Mencoba Kuliner Legendaris Kawasan Glodok yang Halal

Mencoba Kuliner Legendaris Kawasan Glodok yang Halal

Mencoba Kuliner Legendaris Kawasan Glodok yang Halal

Halo guys kembali lagi dengan mimin di MasihBaru , Kali ini mimin ingin berbagi Info Mencoba Kuliner Legendaris Kawasan Glodok yang Halal nih kepada kalian. Berniat menjelajah kuliner kawasan Glodok Jakarta? Di sana kamu akan menemukan banyak makanan yang mungkin tidak akan ditemukan di tempat lain. Ya, banyak makanan unik nan melegenda di pecinan Glodok dan sekitarnya. Nah, berikut ini MasihBaru memberikan rekomendasi 5 kuliner di kawasan Glodok dan sekitarnya yang unik, enak, dan halal. Halal dalam hal ini tidak mengandung babi dan semacamnya, ya!

1. Rujak Shanghai Encim

Mendengar namanya mungkin kamu berpikir bahwa makanan ini terdiri dari aneka buah. Sehingga begitu mendapatinya kamu akan terkejut.

Mungkin banyak yang menyangka makanan ini enggak halal, tapi tenang, makanan yang ada sejak 1950 ini tidak mengandung babi. Dalam sepiring rujak shanghai akan ditata potongan timun dan lobak, kangkung rebus, serta potongan juhi (cumi besar) dan ubur-ubur yang sudah direbus sebelumnya. Selanjutnya semua bahan dikucuri kecap asin, air bawang putih yang dihaluskan, lalu disiram saus berwarna merah yang rasanya asam dan manis. Terakhir, diberi taburan bubuk kacang.

Bagaimana rasanya? Unik banget. Asam, manis, asin berpadu menjadi satu. Tidak ada rasa dan aroma amis sama sekali. Kalau kamu suka makan tulang muda dan kikil, mungkin kamu akan memfavoritkan rujak shanghai. Sebab tekstur ubur-ubur mirip tulang muda, sedangkan juhi mirip kikil.

2. Kopi Es Tak Kie

Kopi Es Tak Kie memang melegenda banget. Bayangkan, Kopi Es Tak Kie sudah berdiri sejak 1927, lho. Meski sekarang banyak muncul gerai kopi kekinian, namun Kopi Es Tak Kie sepertinya tidak tergerus zaman.

Martin, generasi keempat yang mengelola Kopi Es Tak Kie menjelaskan kedainya mencampur kopi robusta dan arabika pilihan. Ada pilihan kopi lampung dan kopi padang yang lebih kuat.

Kamu bisa memesan kopi hitam atau yang sudah dicampur susu kental manis. Bisa minta ditambah es batu atau dinikmati panas saat udara sedang dingin. Semua sama nikmatnya.

3. Ketoepat Cap Gomeh Gloria

Yang wajib kamu cicipi di kawan Glodok adalah ketupat sayur cap gomeh. Konon rasanya masih sama seperti dulu karena menggunakan bumbu yang sama.

Cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan kunyit jadi bumbu utamanya. Untuk variannya ada ayam kampung, tahu, telur, ati ampela, serta tempe dan kentang. Rasa udang di kuahnya cukup terasa, berpadu dengan gurih dan segar. Ada sedikit rasa manis menyusup dari telur semur yang dimasukkan dalam kuah sayur labu siamnya.

Sambal yang dilengkapi petai membuat sepiring ketupat cap gomeh semakin unik. Nikmat!

4. Sate Padang Petak IX

Sate padang yang satu ini juga legendaris banget. Mereka sudah berjualan sejak 1975 dan mempertahankan rasa aslinya meski telah dikelola dari generasi ke generasi. Seperti di tempat sate padang lainnya, kamu bisa memilih sate daging sapi, paru, lidah, dan lainnya.

Satenya empuk banget, serta kuat rasa dan aroma rempahnya. Bumbunya yang berlimpah sedikit pedas. Perpaduan kenikmatan itu seolah enggak mengizinkan siapa pun yang menyantapnya untuk berhenti menyuap dan mengunyah.

5. Nasi Ulam Misdjaya

Image result for Nasi Ulam MisjayaNasi Ulam Misdjaya sudah ada sejak 1963. Meski sudah lebih dari setengah abad, namun keaslian rasa masih dipertahankan hingga sekarang. Nasi ulam merupakan nasi yang dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah. Biasanya beras yang digunakan adalah beras pera.

Image result for Nasi Ulam MisjayaNasi ulam disajikan dengan bihun goreng, dan aneka pilihan lauk seperti tahu tempe semur, perkedel, dendeng sapi, serta juhi asin. Ada pula telur dadar dan kentang. Konon lauk yang paling juara adalah dendeng sapinya, enggak heran cepat sekali sold out.

Sepiring nasi ulam komplet akan disajikan bersama irisan timun, kuah gurih, kerupuk dan emping, serta daun kemangi. Kalau suka pedas, kamu bisa tambahkan sambal kacangnya.

Mungkin kalian ada yang punya rekomendasi makanan halal di kawasan Glodok yang lain ? Yuk berbagi di kolom komentar ya.