Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan

Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan – Kopi dan Teh merupakan minuman favorit bagi banyak orang di seluruh dunia. Minuman satu ini menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk mengawali pagi agar lebih segar dan bertenaga.

Sejumlah manfaat juga diketahui bisa berdampak luar biasa terhadap kesehatan seseorang. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi kafein termasuk kopi bisa membantu dalam mencegah bertambahnya berat badan.

Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan

Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan

Dilansir dari NY Post, peneliti dari University of Illinois mengungkap bahwa konsumsi kafein bisa membatasi bertambahnya berat badan serta produksi kolesterol. Hal ini bakal tetap didapat bahkan ketika mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula.

Hasil temuan ini didapat berdasar penelitian terhadap sekelompok tikus. Mereka diberi makanan dengan kandungan karbohidrat antara 40 hingga 45 persen serta 15 persen protenin selama 4 minggu.

Tikus-tikus ini diberi juga teh yang kaya kandungan fitokimia, flavonoid, serta asam amino. Kandungan kafein pada tiap porsi berkisar antara 65 hingga 130 miligram. Tikus-tikus ini juga diberikan sumber kafein lainnya.

Pada akhir eksperiman, peneliti mengetahui bahwa tikus yang mengonsumsi kafein memiliki jumlah lemak tubuh yang secara signifikan lebih rendah. Mereka menemukan bahwa kafein menurunkan penyerapan lemak hingga 22 persen dan mengurngai bertambahnya berat badan hingga 16 persen.

Ketika diterapkan pada manusia, peneliti mengungkap bahwa mengonsumsi empat cangkir kopi setiap hari bisa mencegah bertambahnya berat badan.

“Tergantung dari temuan, teh dan kafein bisa digolongkan sebagai agen anti obesitas. Hasil penelitian ini bisa disesuaikan pada manusia untuk memahami peran teh dan kafein sebagai strategi potensial untuk mencegah kelebihan berat badan dan obesitas, serta sejumlah masalah metabolisme yang berhubungan dengan kondisi ini,” terang peneliti Elvira Gonzalez de Mejia.

“Konsumsi kafein dari teh atau sumber lainnya menghilangkan dampak negatif dari lemak tinggi, makanan tinggi sukrosa pada komposisi tubuh karena modulasi dari sejumlah enzim lipogenik tertentu baik pada jaringan adiposa dan hati,”

Manfaat Konsumsi KOPI antara lain:

1. Menurunkan berat badan.

Jangan sedih bila memiliki bentuk tubuh yang sedikit tambun, karena ada berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan meminum kopi secara rutin dan dengan takaran yang pas. Pernah ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa biji kopi mengandung senyawa yang bernama klorogenat, dan kafein yang bisa menurunkan berat badan seseorang. Jadi selain mengatur pola makan, program dietmu akan lebih berjalan dengan lancar bila mengonsumsi kopi.

2. Dapat mencegah diabetes.

Umumya penyakit tersebut dapat terjadi karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Penyakit diabetes dapat terjadi karena hormon insulin yang terdapat di dalam tubuh itu berkurang. Sehingga tidak bisa mengikat dan mengatur kadar gula di dalam darah, dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh mencegah terjadinya diabetes. Tetapi juga harus diimbangi dengan olah raga yang teratur serta menjaga pola makan.

3. Mengurangi tingkat stres dan depresi.

Apabila seseorang sedang merasa depresi karena pekerjaan yang menumpuk atau sedang dikejar deadline tugas, kopi merupakan salah satu minuman yang pas untuk mengobati dan mengurangi perasaan tersebut. Buatlah secangkir kopi hangat sesuai selera kalian, setelah itu pasti akan merasakan perasaan rileks, bahagia dan lebih semangat untuk melanjutkan aktivitas kalian kembali.

4. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Semua jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam takaran yang pas, tentunya akan berdampak positif bagi tubuh bukan? Salah satunya kopi, jika kopi dikonsumsi secra teratur dan takarannya pas, maka kopi bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh lo. Jika metabolisme dalam tubuh lancar maka lemak-lemak jahat yang ada di dalam tubuh akan hilang dengan sendirinya.

