Cara Alami Merawat Rambut Menjadi Tebal dan Subur

Cara Alami Merawat Rambut Menjadi Tebal dan Subur Agar Terlihat IndahRambut mempunyai peranan yang sangat penting bagi para wanita. Selain sebagai mahkota perempuan, rambut juga dapat melindungi kepala dari sinar matahari dan udara dingin.

Rambut juga membantu penampilan jadi terlihat menarik.Tapi ternyata tak sedikit kaum hawa mengalami masalah pada rambutnya. Tidak jarang rambut mengalami kerontokan dan membuat rambut menjadi tipis.

Cara Alami Merawat Rambut Menjadi Tebal dan Subur Agar Terlihat Indah

Ada beberapa jenis penyebab mengapa seseorang sulit memiliki rambut tebal bahkan sulit tumbuh dalam waktu cepat, seperti stres, perubahan hormon, faktor gen, dan terlalu banyak melakukan perawatan rambut.

Sekarang tidak perlu khawatir lagi untuk mendapatkan yang tebal, Anda bisa mencoba bahan alami untuk masalah rambut tipis. Apa saja kira-kira? Simak rangkumannya.

langkah sederhana namun penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut Anda.
  1. Lembabkan rambut dengan cuka setelah pemakaian sampo dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya. Rambut Anda akan terlihat lebih berkilau dari sebelumnya.
  2. Jangan terlalu sering mencuci rambut karena justru akan menghilang minyak dari kulit kepada yang dibutuhkan rambut Anda sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya.
  3. Kepang rambut dengan longgar sebelum tidur. Rambut Anda akan tampil dengan gelombang natural di pagi hari dan hal ini juga mencegah rambut kusut dan patah-patah, serta membuatnya lebih cepat panjang.
  4. Pijat kulit kepada Anda setiap hari dengan menggunakan sisir kayu untuk memperlancar sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  5. Lindungi rambut dari sinar matahari. Anda dapat menggunakan tabir surya atau produk rambut khusus yang akan melindungi rambut Anda dari klorin atau air bergaram.
  6. Jangan terlalu sering melakukan blow dry pada rambut. Biarkan rambut mengering secara alami atau gunakan losion pelindung rambut dari panas sebelum proses blow dry.
  7. Jangan menggunakan alat catok atau alat pengeriting sebelum mengaplikasikan pelindung rambut dari panas. Panas yang tinggi dari alat-alat penata rambut tersebut dapat merusak serat dari helaian rambut.
  8. Minyak argan memiliki banyak manfaat untuk rambut misalkan untuk rambut patah-patah atau kulit kepala yang kering. Anda juga dapat menggunakannya sebagai kondisioner yang tak perlu dibilas lagi.
  9. Gunakan sarung bantal berbahan satin atau sutra pada bantal Anda. Material ini dapat mengurangi kerusakan pada rambut karena tidak akan membuat rambut tersangkut atau tercabut saat Anda memindahkan posisi kepala di bantal sepanjang malam.
  10. Jika rambut Anda pecah-pecah pada bagian ujungnya, sebaiknya Anda memotong rambut setiap 8 minggu untuk menjaganya tetap sehat.
  11. Relaks! Tingkat stres juga memengaruhi kondisi rambut. Sebaik apa pun Anda merawat rambut Anda, jika Anda stres, rambut Anda takkan bisa seindah yang diharapkan.
  12. Manjakan rambut secara rutin dengan masker alami atau masker yang dijual di toko-toko yang kaya akan vitamin dan minyak.
Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami

Pada dasarnya menebalkan rambut sealami mungkin adalah hal yang paling aman. Menggunakan lidah buaya tentu bukan kesalahan. Masalahnya, banyak sekali bahan yang bisa Anda gunakan selain lidah buaya untuk menebalkan rambut tipis. Ingin tahu? Berikut ulasannya.

Lidah Buaya

Cara menebalkan rambut dengan lidah buaya sudah menjadi rahasia umum dan memang sudah dipraktikkan sejak dahulu. Aloe vera sebutannya, banyak menjadi kandungan yang ada dalam merek-merek shampoo. Lidah buaya memang dikenal memiliki banyak manfaat seperti menebalkan rambut, menyuburkan rambut, menghitamkan rambut, penghilang ketombe, memutihkan wajah, memutihkan kulit, dan menyembuhkan luka.

