Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean – Pulau indah mengapung di lautan terlindungi sebuah teluk bernama Tomini. Kawasannya adalah sebuah zona transisi Garis Imajiner Wallace dan Weber yang menyuguhkan keajaiban alam yang jangan sampai dilewatkan. Bersiaplah mereguk lebih banyak kemegahan Celebes dan melihat langsung tempat berdiamnya salah satu suku penghuni lautan, yaitu Bajoe.

Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Sebuah taman nasional dengan 2 area ekosistem berupa lautan seluas 292.000 hektar dan daratannya 70.000 hektar di Sulawesi Tengah. Lokasinya yang terpencil dan jauh dari hiruk pikuk kehidupan justru menjadi daya tarik yang memikat penikmat keindahan lanskap alam dan keragaman biota lautnya.

Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Kepulauan ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini. Ada sekitar 60-an pulau di sini. Beberapa yang tersohor adalah Pulau Malenge, Pulau Una Una, Batudaka, Talatakoh, Waleakodi, dan Pulau Waleabahi adalah pulau-pulau besarnya.

Namun ada 3 pulau yang akan menarik perhatian teman sekalian untuk berkunjung, Inilah 3 Pulai Eksotik dan indah yang harus di datangi jika datang di kawasan Kepulauan Togean

1. Pulau Kadidiri
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Pulau Kadidiri dikenal dengan suasananya yang sejuk dan sunyi. Total hanya ada tiga resort di tempat ini, salah satunya adalah Paradise Resort. Akomodasi cantik ini menghadap langsung ke bibir pantai sehingga menawarkan panorama pantai dan laut langsung dari balik jendela.

Di sekitar resort juga terdapat dermaga fotogenik dan beberapa pohon kelapa rindang. Nuansa sore di Kadidiri sungguh memanjakan. Panorama matahari terbenam memancarkan corak memikat, perpaduan pantulan warna hijau toska dan jingga khas senja. Sungguh sayang jika tak diabadikan dalam bentuk foto.

2. Pulau Kabalutan

Pulau Kabalutan punya jumlah penduduk paling banyak di antara pulai lain di Taman Nasional Kepulauan Togean. Lokasi ini juga dikenal dengan sebutan Pulau Janda, lantaran memang ada banyak wanita setempat yang menjadi janda. Penyababnya beragam, mulai dari angka kematian tinggi, maupun ditinggal suami merantau.

Rata-rata mata pencaharian warga Kabalutan adalah nelayan. Suku Bajo sendiri sudah lama terkenal akan kemampuan melautnya. Mereka mampu menyelam tanpa menggunakan bantuan alat, meski belakangan banyak yang mulai mengandalkan teknologi modern. Bahkan ada juga yang nekat menggunakan kompresor sebagai alat bantu pernafasan.

Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Takkan ada bosannya melihat panorama Pulau Kabalutan. Di tengah pulau terdapat bukit yang sangat mudah dijangkau. Teman Traveler bisa melihat panorama indah Kabalutan dari atas.

3. Pulau Papan
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean
Berpetualangan Hemat Menyelusuri 3 Pulau Eksotik di Kepulauan Togean

Tak hanya berwarna biru muda, perairan di Pulau Papan begitu jernih hingga barisan karang bisa terlihat jelas dari permukaan. Begitu sampai di daratan, akan terlihat deretan papan sepanjang mata memandang. Usut punya usut, papan tersebut ternyata merupakan jalan setapak bagi masyarakat di sana.

Salah satu tempat yang menjadi ikon di pulau ini adalah jembatan papan sepanjang kurang lebih 1000 meter dan meliuk di atas permukaan laut. Kehadiran jembatan tersebut semakin menambah keunikan atmosfer Pulau Papan. Apalagi penduduk sekitar juga membangun kediaman mereka di atas pemukaan laut.