5. Meningkatkan daya ingat.

Tidak bisa dimungkiri, bila usia seseorang bertambah maka daya ingatnya akan berkurang. Hal itu bisa diatasi dengan mengonsumsi kopi lho. Jadi kalau sudah mulai sering lupa, maka kopi merupakan salah satu cara yang paling baik dan aman untuk meningkatkan kembali daya ingat kalian.

6. Meredakan sakit kepala.

Patinya tidak ada orang yang ingin terserang sakit kepala kan? Namun bila anda sedang mengalami hal tersebut, salah satu cara yang paling aman untuk meredakan rasa sakit itu adalah dengan mengonsumsi kopi hitam secukupnya. Jadi kalian tidak usah repot-repot membeli obat pereda sakit kepala, cukup membuat secangkir kopi hitam hangat di rumah.

7. Mencegah kanker kulit.

Pernah ada sebuah penelitian menjelaskan bahwa, sebagian besar seseorang yang mengonsumsi kopi setiap harinya, memiliki resiko lebih rendah terkena kanker kulit dibandingkan orang yang jarang meminum kopi. Alasannya adalah kandungan kafein yang ada dalam kopi ternyata bisa menekan sel-sel jahat dalam tubuh yang bisa memicu terjadinya kanker kulit saat terpapar sinar matahari.

8. Menambah antioksidan dalam tubuh.

Taukah kamu? Zat antioksidan tidak hanya terdapat di dalam buah atau sayuran segar saja lho, di dalam kopi juga ada. Di dalam tubuh antioksidan juga merupakan salah satu zat yang paling penting bagi tubuh. Pasalnya, antioksidan sangat bermanfaaat untuk menangkal racun-racun yang ada di dalam tubuh, akibat pola hidup yang tidak sehat, kurang berolah raga dan terpapar polusi saat di jalan.

9. Memperkuat tulang.

Sebagian orang berasumsi bahwa kalsium bisa didapat bila mengonsumsi susu secara teratur. Hal memang benar adanya, namun ada hal yang perlu kalian ketahui, jika kalsium juga bisa didapat dengan meminum kopi secara teratur. Bila tubuh mendapatkan kalsium yang cukup, maka semua tulang yang ada di dalam tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

10. Meningkatkan produktivitas.

Sudah bukan lagi rahasia umum bila kopi mengandung kafein yang tinggi. Wajar bila kopi sering dikonsumsi oleh mereka para pekerja keras, untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Pasalnya kafein bisa mengirim efek stimulan pada saraf pusat yang ada di dalam tubuh, sehingga lebih produktif.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Jenis Teh Beserta Manfaat Mengkonsumsi Teh:
1. Teh Putih: memecah sel lemak

Teh putih memang terasa ringan, tapi fungsinya untuk menurunkan lemak tubuh boleh diadu. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism pada tahun 2009, ternyata ekstrak teh putih membantu memecah sel lemak dan mencegah akumulasi jaringan lemak.

Alasannya, kata para peneliti, kandungan anti-oksidan dalam teh ini cukup tinggi, terutama yang disebut epigallocatechin gallate (ECGC). Bahkan, kandungan anti-oksidan itu dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, diabetes tipe 2 dan memperbaiki konsentrasi.

2. Teh Hijau: memicu penurunan berat badan

Dari sekian banyak jenis, teh hijau adalah yang paling tinggi mengandung ECGC. Kombinasi antara kafein dan ECGC dalam teh hijau terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya, menurut 11 penelitian di International Journal of Obesity. Karena kandungan kafein teh hijau lebih sedikit, Kamu bisa menenggaknya kapan pun tanpa takut akan memengaruhi tidur.

3. Teh Yerba Mate: menurunkan gula darah

Terbuat dari daun dan ranting tanaman yerba mate (Ilex Paraguariensis), teh penurun berat badan Amerika Selatan ini tinggi akan kandungan seperti kafein, teofilin, dan theobromine. Dalam sebuah penelitian pada hewan yang mengonsumsi makanan tinggi lemak—hewan yang mengonsumsi yerba mate memiliki kadar gula darah rendah dan tidak kelebihan berat badan dibanding hewan yang tidak mengonsumsi minuman tersebut.

