Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Jagung Rebus Untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Jagung Rebus Untuk Kesehatan – Jagung digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia sebagai makanan pokok sehari-hari. Tak hanya nikmat, manfaat jagung bagi kesehatan juga melimpah, mulai dari melancarkan pencernaan, menangkal efek radikal bebas, hingga baik untuk kesehatan mata.

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Jagung Rebus Untuk Kesehatan

Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Jagung Rebus Untuk Kesehatan
Mengenal Manfaat Mengkonsumsi Jagung Rebus Untuk Kesehatan

Jagung atau Zea mays merupakan jenis pangan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini memiliki rasa manis yang lezat dan dapat diperoleh dengan harga terjangkau.

Hampir semua orang menyukai makanan berbahan dasar jagung, rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut, pas di hampir semua lidah. T Berikut manfaat jagung bagi kesehatan seperti dilansir laman stylecraze, Rabu (23/9/2015).

Bermanfaat untuk jantung

Jagung yang diolah menjadi minyak jagung memiliki sifat anti-atherogenic sehingga melindungi dari penyakit kardiovaskular.

Cegah Alzheimer

Jagung mengandung thymine yang membantu fungsi sel-sel otak atau fungksi kognitif. Senyawa ini juga dibutuhkan untuk sintesis asetilkolin yang penting bagi memori terkait fungsi ingatan seperti Alzheimer.

Mencegah Cacat Bayi Saat Lahir

Manfaat jagung manis juga bisa membantu kesehatan ibu hamil. Selain mencukupi kebutuhan gizi ibu hamil, nutrisi asam folat dalam jagung berguna meningkatkan kesehatan janin dan mencegah risiko kelahiran cacat pada bayi.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit dan Wajah

Banyak produk kosmetik yang memanfaatkan minyak jagung karena khasiatnya dalam proses regenerasi kulit. Manfaat jagung manis rebus pun apabila dikonsumsi secara rutin bisa membantu perawatan wajah. Apalagi bila ditambah dengan perawatan masker jagung akan membuat wajah cantik dan awet muda.

Baik untuk pencernaan

Jagung merupakan salah satu makanan kaya serat, baik serat larut dan tidak larut. Serat larut dapat membantu memblokir penyerapan kolesterol. Selain itu, konsumsi jagung mampu membuat buang air besar lebih lancar, menghindarkan dari masalah sembelit, wasir, hingga kanker usus besar.

Mencegah anemia

Jagung mengandung, Vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang bisa menghindarkan dari anemia atau kekurangan darah.

Sumber energi

Jagung termasuk sayuran bertepung yang mampu memberikan energi pada tubuh. Termasuk dalam jenis karbohidrat kompleks membuat konsumsi makan ini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga energi pun berlangsung stabil.

Menurunkan kolesterol LDL

Jagung kaya Vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid yang menjaga jantung sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu mampu mengurangi menyerepan kolesterol dalam tubuh.

Bantu naikkan berat badan

Jagung dikenal sebagai pilihan karbohidrat bagi orang yang memiliki tubuh kurus. Hal ini disebabkan jagung kaya karbohidrat serta kalori yang mampu menambah berat badan bagi mereka yang kekurangan.

Sifat antikanker

Penelitian telah membuktikan antioksidan dalam jagung bisa melawan kanker. Selain itu, sayuran yang termasuk biji-bijian ini sumbur senyawa fenolik yang efektif memerangi tumor pada payudara dan hati.

Manfaat saat kehamilan

Jagung kaya asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat pada wanita hamil sebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang serta cacat saraf.

Cegah diabetes dan hipertensi

Konsumsi secara teratur biji jagung membantu dalam pengelolanan insulin pada diabetesi. Selain itu melindungi dari hipertensi karena ada kandungan phenolic phytochemicals.

Phenolic phytochemicals mengatur penyerapan dan pelepasan insulin dalam tubuh, sehingga mengurangi kemungkinan paku dan tetes untuk pasien diabetes dan memungkinkan mereka untuk mempertahankan gaya hidup yang normal.

Tulang kuat

Jagung mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya nutrisi ini mencegah tulang retak saat tua.

Baik untuk mata

Zat karotenoid pada jagung mengurangi risiko gangguan penglihatan pada mata.

Kandungan Jagung Manis

Sebagai salah satu makanan populer, jagung pun sebenarnya mengandung berbagai nutrisi. Secara garis besar, dalam setiap 100 gram jagung kuning rebus, kandungan jagung yang utama yaitu:

  • Kalori: 96
  • Air: 73%
  • Protein: 3,4 gram
  • Karbohidrat: 21 gram
  • Gula: 4,5 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Lemak: 1,5 gram

Kandungan utama jagung (Zea mays ssp. mays) adalah karbohidrat sebanyak 80 persen dalam bentuk campuran amilosa dan amilopektin. Selain itu juga ada protein dan kalori.

Sebenarnya ada banyak jenis jagung sehingga manfaat jagung manis dengan jenis lain juga berbeda. Namun seperti dikutip dari USDA AS, kandungan nutrisi umumnya jagung termasuk lengkap dan beragam.

Baca Juga Halaman Lainnya:

5 Tips Diet Sehat Bagi Tubuh Zaman Sekarang

Bahan Olahan Paling Bagus Untuk Menu Diet Anda!

Tips dan Melirik Keguanaan Serum Untuk Wajah Menjadi Terawat

Program Diet Paling Ampuh Membakar Lemak 8KG Seminggu

Jagung juga kaya vitamin A, C, E, vitamin K, asam pantotenat, asam folat, thiamin, riboflavin, niacin, dan pyridoxine. Meski mengandung lemak namun tidak terdapat kolesterol didalamnya. Kandungan seratnya juga cukup tinggi.

Kandungan mineral dalam jagung juga lengkap, seperti kalsium, kalium, magnesium, sodium, selenium, zat besi, mangan, zinc, karoten, tembaga, lutein – zeaxanthin, dan cryptoxanthin-AY.

Cara Efektif Mengonsumsi Jagung Manis

Dibalik manfaat jagung manis yang kaya nutrisi ini, juga bersifat antioksidan. Kandungan lutein dan zeaxanthin adalah karotenoid utama yang berkhasiat sebagai anti-oksidan. Karena itu penting memperhatikan cara konsumsinya agar tidak merusak nutrisinya.

Cara paling mudah mengolah jagung manis tanpa merusak kandungannya adalah dengan mengukus atau merebusnya. Jagung juga bisa dikonsumsi sebagai masakan sayuran yang enak dan bergizi