Tips Wisata Low Budget Ala Backpacker Ke Taman Nasional Kepulawan Togean, Sulawesi Tengah
1. Transportasi

Anda bisa mencapai Togean dengan dua alternatif rute, yaitu via Gorontalo atau via Palu. Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, Anda bisa menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Gorontalo lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Namun demikian, kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.

Selain itu dari Gorontalo, Anda juga bisa mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Pohuwato selama sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Lalu Anda naik kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA. Waktu tempuhnya lebih singkat, yaitu sekitar 6 jam perjalanan.

Untuk rute ke Togean via Palu, dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Anda harus naik bus atau travel ke Ampana via Poso (375 Km) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan. Dari Ampana, Anda tinggal naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Kedua kapal itu beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA. Selain itu, Anda juga bisa naik kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya.

Rute yang termudah dan termurah sehingga banyak orang yang memilihnya adalah via Gorontalo dengan kapal feri Tuna Tomini. Anda tak perlu melakukan perjalanan darat yang sangat jauh. Akan tetapi Anda harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Jika waktu libur atau cuti Anda terbatas, Anda bisa lewat Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal yang lebih banyak.

Catatan: Anda harus memastikan dengan pemilik akomodasi di Togean tentang pulau yang menjadi tujuan Anda, Wakai atau Dolong. Umumnya, wisatawan naik kapal ke Wakai.

2. Akomodasi

Di Togean terdapat berbagai macam penginapan, mulai dari resort mewah hingga homestay sederhana. Apabila Anda ingin menghemat biaya liburan Anda, maka homestay bisa menjadi pilihan yang menarik. Pada umumnya tarif homestay termurah sekitar Rp 200 ribu per malam dengan fasilitas kamar mandi dalam dan makan 3 kali sehari. Salah satu keunikan fasilitas akomodasi di Togean adalah sudah termasuk makan sebanyak 3 kali sehari serta kopi dan teh. Namun demikian, harga sewa homestay umumnya dihitung per orang, bukan per kamar.

Karena terdapat banyak pulau kecil, maka letak penginapan pun tidak hanya berada di satu pulau saja. Setiap pulau memiliki daya tarik tersendiri. Pulau Kadidiri adalah yang paling terkenal di antara pulau-pulau di sini karena keindahan pantainya. Pulau Wakai, tempat Anda turun kapal, adalah pulau terbesar dan memiliki jumlah homestay terbanyak. Anda juga bisa menginap di Pulau Una-una, Bomba, atau Waleabahi. Jika Anda memilih menginap selain di Pulau Wakai, Anda harus bertanya atau mengatur transportasi lokal dengan mereka.

3. Aktivitas

Sebagai sebuah daerah dengan puluhan pulau berpantai cantik, sekitar 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis binatang laut lainnya, Togean adalah tempat yang paling tepat bagi Anda pencinta pantai dan alam bawah laut. Anda bisa berkeliling ke pulau-pulau kecilnya dengan kapal sewaan, canoing, snorkeling, atau bahkan diving.

Biaya sewa perahu cukup bervariasi. Untuk perahu berkapasitas 8 orang, Anda bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 550 ribu per hari dengan rute Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi. Jika Anda ingin melihat gunung api di Togean, Anda bisa memperpanjang rute ke Pulau Una-una dengan tambahan biaya sekitar Rp 200 ribu.

Di Togean, Anda akan memiliki banyak waktu private dengan keindahan alamnya. Anda pun dapat mengenal lebih jauh penduduknya yang ramah serta kebudayaannya. Lemahnya sinyal internet di wilayah ini justru akan membuat Anda lebih maksimal menikmati liburan di Togean. Anda tidak perlu khawatir akan terganggu oleh e-mail terkait pekerjaan atau pun aktivitas di jejaring sosial.

Kini Anda sudah tahu cara menyusun liburan hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean. Segera mulai perencanaan liburan Anda ke sana dengan mencari tiket penerbangan termurah ke Gorontalo atau Palu via Skyscanner.