Khasiat Yang Belum Diketahui Dari Tripang Emas Baik Untuk kesehatan

Khasiat Yang Belum Diketahui Dari Tripang Emas Baik Untuk kesehatan – Manfaat teripang emas untuk kesehatan sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di Asia. Teripang sendiri merupakan hewan laut yang tidak bertulang belakang dan bertubuh panjang yang umumnya paling banyak ditemukan di daerah Asia Pasifik. Teripang biasanya juga disebut dengan istilah gamat.

Khasiat Yang Belum Diketahui Dari Tripang Emas Baik Untuk kesehatan

Khasiat Yang Belum Diketahui Dari Tripang Emas Baik Untuk kesehatan
Khasiat Yang Belum Diketahui Dari Tripang Emas Baik Untuk kesehatan

Manfaat teripang emas untuk kesehatan dipengaruhi oleh berbagai kandungan nutrisi tersebut. Dalam dinding tubuh teripang emas juga terdapat berbagai protein seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin. Teripang emas dianggap bisa menyembuhkan sejumlah penyakit.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, tentang manfaat teripang emas:

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat teripang emas yang pertama adalah dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini dikarenakan teripang mengandung komponen yang dianggap dapat melawan tumor dan kanker, misalnya desholothurin A dan lainnya. Bahan aktif antitumor ini bekerja untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

Hewan laut ini juga mengandung zat yang disebut sitotoksin, zat yang terbukti dapat melawan sel kanker. Zat ini memiliki efek perlawanan pada lima jenis sel kanker, yaitu kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teripang emas juga merupakan bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan asam amino yang terdapat dalam teripang ditengarai mampu melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada dinding tubuh teripang terdapat berbagai protein, yaitu glisin, alanin, asam glutamat, dan arginin. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tingginya kadar dan kualitas protein teripang ini diduga dapat membantu mengurangi trigliserida dan kolesterol dalam darah. Jenis-jenis protein ini juga berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh.

Melawan HIV dan Herpes Simpleks

Manfaat teripang emas selanjutnya dipengaruhi oleh kandungan asam lemak. Teripang mengandung asam lemak yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh. Selain itu, terdapat pula zat-zat lain, seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin.

Zat-zat tersebut diduga juga berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jaringan saraf, dan mengurangi rasa sakit. Beberapa penelitian menyatakan bahwa ekstrak teripang memiliki sifat antivirus yang dapat melawan virus HIV dan herpes simpleks.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Teripang emas mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit serta asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka.

Hal ini tidak hanya dilakukan untuk luka luar tetapi juga bisa untuk mengobati luka yang terdapat di dalam tubuh seperti infeksi pada usus atau lambung. Bisa dikonsumsi dalam bentuk tablet atau dioleskan sebagai salep pada luka.

Memperbaiki Fungsi Ginjal

Dikutip dari Health Line, sebuah penelitian membuktikan bahwa teripang emas mampu mengontrol tingkat oksidasi yang bisa berpotensi mengganggu kinerja ginjal. Hal ini bagus bagi penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal atau hanya sekadar menjaga fungsi ginjal agar bekerja sebagai mana mestinya.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat teripang emas untuk kesehatan selanjutnya adlaah untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Teripang memiliki zat aktif yang bersifat antikoagulan, atau dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

Zat ini disebut fucosylated chondroitin sulfate (FCS). Teripang juga memiliki dampak baik untuk memelihara kesehatan pembuluh darah jantung dan dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan jantung karena efek antiradang yang dimilikinya.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Menurunkan Kolesterol

Teripang emas merupakan bahan makanan yang mengandung lemak sehat, sehingga ditengarai mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh bisa menjadi sumber awal berbagai penyakit yang muncul.

Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat teripang emas selanjutnya adalah mengatasi nyeri sendi. Kandungan kondoritin sulfat berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi.

Memperbaiki Fungsi Ginjal

Dikutip dari Health Line, sebuah penelitian membuktikan bahwa manfaat teripang emas mampu mengontrol tingkat oksidasi yang bisa berpotensi mengganggu kinerja ginjal. Hal ini bagus bagi penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal atau hanya sekadar menjaga fungsi ginjal agar bekerja sebagai mana mestinya.

Mencegah Diabetes

Sebesar sekitar 86,8% teripang emas sarat akan kandungan protein. Hal ini tentunya menjadikan teripang emas bermanfaat bagi penderita diabetes karena kandungan protein tersebut dinilai mampu untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh.

Mencegah Keriput Kulit

Manfaat teripang emas berikutnya berguna untuk kesehatan kulit. Hal ini karena zat peptida yang terkandung di dalamnya, Dikutip dari Prevention, sebuah studi di Inggris menemukan bahwa teripang memiliki manfaat untuk kulit. Teripang yang diekstrak dapat mengatasi kulit tipis, garis-garis halus, dan kering pada kulit orang dewasa.

Hal ini karena peptida mengandung kolagen yang berfungsi untuk melembutkan jaringan kulit dan menjaga kulit terhindar dari kerusakan. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat teripang emas untuk kulit ini.