usul dari jenis sepatu yang tidak pernah surut di pasaran ini.

Ciri-ciri Sepatu Sneakers

ASAL USUL SEPATU SNEAKERSSebelum melangkah ke pembahasan sejarah sneakers di dunia, kalian wajib pahami ciri-ciri sneakers terlebih dahulu untuk membedakan jenis sepatu ini dari jenis sepatu lainnya. Berikut ciri-ciri sepatu sneakers:

  • Bagian atas sepatu, Oxford dan Low-Tops tidak menutupi pergelangan kaki
  • Jenis sepatu yang melebar ke betis
  • CVO Low-Top (Circular Vamp Oxford), berupa atasan yang rendah dan tidak menutupi pergelangan kaki. Biasanya terdiri dari 4 sampai 5 lubang untuk tali sepatu dengan bentuk melingkar.
  • High-Top CVO (Circular Vamp Oxford), high tops yang menutupi pergelagan kaki dan memiliki vamp melingkar.
Asal Usul sepatu Sneakers Melekat di Sepatu Kasual Ini

ASAL USUL SEPATU SNEAKERS

Dulu pada awalnya, asal usul sepatu sneakers lebih dikenal dengan sebutan “sepatu kets” yang paling sering digunakan di kawasan Florida dan Amerika Serikat bagian Timur Laut. Sneakers juga berkembang di Carolina Utara, Kanada, dan Australia. Sedangkan di Inggris, sepatu ini dikenal sebagai sepatu pelatih. Mengingat memang pada mulanya sepatu ini dikhususkan untuk olah raga, sehingga diberikan nama-nama yang identik dengan sporty seperti sand shoes, running shoes, runners, dan gym boots serta di Filipina dikenal sebagai rubber shoes.

BACA JUGA :

ISTILAH SNEAKERS

Istilah “sneakers” secara etimologi dimunculkan dari Inggris sebagai sepatu atletik. Sneakers sendiri sering dikaitkan dengan Henry Nelson McKinney seorang agen periklanan dari Amerika untuk NW Ayer & Son. Ini karena pada tahun 1887, dirinya menggunakan nama “sneakers” karena adanya sol di bagian bawah sepatu. Sehingga sejak tahun tersebut, banyak iklan sepatu yang menggunakan nama sneakers untuk mengiklankan produk sepatu kets dimana dulunya sepatu ini hanya diperuntukkan untuk anak laki-laki saja. Namun beberapa tahun sebelumnya,  asal usul sepatu sneakers juga pernah disebut-sebut oleh para narapidana yang merujuk pada sipir karena sering menggunakan sepatu bersol karet saat bekerja.

ASAL USUL SEPATU SNEAKERS

Di tahun 1870-an, jenis asal usul sepatu sneakers sempat mendapatkan julukan “plimsol” yang diturunkan dari buku Nicholette Jones yang berjudul “The Plimsoll Sensation”. Plimsol ini banyak digunakan untuk para wisatawan dan olahragawan untuk kenyamanan di lapangan olahraga seperti tenis. Dulu, sepatu sol karet seperti ini sering diproduksi secara masal untuk kepentingan angkatan darat di Inggris.

PENEMUAN SEPATU DI BENUAR ANTARTIC

Pada abad ke 20, jenis sepatu plimsol ditemukan pada ekspedisi Scott Antartic yang tenggelam pada tahun 1911. Peninggalan tersebut menunjukkan bahwa sepatu sneakers di abad 20 tidak hanya digunakan untuk olahraga dan para angkatan saja, namun juga pernah digunakan untuk kegiatan santai.

Itulah Asal usul Sepatu sneakers yang kita gunakan dijaman sekarang , semoga bermanfaat ilmu yang kita share . Jangan lupa di share ke kawan anda agar kita selalu mengingat Sejarah .

2 Replies to “ASAL USUL SEPATU SNEAKERS WAJIB TAHU!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *