Mengenal Manfaat Konsumsi Beras Merah Untuk Menu Diet Anda

Mengenal Manfaat Konsumsi Beras Merah Untuk Menu Diet Anda – Beras yang diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada jenis beras lain yang juga mempunyai manfaat kesehatan untuk tubuh, yakni beras merah. Tahukah Anda manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh ini?

Mengenal Manfaat Konsumsi Beras Merah Untuk Menu Diet Anda

Mengenal Manfaat Konsumsi Beras Merah Untuk Menu Diet Anda
Mengenal Manfaat Konsumsi Beras Merah Untuk Menu Diet Anda
Nutrisi yang Terkandung dalam Beras Merah
  • Walaupun sama-sama merupakan sumber karbohidrat, tetapi beras merah memiliki komposisi kandungan yang berbeda dari nasi putih. Nasi merah dinilai lebih menyehatkan dibanding nasi putih, sehingga sering dijadikan alternatif karbohidrat untuk orang-orang yang sedang diet. Berikut ini beberapa keunggulan beras merah dibandingkan nasi putih:
  • Beras merah memiliki kulit luar (bran) yang kaya akan berbagai macam nutrisi, seperti serat, mineral (zat besi, zinc, kalium, natrium, dan mangan) dan berbagai macam vitamin, terutama vitamin B. Kulit luar ini masih tetap utuh karena tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan yang berlebihan, sehingga beras merah sangat bergizi untuk dikonsumsi.
  • Beras merah juga kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Oleh karena memiliki serat yang banyak, beras merah dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan memberimu suplai energi secara bertahap sesuai kebutuhan, sehingga asupan kalori dapat terpakai lebih efisien dan tidak menumpuk menjadi lemak.
  • Indeks glikemik pada beras merah hanya sekitar 50-55, yang terhitung lebih rendah dibanding nasi putih, yaitu sekitar 56-78. Indeks glikemik ini adalah angka yang menunjukkan potensi suatu jenis makanan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan kata lain, mengonsumsi beras merah lebih baik daripada nasi putih, karena tidak akan terlalu banyak meningkatkan kadar gula darah yang dapat menyebabkan diabetes dan pertambahan berat badan.
  • Mengonsumsi beras merah juga lebih sehat, karena memiliki kandungan vitamin B yang dapat membantu pembentukan sel darah merah, sterotonin, dan metabolisme karbohidrat. Selain itu, kandungan mineral, seperti zat besi, zinc, dan mangan dalam beras merah bermanfaat untuk menjaga daya tahan serta stamina tubuh.
  • Umumnya, beras merah juga ditanam secara organik, tanpa disemprotkan bahan kimia berbahaya, sehingga jauh lebih sehat.
Berikut beberapa kandungan lainnya:
  • Air: 64 gram
  • Energi: 149 kal
  • Protein: 2,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 32,5 gram
  • Serat: 0,3 gram
  • Kalsium: 6 mg
  • Fosfor: 63 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Natrium: 5 mg
  • Kalium: 91,4 mg
  • Zink: 0,9 mg
  • Tembaga: 0,20 mikrogram
  • Vitamin B3: 1,6 mg
  • Vitamin B1: 0,06 mg
Manfaat Mengonsumsi Beras Merah untuk Kesehatan

Beras yang diolah menjadi nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain beras putih, ada jenis beras lain yang juga mempunyai manfaat kesehatan untuk tubuh, yakni beras merah. Tahukah Anda manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh ini?

1. Gula Darah

Indeks glikemik pada beras merah jauh lebih rendah daripada beras putih. Artinya, seseorang yang mengonsumsi beras merah dapat menurunkan risiko peningkatan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Obesitas

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang lain, yakni dapat mengontrol berat badan yang bisa berujung pada obesitas. Pasalnya, beras merah mengandung vitamin dan mineral seperti mangan sehingga bisa mensintesis lemak tubuh.

