Inilah Tips Mengkonsumsi Pisang Dalam Sehari

Inilah Tips Mengkonsumsi Pisang Dalam Sehari dan Effectnya Untuk Kesehatan – Apapun yang dilakukan dengan berlebihan memang tidak baik. Hal ini juga berlaku dalam hal mengonsumsi makanan sehat seperti buah pisang. Meskipun tinggi akan kandungan nutrisi yang menyehatkan, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya.

Inilah Tips Mengkonsumsi Pisang Dalam Sehari dan Effectnya Untuk Kesehatan

Inilah Tips Mengkonsumsi Pisang Dalam Sehari dan Effectnya Untuk Kesehatan
Inilah Tips Mengkonsumsi Pisang Dalam Sehari dan Effectnya Untuk Kesehatan

Pisang adalah salah satu buah yang popularitasnya cukup tinggi. Di Indonesia, pisang sering disajikan sebagai makanan penutup. Buah berwarna kuning ini mempunyai rasa yang manis dan tekstur empuk yang legit. Tidak hanya enak, pisang juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Dalam sebuah pisang terkandung serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang dibutuhkan tubuh. Untuk kamu yang gemar mengonsumsi pisang, yuk, ketahui 7 kandungan pisang dan manfaatnya untuk kesehatan di bawah ini.

Kandungan Gizi Konsumsi Pisang per 100 gr

Energi: 99 kkal
Protein: 1,2 gr
Lemak: 0,2 gr
Karbohidrat: 25,8 gr
Kalsium: 8 mg
Fosfor: 28 mg
Zat Besi: 1 mg
Vitamin A: 146 IU
Vitamin B1: 0,08 mg
Vitamin C: 3 mg

Menurut Pusat Data Pangan Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu pisang berukuran sedang dengan berat 118 gram memiliki 105 kalori, 27 gram karbohidrat, 3 gram serat, 0,3 gram lemak, dan 1 gram protein. Pisang tersebut juga mengandung 17 persen vitamin C, 12 persen vitamin B6, dan 12 persen kalium, 16 persen mangan, dan 18 persen magnesium dari nilai harian atau daily value (DV).

Meski mengandung lemak dan protein, pisang tidak mencukupi asupan nutrisi penting yang direkomendasikan setiap hari. Padahal, protein merupakan nutrisi penting untuk kekebalan tubuh, kesehatan tulang, pembentukan otot, perbaikan jaringan, menurut studi diterbitkan dalam U.S. National Library of Medicine.

Jangan Makan Pisang Lebih dari Jumlah Ini
Berapa banyak buah pisang yang dianggap aman dikonsumsi dalam sehari?

Hingga saat ini pakar kesehatan belum menemukan batasan pasti seberapa banyak pisang yang dianggap aman untuk dikonsumsi dalam sehari, namun sebagian pakar menyebut dua pisang sudah cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi. Jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, bisa jadi efek yang akan didapatkan adalah pusing kepala atau jantung yang berdebar-debar. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan potasium dan vitamin B6 di dalamnya. Jika kita mengonsumsi kedua nutrisi ini dengan berlebihan, maka efeknya tentu kurang baik.

Dampak lain dari makan pisang berlebihan

Selain potasium, pisang juga memiliki kadar kalium yang sangat tinggi. Sebagai informasi, dalam sehari tubuh membutuhkan kalium sebanyak 3.500 mg. Jumlah ini bisa dipenuhi dengan mengonsumsi 7 buah pisang. Masalahnya adalah kita juga mendapatkan kalium dari makanan lainnya. Jika kita mengonsumsi pisang dengan berlebihan, maka kadar kalium di dalam tubuh akan berlebihan sehingga bisa menyebabkan efek kurang baik.

Berikut adalah beberapa efek lain dari makan pisang berlebihan.
Mudah mengantuk

Di dalam pisang terdapat kandungan tryptophan yang tinggi. Kandungan ini bisa membuat kita lebih mudah mengantuk. Sebagai informasi, kandungan karbohidrat di dalam pisang akan menghambat asam amino memasuki otak sehingga membuat produksi hormon serotonin meningkat. Hormon ini bisa membuat pikiran menjadi rileks dan akhirnya membuat kita mengantuk. Selain itu, di dalam pisang juga terdapat kandungan magnesium yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa membuat otot lebih rileks dan akhirnya membuat kita lebih mudah mengantuk.

Ketidakseimbangan hormon

Di dalam pisang terdapat kandungan xeniobiotik yang bisa mempengaruhi hormon estrogen pada tubuh kaum wanita dan hormon androgen pada tubuh kaum pria. Kekacauan hormon ini bisa berimbas buruk pada kesehatan dan sistem yang berjalan pada tubuh. Sebagai contoh, kaum hawa bisa mengalami kekacauan siklus haid atau merasakan tubuh yang lelah dengan berlebihan jika makan pisang terlalu banyak.

Kekacauan kadar gula darah

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk tidak sembarangan mengonsumsi buah pisang. Jika ingin memakannya, mereka harus berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan gula alami atau glukosa di dalam pisang yang cukup tinggi. Karena alasan inilah pisang memiliki asa yang manis. Jika sampai penderita diabetes sering makan pisang dalam jumlah banyak, dikhawatirkan hal ini akan membuat kadar gula darahnya melonjak dan bisa memicu datangnya komplikasi yang sangat berbahaya.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Hiperkalemia

Kondisi ini terjadi akibat tubuh yang mendapatkan asupan kalium dengan berlebihan. Sebagaimana kita sebutkan sebelumnya, pisang termasuk dalam buah dengan kandungan kalium yang tinggi. Jika kita memakannya dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu yang berdekatan, maka akan memicu hiperkalemia dengan gejala tidak teraturnya denyut jantung, tekanan darah terlalu rendah, otot yang terasa lemas, hingga kelumpuhan sementara. Masalahnya adalah jika sampai kondisi hiperkalemia ini tidak diatasi dengan baik, dikhawatirkan akan memicu gagal jantung yang mematikan.

Melihat fakta ini, konsumsilah pisang dengan jumlah yang tidak berlebihan. Kita bisa memvariasikannya dengan buah-buahan lain jika memang ingin menjadikan buah sebagai camilan. Dengan melakukannya, maka kita pun akan tetap mendapatkan manfaat kesehatan dari buah pisang.