Manfaat Jus Tomat Yang Sering Diremehkan Untuk DiKonsumsi

Manfaat Jus Tomat Yang Sering Diremehkan Untuk DiKonsumsi – Siapa yang tidak mengenal buah tomat? Tomat merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim sehingga mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja. Selain mudah didapat, manfaat tomat sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Jus Tomat Yang Sering Diremehkan Untuk DiKonsumsi

Manfaat Jus Tomat Yang Sering Diremehkan Untuk DiKonsumsi
Manfaat Jus Tomat Yang Sering Diremehkan Untuk DiKonsumsi

Secara umum manfaat tomat untuk kesehatan, yang dapat menunjang dan menjadikan gaya hidup menjadi lebih sehat secara alami. Mengonsumsi tomat merupakan langkah yang bijak agar Anda mendapatkan manfaatnya yaitu, menjaga kestabilan, kesegaran dan kebugaran tubuh.

Kandungan Nutrisi Tomat

Manfaat tomat untuk kesehatan berhubungan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin. Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen. Zat inilah yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Tomat memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, namun kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, karotenoid, lutein, gula dan kalium, serta sejumlah besar vitamin B6 dan tiamin.

Manfaat Tomat untuk Menunjang Kesehatan Tubuh
Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Mengatasi peradangan

Manfaat tomat yang pertama yaitu sebagai anti-peradangan karena tomat mengandung tomatine. Selain itu, khasiat tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran pada wajah karena mengandung asam sitrat. Tomat juga bermanfaat untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

2. Mencegah kerusakan kulit

Menurut sebuah penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Manfaat tomat untuk wajah juga membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata dapat membuat mata lebih sehat karena kandungan beta karoten. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

4. Mengatasi penggumpalan darah

Khasiat tomat berikutnya yaitu dapat mengatasi kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan jumlah sperma pada laki-laki. Selain itu, manfaat tomat juga dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

5. Mengatasi bisul

Manfaat tomat yang jarang orang tahu yaitu untuk mengobati bisul. Berikut ini cara mengobati bisul dengan timat; panaskan biji tomat dan dagingnya, kemudian letakan di atas bisul selama beberapa saat.

6. Mengatasi jerawat

Selain bisul, manfaat tomat untuk wajah yang berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 1 bulan.

7. Mengatasi gangguan pencernaan

Selain manfaat tomat untuk kesehatan di atas, ternyata tomat juga dapat memulihkan fungsi lever, mengatasi gangguan pencernaan, penyakit empedu, hingga mencegah kolera.

8. Mengatasi penyakit jantung

Antioksidan likopen yang terkandung dalam tomat dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung, meminimalisir kerutan pada wajah dan bintik hitam karena cahaya matahari.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat terkait erat dengan kesehatan jantung dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

Nutrisi pada tomat juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, terutama pada orang dengan obesitas.

9. Menjaga berat badan

Manfaat tomat untuk kesehatan yang satu ini penting untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet. Cocok buat kamu yang ingin tubuh langsing.

10. Mengobati keseleo

Khasiat tomat yang selanjutnya yaitu sebagai ramuan yang dapat menyembuhkan keseleo. Caranya, hancurkan tomat bersama wijen menggunakan blender. Kemudian dipanaskan sampai berminyak. Lalu minyak tersebut digunakan untuk memijat atau mengurut sendi yang keseleo.

Cara Memilih, Menyimpan, dan Menggunakan Tomat

Berikut ini beberapa cara yang perlu Anda perhatikan bagaimana cara memilih tomat yang bagus, cara menyimpan tomat yang aman, dan bagaimana cara menggunakan tomat dengan benar:

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

1. Memilih tomat yang bagus

Berikut ini ciri-ciri tomat yang berkualitas baik:

  • Tomat tersedia sepanjang tahun dalam keadaan segar dan diawetkan di pasar tradisional hingga supermarket. Ada ribuan varietas tomat yang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna.
  • Dua bentuk umum tomat berbentuk bulat atau seperti buah pir, dan berukuran seperti ceri. Pilih tomat yang kaya warna seperti merah tua, berwarna seperti jeruk segar.
  • Tomat juga tersedia dalam warna kuning dan ungu, tetapi ini kurang asam sehingga tidak memiliki banyak rasa.
  • Tomat selalu berbentuk bagus, tanpa lekuk, retak, atau memar.
  • Kulit tomat harus kencang dan tidak lembek atau kusut. Tomat segar dan matang menghasilkan sedikit tekanan dan mengeluarkan aroma yang manis.
2. Cara meyimpan tomat

Berikut cara menyimpan tomat dengan baik dan benar agar manfaat tomat tetap terjaga:

  • Tomat cukup sensitif terhadap dingin karena dapat menghambat proses pematangannya dan bahkan mengurangi rasanya.
  • Simpan pada suhu kamar, jauh dari sinar matahari langsung dan mengonsumsinya sedini mungkin.
  • Belilah tomat yang matang di pohon karena gula, asam, dan senyawa aroma tetap utuh dalam tomat yang sudah matang. Hindari membeli tomat yang terlalu matang dan lunak.
  • Jika secara tidak sengaja telah membeli tomat yang sedikit mentah, bungkuslah dalam kantong kertas dengan pisang atau apel dan biarkan semalaman. Gas etilen yang dikeluarkan oleh buah-buahan ini akan mempercepat proses pematangan. Simpan di lemari es setelah matang, di mana tomat akan tetap segar selama 2 hingga 3 hari lagi.
  • Keluarkan tomat dari lemari es setidaknya 30 menit sebelum menggunakannya karena ini akan meningkatkan rasa dan kesegarannya.
  • Saat membeli saus tomat, belilah hanya saus tomat organik untuk menghindari residu pestisida yang tidak diinginkan dan kontaminan lainnya. Tomat yang terlalu matang mudah rusak dan harus disimpan di lemari es.
  • Kandungan asam yang tinggi dari tomat adalah alasan utama bahwa tomat lebih dikalengkan daripada buah atau sayuran lainnya. Tomat kaleng tersedia dalam banyak varietas seperti utuh, cincang, dihancurkan, dan dihaluskan dan seperti saus. Tomat kalengan yang belum dibuka dapat dikonsumsi dalam waktu enam bulan, sedangkan tomat yang dibuka harus dikonsumsi dalam waktu seminggu.
  • Anda juga bisa membekukannya jika tomat berlebih. Pembekuan tidak akan mengubah rasa atau tekstur tomat. Yang perlu Anda lakukan adalah mencucinya sampai bersih dan keringkan.
3. Cara menggunakan tomat

Penggunaan ‘sayuran’ serbaguna ini tidak terbatas. Tomat digunakan secara luas dalam masakan dan merupakan makanan pokok dalam masakan. Tomat dicampur dengan bahan-bahan lain untuk meningkatkan rasa hidangan. Tomat hijau digunakan untuk tumisan dan acar dalam masakan.

  • Jus tomat semakin populer sebagai minuman kesehatan yang populer. Pilih jus tomat organik karena mengandung tiga kali lebih banyak likopen daripada tomat biasa.
  • Tomat biasa, terutama tomat ceri digunakan dalam hidangan salad dan sandwich.
  • Anda juga bisa merebus tomat untuk menyiapkan sup tomat, saus, dan hidangan panggang lainnya. Saus tomat buatan sendiri jauh lebih baik daripada yang tersedia di pasaran.

Itulah manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dan cara memilih hingga menggunakan tomat. Selagi mudah didapatkan, yuk mulai sekarang rajin makan tomat, Teman Sehat!