Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia – Jet militer saat ini telah menempuh perjalanan jauh dan cukup berevolusi dibandingkan dengan pesawat yang didorong baling-baling yang dibawa ke langit selama Perang Dunia I. Dalam konflik itu, pesawat tercepat adalah pesawat bersayap ganda (biplane) kursi tunggal yang hanya dapat mengatur kecepatan tertinggi 150 mil per jam. Pesawat itu membawa sepasang senapan mesin untuk pertempuran jarak dekat.

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia
Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Saat ini, sebagian besar pesawat modern, terutama jet tempur, dapat terbang lebih cepat daripada kecepatan suara, yakni sekitar 767 mil per jam.

Alih-alih menggunakan senapan mesin sebagai senjata utama, Hotcars mencatat, pesawat tempur terkini dilengkapi dengan berbagai macam rudal, bom, dan gawai elektronik generasi terbaru lainnya yang dapat menurunkan kehancuran total dari langit. Bahkan, beberapa dari pesawat militer modern tersebut sangat mematikan dan canggih sehingga mereka terutama digunakan sebagai kekuatan pencegah untuk memperingatkan musuh agar menjauh.

Teknologi terus berkembang dan naif untuk mengasumsikan kita telah mencapai puncak inovasi dalam penerbangan militer. Namun, berikut ini beberapa pesawat jet paling berteknologi maju yang ada saat ini.

1. F-22 RAPTOR AS

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Pesawat tempur F-22 Raptor adalah jet tempur generasi kelima Amerika yang mengandalkan teknologi silumannya untuk menyergap musuh sebelum melepaskan muatan rudal yang mematikan. Advanced Tactical Fighter adalah hasil dari Perang Dingin ketika AS menginginkan pesawat tempur superioritas udara baru yang dapat mempertahankan dominasi udara Amerika, terutama dalam menghadapi ancaman jet tempur Rusia Su-27 dan MiG-29.

2. TU-160M BLACKJACK RUSIA

Pesawat pengebom strategis jarak jauh Tupolev adalah pengebom terberat dan salah satu yang paling kuat dalam layanan aktif saat ini. Terlepas dari ukurannya, senjata perang besar itu masih bisa terbang dengan kecepatan supersonik hingga 2 kali kecepatan suara dan membawa berbagai macam senjata dahsyat.

Pesawat pengebom itu pertama kali beroperasi pada 1987 sebagai TU-160. Namun, pada 2015, Rusia menandatangani perjanjian untuk meningkatkan armada yang telah ada menjadi TU-160M, menggabungkan kemajuan terbaru dalam teknologi penerbangan militer.

3. CHENGDU J-20 CHINA

J-20 adalah tanggapan langsung China terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh generasi pesawat siluman Amerika Serikat saat ini. Pesawat tempur itu tidak memiliki senjata untuk pertarungan jarak dekat, tetapi dilengkapi dengan kekuatan radar jarak jauh dan rudal yang merupakan kombinasi hebat yang bisa menimbulkan masalah besar bagi musuh dalam pertempuran udara.

4. F-35 LIGHTNING II AS

Pesawat tempur ini bisa dibilang jet tempur paling canggih di langit saat ini. Setelah proyek yang melampaui perkiraan awal oleh beberapa miliar dolar dan diancam setiap saat oleh para politisi Amerika Serikat, F-35 Lightning II akhirnya mulai beroperasi pada 2015. Pesawat tempur F-35 tersedia dalam 3 varian utama yakni F-35A, F- 35B, dan F-35C yang dirancang khusus untuk operasi kapal induk. Pada 2019, pesawat tersebut mengalami pertempuran pertama ketika digunakan untuk mengebom sasaran di Irak.

5. E-3 AWACS SENTRY AS

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Pesawat E-3 Amerika Serikat berfungsi sebagai peringatan udara dini dan sistem kontrol (Airborne Warning and Control System/AWACS). Fiturnya yang paling menonjol adalah piringan yang dipasang di badan pesawat. Pesawat pengintai dan pengawasan ini dapat “melihat” ke segala arah sejauh 320 kilometer untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan berbagai target sebelum mengarah ke pesawat lain untuk menyerang.

6. SUKHOI SU-57 RUSIA

Pesawat tempur Su-57 Rusia pertama mengalami penerbangan perdananya pada 2010, sementara pengiriman diharapkan dimulai pada 2020. Jet tempur itu adalah pesawat generasi kelima dan yang pertama di gudang senjata Rusia untuk secara aktif menggunakan teknologi siluman, mirip dengan F-22 Raptor Amerika Serikat. Su-57 mampu menunjukkan kecepatan melebihi Mach 2 dan dapat dipersenjatai dengan berbagai senjata jarak jauh untuk serangan dan pertahanan.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

7. MIKOYAN MIG-35 RUSIA

Pesawat ini mereupakan advanced tactical fighter lain yang muncul dari Rusia. MiG-35 juga ditawarkan untuk ekspor dan cukup fleksibel untuk dipersenjatai dengan berbagai macam senjata. MiG-35 adalah pesawat pertama Rusia yang dilengkapi dengan radar array yang dipindai aktif secara elektronik yang dapat menjangkau sejauh 160 kilometer untuk mendeteksi target udara dan 300 kilometer untuk kapal perang.

