Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Mengkonsumsi Rebung Bambu

Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Mengkonsumsi Rebung Bambu – Manfaat rebung bambu kuning sangat banyaak dan baik bagi menjaga kesehatan tubuh. Mungkin manfaat rebung bambu kuning ini masih tidak sepopuler manfaat dari rebung biasa. Rebung adalah bahan makanan yang berasal dari tunas bambu muda yang tumbuh dari dalam tanah yang asalnya dari akar pohon bambu.

Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Mengkonsumsi Rebung Bambu Kuning

Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Mengkonsumsi Rebung Bambu Kuning
Mengenal Manfaat dan Kandungan Gizi Mengkonsumsi Rebung Bambu Kuning
Kandungan Yang Terdapat Pada Rebung Bambu kuning
1. Rendah gula

Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Dengan demikian rebung baik dikonsumsi penderita diabetes.

2. Sumber Protein

Seribu gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

Protein baik untuk memperbaiki sel-sel dan membangun, serta memelihara jaringan tubuh. Jumlah protein yang diserap oleh tubuh untuk pemeliharaan tersebut, bergantung pada keadaan kesehatan.

Misalnya, orang sedang menjalani masa pemulihan setelah operasi dan kecelakaan, membutuhkan asupan protein yang lebih tinggi dari orang biasa. Selain itu, protein dalam jumlah yang lebih besar juga dibutuhkan saat sakit, serta bagi ibu hamil dan menyusui.

3. Kaya vitamin dan mineral

Siapa sangka jika rebung ternyata kaya vitamin dan mineral lho. Rebung mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat.

Lalu mineral yang ditemukan dalam rebung meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

4. Tinggi serat

Rebung juga kaya serat. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram. Mengonsumsi rebung dapat membantu meningkatkan kualitas pergerakan usus yang lebih sehat, sehingga menjaga kita terlindung dari masalah usus

Manfaat Rebung Bambu Kuning

Selain manfaat rebung bambu kuning ini sangat banyak dan baik bagi tubuh, rebung bambu kuning juga memiliki cita rasa yang khas. Bahkan rebung sendiri umumnya dijadikan sebuah isian dari salah satu makanan tradisional dari Semarang, yaitu lunpia. Dengan cara mengolah yang tepat, manfaat rebung bambu kuning tersebut bisa lebih mudah Anda dapatkan.

Berbagai manfaat rebung bambu kuning ini tidak lain karena adanya kandungan vitamin A, vitamin B6, vitamin E, folat, niasin, riboflavin, tiamin dan asam pantotenat. Selain itu, rebung bambu kuning juga kaya akan berbagai macam mineral seperti selenium, kalium, magnesium, natrium, kalsium, fosfor, seng, mangan, besi, serta tembaga. Berikut manfaatnya:

1. Menurunkan berat badan

Rebung biasanya dijadikan salah satu jenis bahan makanan yang digunakan sebagai olahan sayur. Dan ketika Anda sedang dalam program diet, maka sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi sayuran. Sayuran dibutuhkan tubuh ketika sedang diet karena kandungan seratnya yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Selain kandungan serat yang terdapat pada rebung bambu kuning sangat tinggi. Dengan mengonsumsi rebung bambu kuning juga baik dalam melancarkan pencernaan Anda, mengingat serat akan berguna dalam mengencerkan feses agar lebih mudah keluar dari tubuh.

2. Menurunkan kolesterol

Salah satu manfaat rebung bambu kuning selanjutnya yang juga baik bagi tubuh adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Rebung bambu kuning tersebut memiliki kandungan berupa fitonutrien dan fitosterol. Kandungan itu dapat membantu dalam menurunkan kadar lemak jahat yang ada di dalam darah.

3. Menurunkan risiko kanker usus

Salah satu risiko yang bisa terjadi pada pencernaan yang tidak sehat adalah kanker pada saluran usus. Namun, risiko kanker usus tersebut dapat menurun apabila pencernaan dalam keadaan yang sehat.

Sehatnya pencernaan akan berdampak pada optimalnya kinerja usus dalam megeluarkan berbagai zat sisa makanan beserta berbagai zat pemicu kanker. Rebung bambu kuning juga memiliki kandungan berupa senyawa asam fenolik, yaitu senyawa yang termasuk antioksidan yang mampu melindungi jantung serta mencegah berbagai penyakit kanker.

