Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Ayam Cemani

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Ayam Cemani Yang Masih Belum Diketahu Masyarakat –  – Manfaat daging ayam cemani sudah beredar sejak dahulu. Ayam cemani merupakan salah satu jenis ayam yang cukup dikenal masyarakat Indonesia.

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Ayam Cemani Yang Masih Belum Diketahu Masyarakat

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Ayam Cemani Yang Masih Belum Diketahu Masyarakat
Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Ayam Cemani Yang Masih Belum Diketahu Masyarakat

Ayam cemani berasal dari Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Mengenai sejarah ayam cemani terdapat dua versi. Namun, yang paling populer yaitu Ki Ageng Mangkuhan yang diklaim sebagai pemilik pertama ayam cemani. Ki Ageng Mangkuhan adalah seorang petapa sakti yang sangat hobi memelihara ayam berwarna hitam. Namun saat itu, ayam hitam milik Ki Ageng Mangkuhan tidaklah berwarna hitam pada seluruh bagian tubuhnya, saat itu paruhnya berwarna putih.

Suatu hari ketika Ki Ageng Mangkuhan sedang bertapa di sebuah kuburan keramat, beliau mendapat wangsit untuk mengobati putra semata wayang Panembahan Hargo Pikukuh yang bernama Lintang Katon dengan menggunakan ayam milik Ki Ageng Mangkuhan. Setelah Ki Ageng Mangkuhan mencoba mengobati penyakit anak tersebut, ternyata penyakit Lintang Katon bisa sembuh. Sejak saat itu, ayam hitam tersebut dijadikan lambang kesembuhan.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Karena keberhasilan menyembuhkan penyakit tersebut, akhirnya ayam hitam tersebut dikawinkan dengan ayam lain yang juga berwarna hitam. Tak disangka, ternyata hasil anakannya berwarna hitam legam semua pada hampir seluruh bagian tubuhnya termasuk paruhnya. Akhirnya ayam tersebut dinamakan ayam “cemani” yang diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti ayam hitam legam.

Berbagai macam mitos Ayam Cemani yang Melegenda ?

Memang banyak beredar informasi manfaat daging ayam cemani dan kita memang perlu kritis untuk mengetahui kebenaran dari informasi tersebut. Saat ini yang cukup populer yaitu mengenai khasiat telur ayam cemani. Dan masyarakat selalu mengaitkan ayam cemani dengan mitos atau hal-hal yang berhubungan dengan kepercayaan masyarakat terdahulu.

Mitos ayam cemani mungkin dipercaya karena warnanya yang dominan hitam, mulai dari bulu, daging, bahkan tulang ayam cemani juga hitam. Tentu hal ini (warna hitam) menjadikan misteri ayam cemani yang diyakini mengandung kekuatan magis semakin hari semakin kuat.

Untuk darah ayam cemani sebenarnya berwarna merah tua layaknya warna darah ayam pada umumnya. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang mempercayai dan mengatakan bahwa ada ayam cemani dengan darah berwarna hitam. Biasanya, yang mencari ayam cemani dengan ciri-ciri darah hitam akan menggunakannya untuk hal-hal yang dilarang agama.

Manfaat mengkonsumsi daging Ayam Cemani untuk kesehatan

Apabila kita hubungkan dengan kepercayaan dan hal mistis, lama-kelamaan akan semakin menyesatkan. Bagi kalangan penghobi, memelihara ayam cemani hanya bertujuan untuk menikmati warna, bentuk dan suaranya yang khas dan unik.

Namun, perlu diketahui bahwa sebenarnya daging ayam cemani memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan ayam kampung. Mengingat warnanya yang hampir keseluruhan berwarna hitam dan harganya yang mahal, tentu menjadikan masyarakat merasa sayang untuk mengkonsumsinya.

Sebagaian orang juga menyakini bahwa manfaat daging ayam cemani sangat banyak yang berhubungan dengan kesehatan tubuh, Berikut beberapa manfaat daging ayam cemani :

1. Mengobati Kesleo

Masyarakat percaya bahwa manfaat daging ayam cemani yang paling populer yaitu mengobati kesleo. Caranya yaitu daging ayam dikukus hingga keluar minyaknya. Minyak inilah yang berfungsi untuk mengobati kesleo. Namun hal ini belum pernah terbukti secara ilmiah atau medis, masyarakat mempercayainya karena mereka membuktikannya sendiri. Ada memang kemungkinan hal ini berhubungan dengan sugesti saja.

2. Meningkatkan Stamina

Daging ayam cemani yang mengandung lemak dan protein juga bisa meningkatkan stamina. Jika dilihat warna daging ayam cemani yang berwarna hitam, mungkin merasa takut ketika akan memakannya.