8. SAAB GRIPEN E SWEDIA

Pada Februari 2019, Komandan Angkatan Udara Swedia memamerkan pesawat tempur SAAB Gripen E sebagai pembunuh khusus pesawat Sukhoi Rusia tingkat lanjut. Pesawat tempur Gripen tidak secepat atau bersenjata seperti pejuang Sukhoi, tetapi kekuatan utamanya terletak pada kemampuan gangguan elektroniknya. Selama latihan, Gripen dilaporkan dapat menyelinap membuntuti Eurofighter Typhoon tanpa terdeteksi. Jika hal itu benar-benar terjadi, pesawat Sukhoi pada akhirnya tidak lagi terlalu menantang.

9. EUROFIGHTER TYPHOON EROPA

Pesawat tempur Eurofighter Typhoon adalah hasil usaha gabungan besar-besaran antara 4 negara Eropa, Inggris, Jerman, Italia, dan Spanyol. Pesawat tempur itu sengaja dirancang agar secara aerodinamis tidak stabil sehingga sangat lincah dan memiliki manuver gesit di langit. Eurofighter Typhoon dapat mencapai kecepatan supersonik dalam 30 detik dan naik pada kecepatan 18.897,6 meter per menit. Dalam hal pertarungan udara, Eurofighter Typhoon merupakan petarung ulung.

10.EA-18G GROWLER AS

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Growler berasal dari pesawat tempur F/A-18 Hornet dua kursi yang dipertangguh oleh pertempuran, pesawat serang utama Angkatan Laut Amerika Serikat. Mereka biasanya dipersenjatai dengan seperangkat senjata elektronik untuk menindas pertahanan udara musuh seperti stasiun radar sebelum pesawat lain memasuki teater tempur. Growler juga dapat dipersenjatai dengan rudal konvensional serta beroperasi dari pangkalan darat dan kapal induk.

11. F-15 EAGLE AS

Tidak ada F-15 Eagle yang kalah dalam pertempuran udara-ke-udara. Hal itu tergolong legendaris bagi pesawat terbang yang telah digunakan untuk bertempur pada beberapa kesempatan oleh beberapa negara sejak pertama kali terbang pada 1972. Pesawat tempur F-15 Eagle adalah Raja Langit yang tidak terbantahkan hingga Raptor F-22 muncul. Pada Januari 2020, Angkatan Udara AS memerintahkan pembelian F-15EX Eagles baru, variasi modern yang dapat membawa hingga 22 rudal udara-ke-udara.

12. F/A-18 SUPER HORNET AS

F/A-18 Super Hornet adalah pesawat serang utama Angkatan Laut Amerika Serikat dan dirancang untuk beroperasi secara mulus di atas kapal induk di laut lepas. Block III Super Hornet adalah varian terbaru dari pesawat serbaguna ini yang dipenuhi dengan komunikasi modern dan sistem senjata yang akan membuatnya menjadi lawan yang lebih tangguh di teater pertempuran.

13. B-2 SPIRIT AS

Pesawat pengebom bersayap kelelawar B-2 Spirit adalah pengebom jarak jauh paling canggih yang ada saat ini. Amerika Serikat memiliki semua pengebom B-2 di dunia. Sebanyak 20 pengebom B-2 masing-masing dikembangkan dengan biaya total lebih dari US$2 miliar. B-2 memiliki penampang radar sekitar 0,0001 meter persegi atau seukuran lebah. Pesawat pengebom itu hampir mustahil untuk dideteksi dan kemampuan membawa lebih dari 18.000 kilogram amunisi sehingga B-2 bisa menjadi musuh yang sangat mematikan.

14. P-8 POSEIDON AS

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Dirancang terutama sebagai senjata ofensif, pesawat patroli maritim P-8 Poseidon adalah pemburu kapal selam terbaik di langit. P-8 didasarkan pada Boeing 737 komersial, tetapi kulit aluminiumnya 50 persen lebih tebal dan dikondisikan untuk operasi militer. Pesawat ini juga dikemas penuh dengan beragam sensor dan peralatan lainnya yang dapat mendeteksi kapal selam musuh dari kedalaman dan kapal-kapal laut lainnya, kemudian meluncurkan serangan dengan torpedo, rudal anti-kapal Harpoon, ranjau laut, atau bahkan peledak kedalaman (depth charges).

15. RQ-4 GLOBAL HAWK AS

Inilah Pesawat Millitary Paling Mematikan Yang Sudah Ada Didunia

Pesawat nirawak RQ-4 dikendalikan dari jarak jauh, tetapi bukan drone biasa. Setiap unit RQ-4 membutuhkan biaya pengembangan US$220 juta. RQ-4 dapat beroperasi pada ketinggian 18.288 meter dan tetap tinggi selama 34 jam. Pesawat nirawak tersebut dapat dilengkapi dengan berbagai peralatan termasuk lensa telefoto raksasa untuk menangkap gambar terperinci dari ketinggian di langit. Jangkauan operasinya sejauh 12.000 mil laut menjadikan RQ-4 sebagai “mata-mata udara” yang sempurna untuk pengintaian rahasia.