Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Jagung Untuk Tubuh

Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Jagung Untuk Tubuh – Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup populer baik di Indonesia maupun pada berbagai negara lain. Makanan ini bisa jadi pilihan makanan pokok maupun menjadi kudapan dalam berbagai bentuk olahannya.

Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Jagung Untuk Tubuh

Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Jagung Untuk Tubuh
Mengenal Kandungan Gizi dan Manfaat Konsumsi Jagung Untuk Tubuh

Jagung, merupakan salah satu jenis makanan yang digemari hampir di seluruh dunia. Bahkan, beberapa negara menjadikan jagung sebagai makanan pokok di samping nasi dan gandum.

Tak hanya itu, jagung juga terkenal dapat diolah menjadi beragam wujud, mulai dari tepung, popcorn, atau bubur. Selain populer karena rasanya yang lezat, jagung juga ternyata sarat akan kandungan nutrisi.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Jagung

Jagung memiliki kadar kandungan air sekitar 73 persen di setiap penyajiannya, serta kandungan lemak dan protein yang sangat sedikit. Selain itu, dalam tiap buah jagung terkandung sekitar 96 kkal yang dapat melengkapi kebutuhan kalori harian Anda.

Tak hanya itu, jagung juga memiliki kandungan lain diantaranya, protein 3,4 gr, karbohidrat21 gr, glukosa 4,5 gr, serat 2,4 gr, lemak 1,5 gr, omega-3 0,02 gr dan Omega -6 0,59 gr.

Tak hanya itu, jagung juga mengandung beragam vitamin dan mineral di dalamnya. Namun, hal ini akan bergantung pada wujud jagung yang Anda konsumsi popcorn misalnya, akan lebih kaya akan mineral sementara jagung manis lebih kaya akan vitamin.

Mineral yang dimaksud termasuk fosfor, mangan, magnesium, zinc, tembaga, asam folat, niacin, potasium, dan zat besi. Sementara vitamin yang dimaksud termasuk vitamin B6 dan vitamin E.

Manfaat Luar Biasa yang Dikandung dari Sebiji Jagung Untuk Tubuh

Pada tiap butir jagung yang ada, terdapat kandungan banyak vitamin, mineral, serta serat yang bisa menyehatkan tubuh. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang dikandung oleh jagung.

1. Baik untuk Perncernaan

Jagung mengandung banyak serat yang bisa mempercepat proses pencernaan dalam tubuh. Berdasarkan banyak penelitian, satu cangkir jagung ukuran sedang bisa memberikan 10 persen kebutuhan serat dalam sehari.

2. Penting Dikonsumsi Ibu Hamil

Bagi para ibu hamil, konsumsi jagung bisa membantu kesehatan janin di dalam kandungan. Jagung mengandung asam folat yang penting bagi ibu dan janin selama kehamilan.

3. Baik untuk Mata

Mengonsumsi jagung setiap hari baik untuk kesehatan mata. Jagung diketahui mengandung karoten yang bisa menurunkan risiko kerusakan mata. Tak hanya itu, karoten lutein dan zeaxanthin yang ada dalam jagung juga bisa mencegah katarak.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang terkandung dalam jantung bisa membantu menyehatkan jantung. Karotenoid yang ada di dalamnya juga bisa mencegah penebalan arteri dan mengontrol tingkat kolesterol dalam darah.

5. Tinggi Kalori dan Vitamin

Jagung diketahui kaya dengan kalori dan bisa memberikan sekitar 342 kalori per 100 gram. Selain itu, jagung juga mengandung vitamin B, terutama Niacin dan Thiamin yang penting untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

6. Sumber Mineral

Jagung adalah makanan yang mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, zat besi, tembaga, zinc, dan selenium yang sangat penting untuk fungsi organ tubuh. Fosfor yang terkandung dalam jagung juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal. Sementara magnesium bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan mengontrol detak jantung agar tetap normal.

7. Mencegah Anemia

Konsumsi jagung secara teratur bisa mengatasi masalah anemia yang kamu alami. Jagung bisa memberikan asupan vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang baik bagi pembentukan sel darah merah dan mengatasi masalah anemia ini.

8. Mengontrol Diabetes

Pasien diabetes biasanya disarankan untuk mengonsumsi jagung sebagai salah satu bagian dietnya. Hal ini karena dalam jagung terdapat zat yang bisa mengontrol tingkat gula darah.

Penelitian mengungkap bahwa orang yang mengonsumsi jagung juga memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan orang yang tak makan jagung. Zat phytochemicals yang ada di dalamnya diketahui bisa menangkal diabetes.

9. Melawan Kanker

Jagung kaya denang antioksidan yang bisa melawan berbagai macam bentuk kanker. Kandungan phenolic yang ada di dalam jagung adalah zat anti-karsinogen yang menangkal kanker payudara dan kanker hati.

10. Baik untuk Kulit

Tepung jagung telah banyak digunakan dalan kosmetik karena bisa memberikan manfaat untuk kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya bisa menunda proses penuaan. Melakukan pijat dengan minyak jagung juga bisa meningkatkan tekstur kulit untuk membuatnya terlihat lebih bersinar.