Untuk cita rasa, daging ayam cemani memliki rasa gurih seperti daging ayam pada umumnya. Daging ayam cemani berstektur lembut, empuk dan baunya harum.Tidak hanya ayam kampung yang bisa dimasak dengan aneka macam varian, ayam cemani juga bisa Anda nikmati sesuai dengan masakan kesukaan Anda.

Meskipun daging ayam cemani lebih memiliki banyak khasiat dibanding dengan daging ayam kampung. Tetapi cita rasanya dapat membuat Anda ketagihan.

3. Baik untuk Membantu Pertumbuhan Anak

Kandungan gizi yang terkandung dalam ayam cemani juga sangat berperan dalam proses pertumbuhan anak. Kandungan fosfor membuat tulang semakin kuat. Namun, tidak hanya untuk anak-anak, untuk usia dewasa atau produktif pun juga bagus untuk kesehatan tulang agar tidak mudah keropos.

4. Mencegah Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis merupakan gangguan kesehatan yang sangat menyakitkan pada sendi. Apabila sudah parah, bisa menyebabkan kelumpuhan. Kandungan selenium dan mineral dalam daging ayam cemani dapat mencegah sekaligus mengurangi gejala radang sendi.

5. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Ayam memang memiliki lemak, namun tidak sebanyak daging kambing. Daging ayam cemani dapat mengontrol keseimbangan kolesterol. Kandungan niacin mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, cara menyajikannya tidak boleh digoreng atau dibakar, sebaiknya dibuat garang asem dan dikukus. Hal ini agar lemaknya tidak semakin bertambah banyak akibat minyak goreng.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan mineral dalam ayam cemani yang sangat banyak mampu melawan berbagai bibit penyakit di dalam tubuh. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang yang sering sakit, agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan virus dan bakteri.

7. Menghilangkan Stres

Kandungan zat B5 yang terkandung dalam ayam cemani mampu membuat syaraf tenang. Oleh karena itu ayam cemani dapat membantu meredakan stres akibat terlalu banyak berfikir.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat daging ayam cemani salah satunya yitu meningkatkan metabolisme tubuh karena mengandung vitamin B6 atau vitamin B kompleks. Apabila metabolisme lancar, maka juga bisa mempengaruhi kesehatan sendi, kesehatan pembuluh darah, dan bagian tubuh yang lain.

Itulah beberapa manfaat daging ayam cemani yang dipercaya bagus untuk kesehatan. Meskipun banyak sekali manfaat daging ayam cemani, kita tidak boleh lupa dengan kekuatan Yang Maha Mencipta. Sehebat apapun makhluk hidup, jika tidak mendapat pertolongan-Nya, dia tidak bisa atau bukanlah apa-apa.

Selain itu juga sudah menyebar luas mengenai mitos ayam cemani yang menjerumuskan pada kesyirikan. Misalnya seperti untuk sesajen, tumbal, jimat pembawa keberuntungan dan lainnya. Dan ayam cemani yang dipakai untuk melengkapi persyaratan tersebut (tumbal), harus memiliki warna hitam 100% termasuk darahnya.

Berdasarkan pengalaman kami selama ini sebagai peternak, belum pernah menemukan ayam cemani dengan darah hitam. Sedangkan lidah ayam cemani berwarna abu-abu atau ada juga yang putih. Telurnya pun juga tidak berwarna hitam. Telurnya berwarna putih tulang atau coklat kemerahan. Warna hitam akan muncul setelah embrio tumbuh.

Manfaat telur Ayam Cemani untuk kesehatan
  • Menambah kekebalan tubuh
  • Meningkatkan stamina
  • Mengobati sakit maag
  • Menguatkan otot tulang
  • Meregenerasi sel – sel
  • Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
  • Mencegah sakit lambung
  • Menyuplai protein tinggi
  • Menstabilkan tekanan darah
Mudahnya beternak Ayam Cemani

Memelihara ayam cemani cukup mudah. Mungkin Anda sering mendengar bahwa makanan asli ayam cemani adalah beras ketan hitam. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga warna hitam ayam cemani. Namun, selama kami beternak, kami hanya memberikan pakan berupa kosentrat dan hasil ternak kami pun bagus, sehat, tumbuh dengan baik, dan tentu saja warnanya tetap hitam.

Pemeliharaanya pun juga hampir sama dengan ternak ayam kampung pada umumnya. Bisa diperlihara secara diumbar maupun dikandangkan. Tetapi bila ingin mendapatkan ayam cemani yang bagus, peternak perlu membuatkan kandang secara tepisah dengan jenis ayam lainnya. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan ayam cemani sehingga tidak mudah terserang penyakit.