Jenis Keju Paling Unik Yang Salah Satunya Memakai BELATUNG

Jenis Keju Paling Unik Yang Salah Satunya Memakai BELATUNG – Jenis keju aja yang kamu tahu dan udah pernah kamu makan? Cheddar, Chevre, Mozarella, Edam, atau apa? Kayaknya sih yang paling sering ditemui tuh mozarella sama cheddar. Ya kan? Nah, ngomongin jenis keju, P!

Jenis Keju Paling Unik Yang Salah Satunya Memakai BELATUNG

Mau ngenalin jenis-jenis keju yang paling unik nih. Kenapa unik? Soalnya harganya yang nggak biasa plus cara pembuatannya yang beda banget deh. Keju yang penuh kejutan dan mengejutkan. Hihi. Tanpa banyak basa basi takut ntar makin basi, ini nif lima keju terunik di dunia.

Pule

Ini nih keju paling mahal di dunia. Harganya 1700 dolar AS atau sekitar Rp 23 juta per 0,5 kilogram. Keju ini dibuat di Zasavica Special Nature Reserve, Belgrade, Serbia. Kenapa harganya mahal? Soalnya bahan yang dipakai adalah susu keledai. Butuh 25 liter susu untuk setiap 1 kilogram keju. Buat yang belom tahu, harga 1 liter susu domba tuh cukup mahal, sekitar Rp 600 ribu.

Epoisses

Epoisses adalah salah satu keju yang baunya paling menyengat. Saking parahnya, keju ini nggak boleh dibawa di alat transportasi umum di Perancis. Kalo lo pernah nyium aroma orang yang nggak mandi selama seminggu, ya kayak gitu kira-kira aroman Epoisses ini.

Casu Marzu

 

Keju ini yang terbuat dari susu domba ini sangat terkenal di Sardinia. Casu marzu juga dikenal sebagai “maggot cheese” karena keju ini emang dibikin dengan bantuan belatung. Menurut penduduk lokal keju ini nggak aman dimakan kalo belatung di keju udah mati. Oleh karena itu mereka biasanya makan saat si belatung kecil masih hidup.

Halloumi

Halloumi merupakan keju tradisional dari Cyprus. Keju ini susah banget melelehnya. Kalo cuma dipanggang aja sih nggak akan meleleh. Biasanya keju ini dimakan sama semangka.

Clawson Stilton Gold

Dari namanya aja udah keliatan dong kalo keju ini mengandung emas. Yups, emang bener banget. Ada seseorang yang sengaja bikin keju stilton tapi ditambahi sama emas. Alhasil, keju ini harganya 67 kali lipat dibandingkan keju stilton biasa. Harganya sekitar Rp 13 juta per kilogram. Saking mahalnya, keju ini disebut sebagai keju asal Inggris yang paling mahal. Oya, emas yang dikeju ini bisa dimakan kok.