3. Kanker

Kandungan selenium dan polifenol pada beras merah bisa mencegah penyakit kanker pada tubuh. Selain itu, manfaat beras merah bagi kesehatan juga mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh.

manfaat beras merah bagi kesehatanmanfaat beras merah bagi kesehatan Foto: detikfood

4. Alzheimer

Beras merah ternyata juga bermanfaat dalam mencegah penyakit alzheimer. Sebab, beras merah diketahui memiliki kandungan asam gama-aminobutyric yang banyak.

5. Jantung

Berdasarkan hasil studi, manfaat beras merah bagi kesehatan jantung juga ada. Sebab, beras merah mengandung komponen yang bisa melawan protein endokrin angiotensin II sang pemicu darah tinggi dan atherosclerosis atau plak pada dinding pembuluh darah.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

6. Tulang

Manfaat beras merah untuk bayi juga ada lho. Kulit ari beras merah mengandung banyak mineral untuk pertumbuhan tulang, rambut, gigi, serta otot bayi.

7. Penuaan Dini

Ingin terlihat awet muda? Mengonsumsi beras merah bisa menjadi solusinya. Diketahui, manfaat beras merah bagi kecantikan karena memiliki kandungan kolagen untuk mencegah penuaan dan selenium yang mencegah peradangan.

8. Pencernaan

Pencernaan juga menjadi bagian tubuh yang sangat mendapatkan manfaat beras merah bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian beras merah mencegah penyerapan asam dan kelembapan, serta retensi tekstur lambung lebih baik.

9. Stres

Manfaat beras merah bagi kesehatan juga dapat mengontrol stres. Penelitian menunjukkan hasil positif pada ibu menyusui yang mengalami gangguan suasana hati, tahap depresi, dan kelelahan.

10. Mengontrol Minyak Wajah

Tak hanya dikonsumsi, menggunakan produk wajah dengan kandungan beras merah ternyata bisa mengontrol minyak di muka. Kulit wajah yang berminyak diketahui dapat memicu munculnya jerawat.

11. Pola Tidur

Manfaat beras merah bagi kesehatan yang lain adalah membantu pola tidur lebih baik. Hal itu berkat kandungan serotonin yang bisa membuat tidur nyenyak dan menciptakan rasa tenang.

Berikut ini ialah menu teknik mengkonsumsi nasi merah sebagai menu Diet:
1. Sarapan (Makan Pagi)

Pagi ialah waktu untuk mengawali aktivitas, di mana kita memerlukan energi dan nutrisi yang lumayan untuk mengerjakan tugas sehari-hari.Untuk menu sarapan makanan, kita dapat mengonsumsi 5 sendok santap beras merah, sayuran laksana kangkung atau bayam, kemudian tambahkan sayuran dan protein protein hewani (tahu, telur, tempe atau dada ayam), kemudian ada segelas jus.Pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi laksana tahu, tempe, dan ayam tidak digoreng sebab makanan yang digoreng buruk dengan lemak tinggi.

2. Makan Siang

Di menu santap siang tidak terdapat bedanya dengan menu sarapan. Di mana keperluan akan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral dibutuhkan oleh tubuh kita. Saat santap siang, disajikan menu, bola nasi coklat, dengan hidangan ayam tanpa kulit panggang atau ikan panggang.
Kemudian tambahkan sayuran sebagai sumber serat, dan tambahkan isi lemak baik laksana kacang (kacang ttanah, almond), maka tidak boleh lupa guna mengkonsumsi sejumlah buah (bisa apel, pir dan jeruk), dan kesudahannya minum air.

3. Makan Malam

Untuk santap malam menu Berkanyyak santap protein. Karena malam hari tubuh beristirahat (tidur), di mana ketika tidur sel-sel tubuh bobrok oleh protein ini.
Kemudian menu diet guna malam dengan 8 sendok santap beras merah, 1 butir telur, tambahkan sayuran dan sejenis buah dapat diubah jus atau dimakan langsung.