4. Menurunkan risiko stroke

Rebung bambu kuning juga memiliki kandungan kalium. Kandungan kalium pada rebung bambu kuning tersebut juga cukup tinggi, sehingga sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Makanan yang memiliki kandungan kalium minimal 400 mg memang dipercaya dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah. Dan apabila tekanan darah terkontrol maka sejalan dengan menurunnya risiko terkena stroke.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan E yang sangat tinggi dalam rebung ditambah dengan antioksidan dan beberapa asam amino, membuat rebung bisa mencegah kerusakan pada kulit yang sering kali terjadi akibat paparan radikal bebas. Agar kesehatan kulit Anda tetap terjaga, salah satu langkah bisa dilakukan adalah mengonsumsi rebung.

6. Menjaga kesehatan hati

Jenis rebung bambu kuning sebenarnya sudah cukup lama dikenal mampu dalam menjaga kesahatan hati. Bahkan masyarakat zaman dahulu sudah akrab menggunakan rebung bambu kuning untuk mengobati penyakit kuning.

Manfaat rebung bambu kuning bagi kesehatan hati tersebut secara ilmiah juga telah dibuktikan karena rebung bambu kuning ternyata memiliki kandungan hidroksi bemsadelhid. Hidroksi bemsadelhid merupakan fenol yang memiliki senyawa mirip dengan gugusan silimari dan juga kurkumin. Senyawa tersebut memiliki sifat anti-toksin pada hati. Sifat anti-toksin tersebut berfungsi dalam mengatasi lever atau hepatits A.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

7. Mengatur tekanan darah tinggi

Karena tingkat potasiumnya yang tinggi, rebung dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

8. Mengandung sifat antikanker

Tanaman ini mengandung pitosterol yang memiliki sifat anti-kanker yang kuat yang efektif melawan kanker lambung, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker ovarium.

Flavon, klorofil, dan amilase yang ditemukan dalam rebung disebut fitosterol. Selain itu, rebung juga mampu menurunkan risiko kanker usus besar atau kolorektal.

Ini menurut sebuah makalah penelitian yang diterbitkan oleh Vivek Sharma dan Nirmala Chongtham. Rebung juga memiliki senyawa fenolik antioksidan yang bersifat pencegahan terhadap kanker.

9. Membantu mengobati masalah menstruasi / haid

Asupan rebung secara teratur dapat membantu berbagai masalah kesehatan reproduksi pada wanita.

Ini dapat membantu mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur, masalah infertilitas, dan mengurangi nyeri persalinan serta mencegah terlalu banyak kehilangan darah pasca melahirkan.

10. Mencegah gangguan pernapasan

Untuk menggunakannya pada kasus gangguan pernapasan, kita perlu membuat rebusan rebung dengan merebusnya dua kali.

Rebusan pertama selama 5 menit diikuti oleh bisul kedua selama sekitar 10 menit. Untuk hasil terbaik, minumlah air ini bersama madu.

11. Anti-inflamasi

Rebung bambu kuning memiliki kemampuan anti-inflamasi. Kemampuan tersebut dapat membantu dalam mengatasi peradangan. Manfaat anti-inflamasi ini berasal dari kandungan asam fenolik yang terdapat pada rebung bambu kuning. Kandungan asam fenolik tersebut menjadi salah satu komponen terkuat dalam kontribusinya sebagai anti-inflamasi.

Selain itu, rebung bambu kuning ternyata juga baik bagi kesehatan tukak lambung Anda. Rebung bambu kuning ini juga baik apabila Anda memiliki masalah kesehatan seperti asam urat, reumatik serta sclerosis.

12. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat rebung bambu kuning yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karenarebung bambu kuning memiliki banyak sekali kandungan vitamin, antioksidan, mineral, serta serat. Dengan mengonsumsi rebung dengan cara yang tepat maka akan sangat mungkin kekebalan tubuh akan terjaga dan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri, seperti flu.

Namun, meski manfaat rebung bambu kuning sangat banyak bagi kesehatan, dalam mengonsumsinya harus dengan takaran yang tepat dan cara pengolahan yang benar, terutama dari cara memasaknya.