Lidah buaya mengandung banyak zat yang penting untuk menunjang kesuburan rambut seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu mengambil satu tangkai lidah buaya, lalu belah menjadi dua secara horizontal, usapkan gel yang ada di tengah-tengah pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan mencuci rambut. Gunakan setiap sebelum keramas atau dua hari sekali.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun banyak mengandung zat-zat yang dibutuhkan bagi tubuh yaitu vitamin A, C, D, E, K, asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam arachidat, asam palmitat, asam stearate, lignoserat, polifenol, asam oleat, pottasium, asam lemak esensial, zat besi, dan juga kalsium. Sejumlah kandungan bermanfaat inilah yang dapat menjadi alasan mengapa minyak zaitun dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut.

Cara menebalkan rambut dengan minyak zaitun mudah saja. Oleskan minyak pada kulit kepala setiap sebelum keramas. Diamkan beberapa saat hingga meresap. Setelah itu bilas dan lanjutkan dengan keramas.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan virgin coconut oil adalah modifikasi proses pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas yang rendah, berwarna kuning, berbau harum, serta mempunyai daya simpan yang cukup lama. Oleskan minyak kelapa murni pada kulit kelapa setiap sebelum keramas.

Bawang Merah

Meski memiliki bau yang tajam, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai masker. Anda hanya perlu menghaluskan bawang merah secukupnya dan ambil air atau sarinya. Lalu, oleskan ke kulit kepala dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan sampo. Namun sebagian orang mungkin memiliki permukaan kulit kepala yang lebih sensitif, sehingga bila terasa tidak nyaman, atau perih segera bilas hingga bersih.

Kemiri

Cara menebalkan rambut dengan kemiri bukan hal yang baru. Pasalnya cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang zaman dulu. Bahan dapur satu ini biasanya dipakai untuk penyedap makanan. Namun jika digunakan untuk menebalkan rambut tipis sangat efektif. Bahkan khasiatnya tidak berhenti menebalkan rambut saja, melainkan membuat rambut sehat dan berkilau.

Zat aponin, falvonoida, dan polifenol yang terkandung dalam kemiri telah dibuktikan dalam banyak penelitian memiliki arti besar bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan kemiri sebagai cara menebalkan rambut melalui 2 metode. Pertama adalah dengan menumbuk halus kemiri lalu oleskan pada kulit kepala selama 30 menit atau cara kedua dengan menggunakan minyak kemiri yang juga dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit.

Putih Telur

Cara menebalkan rambut bayi yang tipis bisa dilakukan menggunakan putih telur. Meski berbau tidak sedap dan cenderung amis, putih telur ampuh digunakan. Pemilihan putih telur juga bukan sembarang karena kulit bayi yang sensitif tidak bisa dipakaikan dengan berbagai produk shampoo penebal rambut. Salah satu solusi yang paling efektif dan aman adalah dengan menggunakan bahan alami, yakni putih telur.

Madu

Cara menebalkan rambut bayi yang tipis berikutnya adalah menggunakan madu. Pernahkah Anda temui pada merek shampoo yang menggunakan madu sebagai bahannya? Madu memang dipercaya memiliki khasiat yang berguna untuk menebalkan rambut. Oleskan madu pada rambut bayi secara merata seperti menggunakan masker rambut. Biarkan selama 30 menit lalu keramas.

Avokad dan pisang

Avokad dan pisang merupakan buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kemilau rambut. Haluskan ke dua bahan tersebut lalu oleskan pada rambut secara merata seperti ketika mengaplikasikan masker rambut.

Jeruk

Jeruk juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Caranya adalah dengan membelah jeruk lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat hingga akhirnya dibilas dengan cara keramas. Anda bisa melakukan tips ini dalam 2 hingga 3 kali seminggu.

Santan

Aneh memang jika ternyata santan juga bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut. Tapi percaya tidak percaya, santan sangat bermanfaat dan efektif sebagai cara menebalkan rambut. Santan mengandung lemak tak jenuh, gula, kalsium, protein, natrium, kalium, fosfor, zat besi, dan tembaga. Kandungan inilah yang membuat santan menjadi cara menebalkan rambut yang efektif.

Teh Hijau

Tidak hanya untuk diminum saja, teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menebalkan rambut yang efektif. Kandungan yang ada pada teh hijau antara lain zat antioksidan, polifenol, fluoride, vitamin C, mangan, L-teanin, dan katekin Caranya adalah dengan mendiamkan selama 15 menit seduhan daun teh hijau lalu oleskan pada kulit kepala.