Ini 8 Buah yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Menjalani Puasa

Ini 8 Buah yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Menjalani Puasa

Ini 8 Buah yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Menjalani Puasa

Ini 8 Buah yang Dapat Mencegah Dehidrasi Saat Menjalani Puasa – Kondisi tubuh kehilangan cairan atau dehidrasi terjadi ketika menjalani puasa di bulan Ramadan. Dehidrasi menimbulkan beragam efek negatif bagi tubuh seperti menurunnya konsentrasi hingga gampang marah.

Namun jangan khawatir, ada cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh dari kekurangan cairan dan puasa Anda tetap dapat berjalan lancar. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi saat sahur atau setelah buka puasa.

Apa saja buah-buah yang dapat mencegah dari dehidrasi? Yuk, simak selengkapnya seperti yang telah dirangkum di bawah ini.

1. Semangka

Image result for buah semangka

Semangka memiliki kandungan air hingga mencapai 92 persen. Maka dari itu, mengonsumsi buah ini sangat cocok untuk menjaga tubuh dari dehidrasi.

2. Melon

Image result for buah melon

Hampir sama seperti semangka, buah melon juga memiliki kandungan air tinggi yakni sebesar 90 persen per buah.

3. Stroberi

Image result for buah stroberi

Stroberi memiliki kandungan hingga 91 persen. Maka dari itu, buah ini cocok untuk mengembalikan tubuh dari kekurangan cairan.

4. Pir

Related image

Buah yang menyegarkan ini juga punya kandungan air 90 persen. Rasanya yang manis tentunya menjadi buah yang sangat cocok dikonsumsi sebagai takjil buka puasa.

5. Jeruk

Image result for buah jeruk

Buah yang dapat diolah menjadi beragam kreasi ini mengandung air hingga 88 persen. Mengonsumsinya pun dapat kapan saja, terutama ketika puasa.

6. Tomat

Image result for buah tomat

Kandungan air pada buah tomat mencapai hingga 94 persen. Buah yang bisa diolah menjadi jus, smoothie hingga dimakan langsung ini dapat mencegah dehidrasi.

7. Kelapa Muda

Image result for buah kelapa muda

Kelapa muda adalah elektrolit yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama puasa. Kandungan air kelapa muda hingga 95 persen dengan nutrisi tinggi.

8. Pepaya

Image result for buah pepaya

Selain tinggi serat, pepaya juga memiliki kandungan air yang tinggi yakni mencapai 90 persen. Buah ini sangat baik untuk mencegah tubuh kehilangan cairan tubuh.