Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah

Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah – Sudah diketahui bersama bahwa masakan Padang punya banyak rumah makannya sendiri di berbagai daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Padang sendiri adalah salah satu wilayah di Sumatera Barat yang juga terkenal dengan makanan berbahan dasar daging dan santan. Soal rasa, masyarakat Minangkabau lebih menyukai rasa pedas, sehingga kebanyakan masakannya adalah bercita rasa pedas.

Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah

 

Bila kamu mencoba untuk mengetahui makanan apa saja yang endemik dari Sumatera, maka kami telah memberikan daftarnya. Tidak hanya menambah wawasan, kedua puluh tujuh makanan persembahan MakananOlehOleh.com ini bisa menjadi referensi kamu saat berkunjung ke provinsi dengan semboyan Tuah Sakato tersebut. Inilah daftar makanan khas Sumatera Barat yang disertai dengan gambar, keterangan, dan penjelasannya.

Kacimuih

Olahan khas Sumatera Barat cukup melimpah, yang pertama ada kacimuih. Walaupun dibuat dengan bahan dasar singkong yang cenderung ‘ndeso’, namun setelah jadi kacimuih maka rasanya akan berbeda.

Pembuatannya dilakukan dengan bahan singkong, gula (bisa gula putih bisa gula merah), dan parutan kelapa. Bentuknya sendiri terbilang sederhana, ketela pohon tadi akan ditumpuk dengan kelapa parut maupun gula. Namun rasanya akan sangat nikmat di mulut, ada rasa gurihnya parutan kelapa maupun manisnya gula.

Galamai

Galamai di Sumatera Barat sangatlah populer, sehingga beberapa kota seperti Payakumbuh, Pariaman, Pasaman, dan Solok mempunyai cara memasaknya sendiri.

Namun kebanyakan makanan asal Sumatera Barat dengan nama lain kalamai ini memiliki komposisi bahan serupa, seperti tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah.

Mungkin ketiga bahan pertama sudah tidak asing lagi bagi pembuatan dodol atau jenang, karena galamai memang mirip kedua makanan tersebut. Bedanya hanya pada taburan kacang tanah yang menghiasi galamai, sehingga terdapat cita rasa yang berbeda dibanding kedua olahan dari Jawa itu.

Sala Lauak

Selain Padang, kota besar lain di Sumbar adalah Pariaman yang juga punya makanan khas, diantaranya adalah sala lauak. Makanan asli Sumatera Barat ini dibuat menggunakan ikan karena daerah Pariaman adalah daerah pesisir dengan hasil ikan yang cukup banyak.

Sesuai namanya, yang berarti goreng dari kata sala, maka cara pemasakan sala lauak juga dengan cara digoreng. Namun penggorengan itu terjadi apabila adonan dari daging ikan yang telah halus dicampur dengan tepung sebagai luarannya telah dibuat.

Dalam proses pembuatan adonan tersebut nantinya akan dibuat bulat atau pipih, bisa juga sesuai selera baru bisa digoreng.

Karupuak Sanjai

Karupuak sanjai adalah keripik yang berasal dari daerah Bukittinggi, tepatnya di Jalan Sanjai, desa Manggis. Mungkin agak aneh memang, namanya yang karupuak, justru ternyata olahan ini adalah keripik yang dibuat dari singkong.

Sejarah keripik ini berasal dari jalan Sanjai, di tahun 1970-an, di sana terdapat 3 orang pembuat keripik, mereka adalah Amai Seram, Amai Terimalah, dan Amai Malan. Ketiga nenek itu kemudian saling sikut untuk menjualnya di Kawasan Pasar Atas, Bukittinggi.

Kini keturunan mereka bertiga adalah penjual keripik ini, bahkan warga sekitar juga ikut-ikutan membuatnya, sehingga jalan Sanjai kini menjadi sentra keripik sanjai.

Ale-ale
Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah
Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah

Salah satu makanan asli Sumatera Barat adalah ale ale apam yang sangat terkenal di desa Silungkang Duo, Sawahlunto. Bentuknya sendiri hampir sama dengan serabi yang ada di Jawa, namun punya rasa yang berbeda.

Rasanya yang enak membuat anak-anak hingga orang dewasa banyak menyukainya, bahkan para perantauan dari Sawahlunto kerap memesannya saat ada acara di kota perantauan mereka. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan tradisional ini adalah beras putu, gula jawa, air kelapa, dan parutan pandan.

Kue Bika Panggang
Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah
Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah

Jika Sumatera Utara memiliki Bika Ambon, Di Sumatera Barat sendiri juga memiliki kue bika yaitu Bika Panggang yang terbuat dari campuran adonan tepung beras, kelapa dan gula pasir atau gula merah.

Kue Bika yang dipanggang ini merupakan salah satu jajanan yang paling dirindukan oleh para perantau yang berasal dari Minang.

Lamang Tapai
Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah
Jajanan Manis Khas Sumatra Barat Padang Yang Terkenal dan Murah

Bagi orang Minang, Lamang Tapai atau Lemang Tape adalah salah satu primadona untuk makanan berbuka, Lebaran dan sejumlah acara pesta rakyat di Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, kue ini terdiri dari lamang dan tapai.

Lamang merupakan ketan yang diberi santan lalu dimasukkan dalam bambu muda dan dipanggang atau ada juga yang dibungkus daun diisi parutan kelapa lalu di kukus.

Tapai yang dimaksud adalah kuah yang disantap bersama lemang yang merupakan tape ketan yang dibuat melalui fermentasi . Lamang tapai diolah menjadi 3 varian yaitu Lamang tapai original, Lamang tapai pisang dan Lamang tapai baluo (Lamang yang diisi dengan kelapa parut yang dicampur dengan gula merah).