Mengenal Manfaat Mengkonsumsi dan Kandungan Nutrisi Kacang Polong

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi dan Kandungan Nutrisi Kacang Polong – Kacang polong kerap ditemukan di berbagai menu sajian tempat makan. Mulai dari sayur sup hingga menu mahal seperti steak.

Bagi yang belum tahu, kacang polong merupakan biji bulat kecil yang berasal dari polong tanaman Pisum sativum. Kacang polong termasuk ke dalam salah satu jenis sayuran dari keluarga Legume bersama kacang buncis, lentil dan masih banyak jenis sayur lainnya.

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi dan Kandungan Nutrisi Kacang Polong

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi dan Kandungan Nutrisi Kacang Polong
Mengenal Manfaat Mengkonsumsi dan Kandungan Nutrisi Kacang Polong

Meskipun kecil, kacang polong memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh Sahabat Dream. Kacang jenis ini dikenal kaya akan karbohidrat kompleksnya yang disebut dengan pati. Selain itu, kacang polong juga memiliki cita rasa unik namun lezat.

Ingin tahu apa saja manfaat dari kacang polong? Yuk simak informasi manfaat kacang polong yang jarang disadari oleh kalian berikut ini.

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Polong

Dalam 100 gram kacang polong, terkandung sekitar 85 kalori dan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat
  • Vitamin A, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B (termasuk tiamin dan folat).
  • Mineral, seperti kalsium, mangan, kalium, zat besi, fosfor, dan zinc.

Selain nutrisi tersebut, kacang polong juga kaya akan antioksidan polifenol, yaitu senyawa kimia alami yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Zat ini dapat membantu mencegah penyakit tertentu, seperti penyakit degeneratif dan penyakit jantung, serta menjaga berat badan.

Manfaat Kacang Polong untuk Tubuh

Berikut adalah beragam manfaat kacang polong bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin:

Mencegah anemia

Kandungan folat yang tinggi dalam kacang polong, membuatnya menjadi bahan utama untuk mencegah timbulnya anemia. Tubuh Anda tidak memiliki jumlah folat yang tepat yang diperlukan untuk tubuh.

Kekurangan kandungan folat dalam tubuh Anda menyebabkan anemia, yang dapat diatasi dengan penggabungan kacang polong merpati dalam diet harian Anda. Satu cangkir kacang polong setiap hari dapat membantu Anda dari awal anemia.

Membantu dalam penurunan berat badan

Manfaat paling signifikan dari kacang polong merpati adalah jumlah rendah kalori, lemak jenuh dan kolesterol.

Kandungan serat makanan di kcang polong menjaga perut tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama, menghindari kebutuhan untuk terus makan atau mengudap.

Nutrisi, serta kandungan serat makanan dalam kacang polong, berkontribusi terhadap fungsi metabolisme yang lebih baik dan mengurangi pertambahan berat badan yang tidak perlu.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Meningkatkan energi

Kacang polong adalah sumber vitamin B, serta riboflavin dan niacin. Komponen-komponen ini membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat dan mencegah penyimpanan lemak yang tidak perlu, sehingga secara alami meningkatkan tingkat energi. Kacang polong merpati meningkatkan tingkat energi tanpa menyebabkan penambahan berat badan atau pertumbuhan lemak.

Mengurangi peradangan.

kancang terdiri dari sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan masalah peradangan lainnya. Senyawa organik dalam kacang polong merpati bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan mengurangi peradangan atau pembengkakan pada tubuh. Kacang polong dapat digunakan sebagai bantuan darurat, karena kecepatan di mana kacang polong meredakan tingkat peradangan.

Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan

Protein, blok bangunan dari seluruh tubuh, sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan. Tingginya jumlah protein dalam kacang polong membantu dalam pembentukan sel, jaringan, otot dan tulang. Kandungan protein juga membantu dalam meningkatkan proses penyembuhan normal tubuh, dengan membantu regenerasi sel.

Menyeimbangkan tekanan darah

Jumlah kalium yang banyak dalam kacang polong merpati membantu mengatur tingkat tekanan darah. Kalium bertindak sebagai vasodilator, yaitu mengurangi sumbatan di pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Secara teratur mengonsumsi kacang polong merpati dapat membantu membersihkan pembuluh darah apa pun penyumbatan, dan oleh karena itu sangat bermanfaat bagi individu yang menderita hipertensi atau penyakit kardiovaskular.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kita semua telah mendengar bahwa sebagian besar kacang-kacangan, dibandingkan dengan yang dimasak, lebih bermanfaat bagi kesehatan dan tubuh ketika dikonsumsi mentah. Gagasan berlaku untuk kacang polong merpati juga karena kacang polong mentah memiliki lebih banyak nutrisi daripada yang dimasak.

Makan legum mentah dapat membantu Anda mendapatkan semua vitamin C, yang dapat berkurang hingga 25% jika dimasak. Untuk mengeluarkan semua vitamin dari kacang polong untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsilah mentah-mentah.

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan merangsang produksi sel-sel putih dan bertindak sebagai antioksidan. Dengan demikian, penggabungan legum dalam diet dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekebalan secara keseluruhan.

Meningkatkan kesehatan jantung

Kolesterol rendah, dan kandungan kalium dan diet tinggi di legum memainkan peran sentral dalam meningkatkan kesehatan jantung. Kadar LDL kolesterol yang rendah pada kacang polong merpati mengantarkan vitamin yang relevan tanpa menyebabkan ketidakseimbangan atau perkembangan lemak jenuh.

Kandungan kalium dalam legum mengurangi tekanan darah dan menurunkan kemungkinan ketegangan. Demikian juga, serat makanan membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan mencegah timbulnya aterosklerosis.

Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pasokan kaya serat makanan di kacang polong merpati bertindak sebagai komponen utama meningkatkan kesehatan pencernaan.  Kandungan serat meningkatkan penyerapan nutrisi dan proses pencernaan dengan menambahkan massal ke tinja, dan mengurangi setiap penyebab ketegangan atau peradangan. Kandungan serat bertanggung jawab atas kemudahan buang air besar. Mengonsumsi secara teratur kacang polong merpati dapat mengurangi diare, kembung, sembelit, dan kram.

Meringankan gangguan menstruasi

Kandungan serat dalam kacang polong merpati bermanfaat dalam berbagai skenario. Salah satu peran penting yang dimainkannya adalah mengurangi gangguan menstruasi.
Mengonsumsi kacang polong saat menstruasi dapat membantu mengurangi kram dan menyebabkan rasa sakit.