Orang dengan bobot berlebih yang mengasup suplemen yerba mate selama 12 pekan kehilangan lebih banyak lemak dibandingkan yang tidak, menurut studi pada tahun 2015 yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine. Yerba mate dianggap sebagai pengganti kopi—tanpa rasa pahit—jadi coba ganti secangkir kopi pagi dengan teh ini.

4. Teh Oolong: membantu metabolisme lemak

Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan

Daun teh ini hanya teroksidasi sebagian (teh hitam, misalnya, teroksidasi penuh) sehingga lembut, namun terasa kental saat di seduh. Sisi positifnya, teh oolong dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme lemak, menurut sebuah penelitian di China pada tahun 2009. Dalam penelitian tersebut.

Para penderita obesitas yang mengonsumsi oolong selama enam pekan 2/3 lebih mungkin bisa menurunkan berat badan hampir satu kilogram dan sekitar 12 persen lemak. Belum lagi, tingkat kolesterol dan trigliserida oolong yang tergolong lebih sehat.

5. Teh Hitam: dapat mencegah penyerapan lemak

Di antara jenis teh lain, teh hitam juga dikenal untuk menurunkan berat badan. Ditambah, teh ini terbukti melindungi tubuh dari diabetes. Hasil penelitian dengan subjek hewan menemukan—ekstrak teh hitam dapat membantu mencegah kenaikan berat badan saat tengah mengonsumsi makanan tinggi lemak, karena sifatnya yang menghambat penyerapan lemak selama pencernaan. Meskipun penelitian ini bersifat pendahuluan, namun teh hitam juga terbukti mengandung senyawa tanaman yang disebut polifenol—theaflavin dan thearubigans—yang bermanfaat mencegah lemak.

6. Teh Peppermint

Penelitian pendahuluan dari Wheeling Jesuit University menemukan bahwa orang yang menghirup aroma segar dan mint setiap dua jam selama lima hari mengonsumsi lebih sedikit kalori dan gula. Aroma mint ini sangat ampuh untuk menghalau rasa lapar. Beruntung—tidak seperti permen peppermint—teh peppermint bebas kalori.

7. Teh Matcha

Teh matcha memeliki kandungan ECGC dalam matcha lebih besar dibandingkan teh hijau biasa karena terbuat dari serbuk daun teh hijau. Sebuah studi dari University of Colorado, Colorado Springs, membandingkan keduanya dan menemukan bahwa minum matcha menghasilkan dorongan metabolisme 137 kali dibandingkan dengan teh hijau tradisional. Tipsnya, kalau Kamu merasa matcha terlalu pahit, campur dengan susu dan madu agar terasa lebih nikmat.

8. Teh Jahe: mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang

Rasa dari teh jahe dapat menjadi salah satu pilihan saat Kamu ngidam rasa yang pedas, tapi menyegarkan. Mengonsumsi jahe terbukti mengurangi peradangan dan membuat tekanan darah lebih baik. Dalam sebuah studi di jurnal Metabolism, orang yang meminum minuman jahe dengan sarapan merasa kelaparan yang lebih rendah dan meningkatkan rasa kenyang.

9. Teh Adas
Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan

Beberapa makanan, seperti adas, dapat meningkatkan kadar melatonin di tubuh, hormon yang membantu tidur nyenyak saat malam hari—dan menurut penelitian University of Granada, dapat membantu menghambat peningkatan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung pada orang yang sehat. Nah, tapi teh adas perlu campuran, terutama bagi Kamu yang tidak menyukai licorice. Kamu bisa membeli teh adas yang dicampur dengan peppermint agar lebih nikmat dan berkhasiat.

10. Teh Chamomile
Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan
Manfaat Kopi dan Teh Yang Membantu Mencegah Naik Berat Badan

Teh chamomile sangat dianjurkan untuk diminum sebelum tidur—karena diklaim, pertama, membuat tidur lebih nyenyak. Kedua, minuman ini bebas kafein, sehingga tidak akan membuat terjaga. Ketiga, chamomile memiliki khasiat dari kandungan flavonoid yang disebut apigenin, sehingga aktivitas sistem saraf yang tenang dapat membantu tidur tanpa resah. Hubungannya dengan berat badan? Perlu diingat, tidur yang nyenyak dapat meningkatkan bobot badan yang sehat.