Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon

Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon

Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon – Jika anda telah beli salmon yang berkualitas baik dan ingin mengonsumsinya untuk keluarga di rumah, maka anda harus mengolah ikan salmon dengan benar. Berdasarkan pengalaman sendiri, memasak ikan salmon bukanlah hal yang mudah karena teksturnya yang lunak sehingga lebih mudah hancur dibandingkan dengan ikan yang lain.

Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon

Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon

Satu hal yang penting sebelum memasak ikan salmon adalah merendamnya di air garam atau dilumuri jeruk nipis selama 10-15 menit untuk menghilangkan bau amis dan menambah rasa. Setelah itu, anda bisa mengolah ikan salmon sesuka hati anda.

Teknik Mengolah Ikan Salmon Dengan Benar
Merebus atau mem-poach
Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon
Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon
  1. Merebus dan mem-poach ikan salmon memiliki prinsip yang sama, yaitu memasukkan salmon ke dalam air, menambahkan bumbu-bumbu, dan memanaskannya. Teknik ini akan membuat tekstur daging salmon menjadi jauh lebih lembut dan lunak. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam teknik ini adalah penggunaan airnya.
  2. Gunakanlah sedikit air untuk merebus salmon, namun usahakan salmon tetap terendam air. Hal ini dilakukan untuk mencegah daging salmon hancur ketika diolah karena teksturnya terlalu lunak. Anda juga bisa mengecek suhu ikan salmon dengan thermometer. Suhu ideal yang menunjukkan salmon telah matang sempurna dengan teknik ini adalah sekitar 45ᵒC. Contoh masakan dengan teknik ini yaitu sup ikan salmon.
Memanggang
Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon
Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon
  • Memanggang salmon adalah salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan semua aroma dan citarasa ikan. Teknik ini bisa anda lakukan di atas pemanggang (grill) arang, ataupun memanggang di atas kompor dengan wajan datar anti lengket yang telah diberi minyak zaitun atau mentega. Lumuri ikan dengan sedikit minyak agar mencegah ikan salmon menempel lengket di panggangan. Tetapi jangan panggang ikan salmon terlalu lama karena kandungan gizinya bisa hilang.
  • Selain itu, ikan salmon bisa gosong dan justru mengandung senyawa karsinogen berbahaya bagi tubuh anda. Untuk meningkatkan citarasa salmon, anda bisa membumbuinya dengan bumbu favorit. Beberapa varian hidangan dari ikan salmon yang dipanggang adalah steak salmon saus lemon dan salmon panggan saus teriyaki.
Mengukus/Steam
Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon
Manfaat dan Tips Mengolah Ikan Salmon
  • Kalau biasanya teknik ini digunakan untuk membuat pepes, anda juga bisa menggunakannya untuk memasak ikan salmon. Sama seperti teknik merebus, hal yang perlu diperhatikan dalam teknik ini adalah banyaknya air yang digunakan untuk mengukus. Air yang terlalu banyak akan menyebabkan banyaknya uap sehingga tekstur ikan salmon bisa menjadi hancur karena terlalu lunak. Gunakanlah air secukupnya, tak usah berlebihan. Salmon bisa dikukus atau tim dengan tambahan bumbu-bumbu lezat agar lebih lezat. Salah satu sajian lezat dengan teknik ini yaitu tim salmon bumbu jahe.
  • Sajian ikan salmon memang mudah ditemukan di banyak restoran, namun apa salahnya jika anda mulai memasak hidangan ikan salmon sendiri? Anda bisa pilih jenis sajian sesuai selera yang tentu akan membuat bersantap jadi lebih lahap. Selamat mencoba di rumah!
Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan
Menurunkan tekanan darah
  • Merujuk pada buku ‘Healing Foods’ yang diterbitkan DK Publishing, salmon disebut sebagai ikan kaya asam lemak omega-3, asam eicosapentaenic (EPA), dan asam docosahexaenoic.
  • Kombinasi dengan selenium berlimpah, dan asam lemak omega 3 membantu menurunkan tekanan darah.
  • Seperti yang telah dipahami, tekanan terhadap tingkat kolesterol dan peradangan dalam darah mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Menurut dokter Simran Saini, Ahli Nutrisi di Rumah Sakit Fortis, salmon pun sangat baik untuk kesehatan kardio-muscular.
Sumber lemak sehat
  • Konsultan Nutrisi dokter Rupali Dutta mengatakan, salmon adalah sumber lemak sehat yang baik.
  • Asupan EFA (asam lemak esensial) yang seimbang dan cukup dapat membantu membakar lemak tubuh dan memberi energi.
Mengurangi berat badan

Salmon disebut-sebut sebagai salah satu makanan dengan proporsi protein yang sangat besar. Sehingga, jumlah kandungan protein yang besar itu membuat salmon menjadi salah satu sahabat terbaik untuk menurunkan berat badan secara sehat. Ikan salmon memiliki lemak jenuh lebih sedikit daripada kebanyakan daging merah.

Sumber vitamin dan mineral

Ikan salmon, berdasarkan buku ‘Healing Foods’, disebut sebagai ikan berlemak yang sarat dengan vitamin A, D, E dan K. Rangkaian vitamin tersebut bermanfaat bagi sendi tulang, mata, memberi “makan” otak, memperbaiki otot, dan mengatur keseimbangan metabolik.

Meningkatkan daya ingat
  • Memiliki kesulitan untuk berkonsentrasi? Atau mengingat tanggal dan komitmen penting? Menurut dokter Dutta, salmon menghasilkan nutrisi bagi otak.
  • Kandungan asam lemak omega-3 yang kaya membuat salmon mempertajam kemampuan otak, dan memperbaiki retensi ingatan. Salmon ini juga diketahui dapat mengurangi risiko demensia dan hilangnya fungsi mental.
Anti inflamasi
  • Sifat anti-inflamasi Salmon menjadikannya salah satu makanan yang paling disukai di dunia kesehatan. Salmon dikenal pula rendah asam lemak omega 6 pro-inflamasi yang dikatahui banyak ditemukan dalam makanan “modern”.
  • Inflamasi atau juga dikenal dengan sebutan peradangan, adalah upaya tubuh untuk perlindungan diri. Tujuannya adalah untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen, dan memulai proses penyembuhan.
Kulit sehat

Mengkonsumsi salmon sebagai bagian dari diet rutin juga memberi manfaat bagi kulit yang sehat. Menurut dokter Dutta, asam lemak esensial yang ada dalam salmon mendorong kulit untuk menahan air, membuatnya halus, lentur, dan awet muda. Baca juga : Ketika Harga Salmon Lebih Murah Dibanding Rokok

Menjaga tubuh tetap hangat

Salmon bisa menjadi makanan terbaik untuk mengisi musim dingin, karena membuat tubuh tetap hangat. Mintalah salmon panggang, sertakan dalam salad, sandwich, dan manfaatkan sebagian besar bagian ikan yang berlemak.

Pelumas sendi
  • Menurut dokter Saini, asam lemak esensial dan kandungan mineral yang ada dalam salmon juga membantu memberikan pelumasan pada persendian.
  • Oh iya, salmon yang dibakar memberika manfaat kesehatan maksimal. Namun, ada beberapa persiapan lain yang bisa dicoba untuk menikmati daging ikan ini.
  • Mari, sertakan salmon dalam makanan sehari-hari dan perhatikan efek indah yang terjadi selanjutnya.