Inilah Manfaat Kebenarannya Konsumsi Vitamin C Yang Tidak Diketahui

Inilah Manfaat Kebenarannya Konsumsi Vitamin C Yang Tidak Diketahui – Salah satu vitamin yang sejak dulu dikenal aman untuk dikonsumsi dan memiliki banyak kegunaan bagi tubuh adalah vitamin C. Vitamin ini salah satunya memiliki manfaat yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin C juga mudah untuk diperoleh, baik dari asupan makanan maupun suplemen.

Inilah Manfaat Kebenarannya Konsumsi Vitamin C Yang Tidak Diketahui

Inilah Manfaat Kebenarannya Konsumsi Vitamin C Yang Tidak Diketahui
Inilah Manfaat Kebenarannya Konsumsi Vitamin C Yang Tidak Diketahui

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak diproduksi oleh tubuh. Kamu bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan dan sayuran segar atau jika perlu dari suplemen vitamin C. Manfaat vitamin ini diperlukan untuk perkembangan serta menjaga fungsi kerja organ tubuh dan memiliki peran penting untuk kekebalan tubuh.

Alasan Penting Mengonsumsi Vitamin C

Manusia perlu mengonsumsi vitamin C setiap hari agar bisa merasakan manfaat vitamin C secara optimal. Selain manfaat vitamin C yang telah disebutkan di atas, berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit yang perlu kamu tahu:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Membantu Proses Pemulihan

Konsumsi vitamin C bermanfaat pada beberapa keadaan, seperti batuk dan pilek yang ternyata bisa dicegah dengan mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Begitu pula saat kelelahan atau ketika akan melakukan aktivitas berat. Selain itu vitamin C, berperan penting dalam penyerapan zat besi dari makanan dan membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta membantu proses penyembuhan luka.

2. Sebagai Antioksidan

Manfaat vitamin C juga sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas, serta bahan kimia beracun dan polutan seperti asap rokok. Radikal bebas dapat menumpuk yang bisa menimbulkan risiko penuaan dini, penyakit kanker, dan penyakit jantung.

3. Merawat Kesehatan

Manfaat konsumsi vitamin C juga dipercaya bisa membantu merawat kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Dan juga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, sehingga bisa mencegah serangan jantung dan stroke. Bukan hanya itu, vitamin C juga dipercaya bisa mencegah katarak dan penyakit empedu.

4. Produksi Kolagen

Untuk kulit sendiri, manfaat vitamin C membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, mampu menjaga keremajaan, dan mencerahkan kulit.

Dengan kata lain, vitamin C juga berperan dalam memperlambat penuaan kulit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti hubungan antara nutrisi dan penuaan kulit pada 4025 wanita berusia 40-74 tahun. Ditemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih rendah untuk masalah kulit, seperti keriput, kulit kering, dan penuaan kulit.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

5. Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan pada kulit didasari oleh sejumlah kondisi. seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat, dengan gejala termasuk rasa sakit, kekeringan, dan gatal. Oleh karena itu, perawatan untuk peradangan kulit ditargetkan pada kondisi yang mendasarinya dan pemeliharaan struktur epidermis kulit. Nah, nutrisi seperti vitamin C memainkan peranan yang sangat penting dalam kedua aspek tersebut. Vitamin C sering digunakan dalam formulasi anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang jauh melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan inflamasi dalam lingkungan patologis.

Perlunya Mengonsumsi Vitamin C dengan Tepat

Sumber vitamin C alami selain jeruk, antara lain bisa diperoleh dari buah kiwi, mangga, pepaya, nanas, serta sayuran, seperti brokoli, paprika, cabai merah, dan tomat. Sementara sebagai pelengkap, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang bisa berupa tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan dalam air pil, permen, maupun dalam bentuk suntikan. Namun untuk suplemen ini, harus mengikuti dosis yang tepat sesuai saran dari dokter.

Dosis suplemen vitamin C yang dianjurkan, yakni 75 hingga 90 miligram. Mengonsumsi vitamin C dengan dosis 500 miligram per hari dinilai aman, dan cukup untuk menjaga kesehatan. Perlu untuk diketahui jika mengalami infeksi maupun pasca pembedahan, kebutuhan vitamin C akan meningkat karena untuk membantu proses penyembuhan.
Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin C Bisa Bahayakan Ginjal

Untuk mengetahui lebih jauh terkait manfaat dan kebutuhan vitamin C masing-masing orang, kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter yang ada di Halodoc. Aplikasi ini menghubungkan kamu dengan ribuan dokter yang ahli dibidangnya masing-masing. Kamu bisa menggunakan menu Contact Doctor untuk berdiskusi dengan dokter. Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.