Cara Memasang dan Menempelkan Rak Buku pada Tembok

Cara Memasang dan Menempelkan Rak Buku pada Tembok – Di Era Desain rumah modern minimalis saat ini tentunya menjadi idaman. Namun sayangnya mencari bangunan rumah yang luas untuk saat ini terasa susah dan tentunya membutuhkan dana yan cukup besar. Namun bukan berarti memiliki rumah yang sempit tidak dapat menjadikan rumah tersbut sebagai rumah idaman anda.

Cara Memasang dan Menempelkan Rak Buku pada Tembok

Cara Memasang dan Menempelkan Rak Buku pada Tembok

Cara Memasang dan Menempelkan Rak Buku pada Tembok – Saat ini sudah banyak tips-tips tertentu yang dapat membuat rumah sempit anda menjadi lebih menarik. Salah satu cara yang sedang trend saat ini adalah menggunakan rak kayu tempel ditembok untuk tempat penyimpanan barang-barang anda seperti buku, hiasan-hiasan rumah, bahkan dapat menjadi tempat barang elektronik anda seperti televisi, dvd ataupun speaker.

Tidak seperti furnitur kecil lainnya, rak buku biasanya diisi dengan benda-benda berat dan berbahaya apabila terjatuh. Menempelkannya pada tembok adalah jalan terbaik agar tidak terjadi kecelakaan. Semua furnitur seharusnya lebih diperhatikan peletakkannya pada tempat-tempat di mana ada anak-anak kecil yang menggunakannya, atau tempat-tempat yang sering terkena gempa atau bencana alam lainnya.

Cara Menempelkan Rak Buku pada Tembok
1. Belilah beberapa kain perekat.

Biasanya kain perekat ini disertakan dengan beberapa baut panjang dan baut fisher untuk menahan kain perekat ini dengan erat pada tembok Anda. Anda tidak perlu mengebor rak buku Anda dengan menggunakan metode ini.

2. Gunakan tangga dan pensil untuk menggambar garis horizontal di mana rak buku Anda menempel pada tembok.

3. Pindahkan buku dari rak buku dan juga jauhkan rak buku itu sendiri dari tembok.

Gunakan pencari tiang kerangka untuk mencari tiang kerangka pada tembok. Apabila memungkinkan, cari dua tiang dan gunakan dua perekat untuk menempelkan rak buku agar pegangannya kuat.

  • Tempelkan rak buku pada tembok di tiang kerangkanya apabila memungkinkan, ini lebih baik dibandingkan menggunakan baut fisher.
  • Adalah langkah yang terbaik untuk menempelkan rak buku tanpa ada buku di dalamnya, lalu tempatkan kembali buku ketika Anda selesai menempelkannya.
4. Tandai lokasi tiang kerangka menggunakan pencil.

Gambarlah garis vertikal. Perpotongan kedua garis ini adalah posisi Anda untuk mengebor dan memasang baut kayu pada tembok.

5. Mintalah pertolongan kepada seseorang untuk menahan kain perekat pada posisi vertikal.

Pastikan sisi yang ada perekatnya menghadap ke bawah. Anda akan melepas plastik bening penutupnya setelah Anda selesai mengebor.

6. Pasangkanlah baut kayu pada tengah-tengah kain perekat, di mana terdapat lubang untuk baut.

Gunakanlah bor tanpa kabel. Jumlah baut yang dibutuhkan bisa berbeda, tergantung dari merk kain perekat yang Anda gunakan.

  • Apabila Anda tidak menemukan tiang kerangka, Anda harus membuat lubang sendiri dan menggunakan baut fisher, pada tempat di mana kedua garis bertemu.
7. Kembalikan posisi rak buku ke tempat semula, pada ketinggian di mana baut-baut Anda terpasang pada tembok.

Lepaskan plastik bening penutup kain perekat pada sisi yang memiliki perekat dan tekanlah kain perekat yang menempel pada sisi atas rak buku.

Cara Memasang dan Menempelkan Rak Buku pada Tembok

Cara Menyesuaikan Posisi Rak Buku pada Tembok

Untuk hasil maksimal, jangan lepas-pasang kain perekat untuk menyesuaikan posisinya, atau daya rekatnya akan hilang.

  1. Keluarkan buku-buku dari rak. Pindahkan rak dari posisinya
  2. Gunakan pencari tiang kerangka untuk mencari tiang kerangka pada tembok Anda.
     Gunakan penggaris panjang untuk menandai titik tengah dari tiang kerangka dengan garis vertikal.
  3. Tempatkan lagi rak buku Anda ke posisi semula, pada posisi tepat di antara tiang-tiang kerangka.
    Apabila tidak memungkinkan, Anda dapat memasang besi siku di tengah-tengah tiang kerangka.
  4. Gunakan tangga sampai Anda berada pada posisi yang nyaman untuk mengerjakan bagian atas rak buku Anda.
  5. Untuk rak buku yang tinggi, ini adalah bagian terbaik untuk menempelkan rak buku pada tiang kerangka karena bagian ini tidak terlalu terlihat.
  6. Gunakan besi siku berbentuk “L” sehingga besi menempel pada tembok dan rak buku.
  7. Anda juga dapat menggunakan kunci dengan rantai untuk menggantikan besi siku “L” apabila Anda sering melepas-pasang rak buku ini. Pasanglah rantai pada tembok dan tempelkan pada sisi atas rak buku.
    Pasang besi siku “L” pada bagian atas rak buku dengan bor tanpa kabel dan baut yang lebih panjang daripada ketebalan rak buku.
  8. Mintalah bantuan teman Anda untuk menahan rak buku apabila rak buku agak miring ke depan.
    Pasang sisi lain besi siku ke tembok menggunakan ring baut dan baut kayu berukuran 7,5 cm. Pasang baut hingga kepalanya nyaris sejajar dengan besi siku, tetapi jangan sampai baut menjadi aus.
    Catatan:
    Apabila Anda tidak dapat menemukan tiang kerangka, maka Anda harus memasang baut fisher sebelum Anda membaut ke dalam tembok atau dinding kayu. Borlah lubang di dalam tembok untuk memasang baut fisher. Lalu posisikan rak buku dengan benar dan pasang dengan baut berukuran 7,5 cm.
  9. Ulangi pada kedua sisi rak buku.
     Posisikan besi siku “L” pada tembok dan rak buku Anda, di mana terdapat tiang kerangka. Lakukan prosedur yang sama pada kedua sisi rak buku.
Tips
  • Gunakan kain perekat untuk menahan benda-benda pada rak buku. Tempatkan kain perekat di bagian atas rak buku dan di bawah benda yang ingin Anda tempelkan seperti hiasan atau vas bunga.
  • Untuk rak buku dari besi atau plastik, gunakan baut mesin dengan ring untuk menempelkan rak buku.
  • Kosongkanlah bagian atas rak buku Anda untuk mengurangi resiko benda jatuh ketika terjadi gempa bumi. Juga hindari menempatkan buku sehingga bagian atas rak buku menjadi lebih berat dari bagian lainnya, karena hal ini bisa membuat rak buku terlepas dari tembok.
Hal yang Anda Butuhkan
  • Bor tanpa kabel
  • Pencari tiang kerangka
  • Baut kayu berukuran 7.5cm
  • Baut berukuran 1 cm
  • Baut fisher plastik
  • Ring baut
  • Besi siku “L”
  • Tangga
  • Kain perekat